Sony Suntik Mati Concord, Game Shooter PlayStation yang Hanya Berumur Dua Minggu

Concord, game shooter online yang digadang-gadang Sony sebagai pengganti Overwatch dan Valorant, resmi dihentikan operasinya hanya dua minggu setelah dirilis.

oleh Yuslianson diperbarui 05 Sep 2024, 07:30 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2024, 07:30 WIB
Sony Suntik Mati Game Concord Usai Dirilis Dua Minggu Lalu
Concord Ditutup Sony, Game PlayStation Ini Hanya Bertahan Dua Minggu. (Doc: Sony)

Liputan6.com, Jakarta - Concord, game shooter online yang digadang-gadang Sony PlayStation sebagai pengganti Overwatch dan Valorant harus menerima kenyataan pahit.

Concord diumumkan akan 'disuntik mat' atau dihentikan operasinya hanya dua minggi setelah peluncurannya di PlayStation 5 (PS5) dan PC.

Dirilis 28 Agutus 2024, Concord mengalamai kesulitan untuk menarik pemain untuk bermain game ini di PS5 dan PC. Ryan Ellis, Direktur Game di Firewalk Studios mengonfirmasi server game ini akan dihentikan pada 6 September 2024.

"Siapa pun telah membeli game akan menerima pengembalian dana penuh," kata Ryan dalam keterangan di situs resmi Sony pada Kamis (5/9/2024). "Sementara itu, tim sedang berusaha menentukan langkah terbaik untuk ke depan."

Pantauan tim Tekno Liputan6.com pagi ini menunjukkan Concord sudah hilang dari laman PlayStation Store dan tertulis game ini sudah tidak tersedia lagi di Steam.

Concord yang awalnya digadang-gadang akan menjadi pesaing Overwatch dan Valorant, gagal memenuhi ekspektasi setelah game ini dirilis di pasaran.

Sebagai game shooter, Concord menawarkan gameplay kompetitif di mana gamer bergabung dalam tim dengan karakter berkemampuan unik.

Seperti pada game shooter lainnya, pemain dapat bertanding dalam mode deathmatch atau mode melibatkan player harus menyelesaikan objektif dan pengendalian area.

Sony dan Firewalk Studio telah mengembangkan Concord selama delapan tahun dengan harapan besar akan sukses di pasar multiplayer.

Namun, berdasarkan data dari SteamDB, jumlah pemain bersamaan tertinggi tercatat hanyalah 660, jauh di bawah game populer lainnya seperti Counter-Strike 2 dengan 1 juta pemain.

Concord menjadi salah satu game yang diharapkan akan 'meledak' di pasaran, tetapi malah gagal total.

Sebelumnya, game seperti Anthem dari EA dan Redfall dari Xbox juga mengalami kegagalan, tetapi Concord mencatat rekor tersendiri dengan usia hanya dua minggu di pasar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Black Myth: Wukong Pecahkan Rekor

<p>Black Myth: Wukong Catatkan Rekor 2,2 Juta Pemain Bersamaan dalam Waktu Kurang dari 24 Jam di Steam. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Game Black Myth: Wukong telah berhasil mencetak sejarah baru dalam industri game. Sebab, game tersebut berhasil terjual 10 juta kopi hanya dalam tiga sejak dirilis.

Mengutip informasi dari IGN, Minggu (24/8/2024), pencapaian ini menjadikan Black Myth: Wukong menjadi salah satu game dengan penjualan tercepat sepanjang masa.

 Developer Game Science mengumumkan capaian iin melalui akun X atau Twitter resmi mereka. Dijelaskan, rekor ini berhasil dicapai pada 23 Agustus 2024 pukul 21:00 waktu Beijing, Tiongkok.

"Terima kasih untuk para pemain di seluruh dunia atas dukungan dan cintanya," tulis pengembang asal Tiongkok tersebut. Kepopuleran game ini pun disebut tidak hanya di Tiongkok, tapi juga di seluruh dunia.

Rekor penjualan game yang terinspirasi dari kisah Wukong dalam Perjalanan ke Barat ini bahkan disebut telah mengalahkan sejumlah game ternama seperti Elden Ring dan Hogwarts Legacy.


Perbandingan Black Myth: Wukong dengan Helldivers 2

<p>Black Myth: Wukong REsmi Dirilis, Cek Spesifikasi PC yang Kamu Butuhkan. (Doc: Shacknews)</p>

Sebagai perbandingan pula, game Helldivers 2 yang menjadi game dengan penjualan tercepat dari PlayStation Studios baru mendapatkan 12 juta kopi dalam 12 minggu pertama usai dirilis.

Di platform Steam, game Black Myth: Wukong juga telah memecahkan sejumlah rekor pemain yang bermain bersamaan.

Game ini menjadi game single-player yang paling banyak dimainkan di Steam, mengalahkan Cyberpunk 2077 dan game kedua yang paling banyak dimainkan di platform tersebut setelah PUBG.

Meski telah mencatat capaian luar biasa, game ini baru tersedia untuk PC dan PlayStation 5. Menurut Game Science, kehadiran ke Xbox Series X dan S masih mengalami penundaan karena proses optimasi yang masih berlangsung. 


Black Myth: Wukong Catatkan Rekor 2,2 Juta Pemain Bersamaan

Tampilan Black Myth: Wu Kong yang baru diperkenalkan. (Dok. Game Science Studio)

Sebagai informasi, Black Myth: Wukong, game yang sudah lama dinanti dari Game Science, langsung mencuri perhatian dengan angka pemain bersamaan mencapai 2,2 juta dalam waktu kurang dari 24 jam setelah rilis globalnya pada 20 Agustus 2024.

Pencapaian ini begitu mengesankan, mengingat Black Myth: Wukong adalah game single-player yang tidak memiliki fitur multiplayer online.

Berdasarkan pantauan tim Tekno Liputan6.com di laman SteamDB hingga jam 21.00 WIB, game ini telah menduduki posisi kedua di bawah PUBG: Battlegrounds, yang mencatatkan 3,257,248 pemain bersamaan.

Dengan angka pemain terus meningkat, tidak menutup kemungkinan Black Myth: Wukong ini akan segera merebut posisi puncak dari PUBG dalam beberapa hari ke depan.

Sekarang, game ini sudah berhasil menggeser Palworld yang kini dimainkan oleh 2.101.867 gamer secara bersamaan.

Kesuksesan ini menjadi bukti betapa kuatnya daya tarik game buatan Game Science, yang diadaptasi dari kisah legendaris Journey to the West. 

Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya