Deretan Fitur Terbaru Samsung OLED 2024, AI untuk Optimasi Game hingga Keamanan Data

Samsung memperkenalkan lini TV OLED 2024 dengan membawa berbagai perubahan dan peningkatan signifikan dalam dunia teknologi TV. Berikut deretan fitur pintarnya.

oleh Yuslianson diperbarui 25 Sep 2024, 18:13 WIB
Diterbitkan 25 Sep 2024, 18:13 WIB
Ubay Bayanudin, Head of Product-AV Business Samsung Electronics Indonesia. Liputan6.com/Yuslianson
Ubay Bayanudin, Head of Product-AV Business Samsung Electronics Indonesia. Liputan6.com/Yuslianson

Liputan6.com, Jakarta - Samsung memperkenalkan lini TV OLED 2024 dengan membawa berbagai perubahan dan peningkatan signifikan dalam dunia teknologi TV.

Dalam acara bertajuk "Experience the WOW Difference”, Samsung memaparkan serangkaian fitur unggulan yang membuat TV OLED mereka lebih unggul ketimbang merek lainnya.

Mengapa Samsung OLED 2024 Begitu Istimewa?

Menurut Ubay Bayanudin, Head of Product-AV Business Samsung Electronics Indonesia, teknologi di generasi terbaru ini membawa peningkatan signifikan dalam hal performa dan kenyamanan.

Salah satu inovasi terpenting adalah prosesor NQ4 AI Gen2 yang terpasang di lini Samsung OLED 2024, yang diklaim memiliki kemampuan empat kali lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya.

“Prosesor ini memperkuat kemampuan AI untuk menghadirkan pengalaman visual lebih halus, seperti pada fitur 4K AI Upscaling, SmartThings, Sustainability, Knox Matrix, dan AI Customization,” kata Ubay.

Ia menambahkan, “Dengan teknologi upscaling ini, gambar dan video resolusi rendah bisa ditingkatkan hingga 4K. Ini jelas memberikan pengalaman menonton yang lebih tajam dan detail.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Teknologi Glare Free: Layar Bebas Pantulan Cahaya

Salah satu keunggulan utama dari Samsung OLED 2024 adalah fitur Glare Free, mengatasi masalah umum pada layar OLED--yakni refleksi cahaya.

Layar OLED pada umumnya memiliki permukaan glossy cenderung memantulkan cahaya, mengganggu pengalaman menonton atau bermain game. Namun, dilengkapi dengan lapisan khusus meminimalkan pantulan, membuat gambar lebih jernih dan nyaman dilihat.

“Bayangkan saat menonton film di ruangan terang dan tidak lagi terganggu oleh bayangan diri sendiri atau pantulan lampu di layar. Inilah kenapa fitur Glare Free menjadi pembeda utama,” tambah Ubay.

Fitur AI Game Mode untuk Para Gamer

Samsung OLED juga diposisikan sebagai pilihan utama bagi para gamer berkat fitur AI Auto Game Mode. Modus ini secara otomatis mengoptimalkan pengaturan visual, dan responsivitas sesuai dengan jenis game dimainkan.

“Fitur AI Gaming di TV OLED 2024 dapat secara otomatis mengenali genre game yang sedang dimainkan, apakah itu Sports, RPG, atau lainnya, dan mengoptimalkan gambar dan suara sesuai pengaturan dari genre game tersebut,” papar Ubay.

Selain itu, TV ini juga mendukung koneksi dengan berbagai perangkat gaming tanpa perlu terbatas pada ekosistem Samsung, asalkan perangkat tersebut tersertifikasi oleh Home Connectivity Alliance. Hal ini semakin memudahkan gamer dalam menyinkronkan berbagai device mereka.

 


Keamanan Data dengan Knox Matrix

Samsung pamer deretan TV OLED 2024 dengan berbagai fitur berbasis AI. Liputan6.com/Yuslianson
Samsung pamer deretan TV OLED 2024 dengan berbagai fitur berbasis AI. Liputan6.com/Yuslianson

Di era digital ini, keamanan menjadi prioritas. Samsung OLED 2024 dilengkapi dengan Knox Matrix, sebuah teknologi melindungi perangkat dari ancaman eksternal.

Sistem ini dapat mencegah situs web berbahaya atau serangan siber yang mungkin terjadi ketika TV terhubung dengan perangkat lain. Dengan demikian, pengguna dapat merasa aman data mereka terlindungi.

“Knox Matrix ini tidak hanya melindungi data pengguna, tetapi juga memberikan keamanan tambahan saat perangkat lain terhubung ke TV. Ini menjadi jawaban atas kekhawatiran privasi di dunia digital saat ini,” ujar Ubay.

Teknologi HDR Pro untuk Kualitas Gambar Lebih Hidup

Selain teknologi anti-glare, Samsung OLED 2024 juga hadir dengan HDR Pro+, meningkatkan dynamic range antara area terang dan gelap pada layar.

Teknologi ini memungkinkan warna-warna terlihat lebih hidup dan kontras, sehingga pengalaman menonton menjadi lebih imersif. HDR Pro+ pada Samsung OLED 2024 juga lebih terang 70 persen dibandingkan model sebelumnya, memberikan pengalaman visual yang mendekati realita.

 


Harga dan Pilihan Ukuran Samsung OLED 2024

Samsung OLED 2024 tersedia dalam dua seri, yakni S95D dan S90D. Berikut adalah harga TV OLED untuk masing-masing ukuran.

S95D

  • 55 inci - Rp 29.999.000
  • 65 inci - Rp 49.999.000

S90D

  • 55 inci - Rp 24.999.000
  • 65 inci - Rp 38.999.000
  • 77 inci - Rp 73.999.000

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya