Doa dan Harapan Warganet untuk Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029

Ucapan doa dan harapan disampaikan ribuan warganet untuk Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto beserta Gibran Rakabuming Raka, baik dari kalangan politisi, tokoh terkenal, hingga masyarakat yang aktif di media sosial.

oleh Iskandar diperbarui 20 Okt 2024, 12:37 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2024, 12:33 WIB
Prabowo-Gibran
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden Periode 2024-2029. (Tim News).

Liputan6.com, Jakarta - Warganet ramai-ramai mengucapkan selamat kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto beserta Gibran Rakabuming Raka.

Pantauan Tekno Liputan6.com di platform X atau Twitter, Minggu (20/10/2024), keyword 'Presiden' menempati posisi teratas trending topic Indonesia, sejak pagi ini.

Ucapan doa dan harapan disampaikan ribuan warganet, baik dari kalangan politisi, tokoh terkenal, hingga masyarakat yang aktif di media sosial.

Ganjar Pranowo adalah salah satu di antaranya. Politisi yang dikenal sebagai seorang politisi dan mantan Gubernur Jawa Tengah ini memposting ucapan selamat di akun pribadinya.

"Selamat bekerja pak Presiden," tulis @ganjarpranowo.

Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja, Susi Pudjiastuti, periode 2014-2019 juga memberikan ucapan dan doa.

"Selamat atas pelantikan Bapak Prabowo Subianto sebagai Presiden Republik Indonesia 2024-2029. Pikiran & kebahagiaan kami bersama Bapak dan Indonesia," ujar @susipudjiastuti.

Tak ketinggalan, Menteri Badan Usaha Milik Negara Indonesia, Erick Thohir, periode 2019-2024 juga memberikan ucapan selamat.

"Selamat memimpin Indonesia menjadi negara maju Bapak Presiden Jenderal TNI (Purn) H. Prabowo Subianto dan Bapak Wakil Presiden Gibran Rakabuming," tulisnya.

Hasan Nasabi sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan pun mengucapkan selamat untuk Prabowo melalui akun @NasbiHasan

"Hari ini, insya Allah benchmark kesabaran dan keteguhan hati dalam politik Indonesia akan dilantik sebagai Presiden ke-8 RI. Pernah diberhentikan ketika bintangnya sedang menanjak, pernah terasing di negeri orang, pernah dikalahkan berkali2. Selamat bekerja Pak Presiden!!," tuturnya.

Untuk diketahui, sumpah jabatan Presiden dan Wakil Presiden 2024 (Prabowo-Gibran) digelar pada hari ini, Minggu 20 Oktober 2024 dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Jakarta.

Antusiasme Warganet Sambut Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Prabowo-Gibran

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Resmi Gantikan Jokowi-Ma'ruf Amin
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029. (BAY ISMOYO/AFP)

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada hari ini, Minggu (20/10/2024) di Gedung DPR-MPR Jakarta memicu perhatian warganet.

Di platform X atau Twitter, keyword 'Presiden' menjadi trending topic dengan ribuan warganet yang berkomentar mengenai program Prabowo-Gibran hingga ucapan selamat.

"Presiden terpilih Prabowo Subianto menegaskan komitmennya untuk mendorong swasembada pangan demi memperkuat ketahanan nasional," tulis @stillw***

"Pelantikan presiden baru adalah momen penting untuk semua. Saatnya fokus pada visi dan misi yang akan membangun Indonesia lebih baik!," tutur @inda***

"Sehat2 bapak presiden terpilih dan wakil president terpilih. Semoga bisa Amanah," ujar @pres***

"Selamat kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka! Kami mendukung penuh program-program yang akan dibawa untuk Indonesia Maju," kata @sagu***

"Wajah baru dari presiden dan wakil presiden terbaru kita yang resmi dilantik hari ini. Selamat buat pak prabowo subianto dan Gibran rakabuming raka atas pelantikan sebagai presiden dan wakil presiden RI 2024-2029," timpal @saya***.

Di sisi lain, keyword 'Rp 1' juga menjadi trending topic. Keyword ini berkaitan dengan PT KAI Commuter yang memberikan tarif khusus pada perayaan pesta rakyat pelantikan Prabowo-Gibran.

Penumpang KRL Jabodetabek cukup membayar Rp 1 untuk seluruh perjalanan di lintas Jabodetabek dengan syarat saldo minimum saat Tap-In sebesar Rp 5 ribu.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus mengatakan, pihaknya akan mengoperasikan layanan pola operasi perjalanan mengacu kondisi hari kerja saat pelantikan Presiden Prabowo dan Wapres Gibran hari ini.

“Tak hanya itu, pengelola Commuter Line juga merencanakan melakukan tambahan sebanyak 32 perjalanan Commuter Line, sehingga total akan mengoperasikan sebanyak 1.080 perjalanan. Penambahan perjalanan ini akan dilakukan secara situasional sesuai dengan kondisi kepadatan pengguna di lintas," kata Joni dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Pelantikan Prabowo-Gibran Dihiasi Janur Kuning, Simbol Harapan dan Keberkahan untuk Pemerintahan Baru

Gedung DPR - MPR
Suasana Gedung DPR MPR RI jelang pelantikan Prabowo-Gibran, Minggu (20/10/2024). (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra).

Pimpinan DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, menjelaskan penggunaan janur kuning dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Menurutnya, janur kuning memiliki makna penting dalam adat, yang melambangkan sebuah hajatan besar.

Pelantikan Sebagai Perhelatan Besar

Dasco menyatakan bahwa pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih merupakan sebuah perhelatan besar yang harus disambut dengan penuh rasa syukur. Dia juga mengajak semua pihak untuk berdoa agar acara dapat berjalan dengan lancar. 

"Hal ini tidak perlu dipersoalkan. Mari kita berdoa agar acara hari ini bisa berjalan dengan baik dan lancar," kata Dasco.

Detail Acara Pelantikan Prabowo dan Gibran

Pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berlangsung pada Minggu, 20 Oktober 2024, di Gedung DPR MPR RI, Jakarta. Sebelum acara, dilakukan gladi bersih dan suasana dihias dengan janur kuning, menambah nuansa khidmat pada perhelatan tersebut.

Pengamanan Ketat di Lokasi Acara

Pantauan dari News Liputan6.com menunjukkan bahwa janur kuning diletakkan di kedua sisi tangga menuju Gedung Kura-Kura, dengan peringatan area steril sebagai bagian dari protokol keamanan.

Sejak pagi, pengamanan di lokasi acara dilakukan dengan ketat. Pada pukul 06.00 WIB, banyak tamu undangan yang sudah memasuki Gedung DPR MPR RI dengan menggunakan tanda pengenal khusus.

Persiapan Pengamanan oleh TNI-Polri

TNI-Polri juga telah menyiapkan pengamanan ekstra. Tim Penjinak Bom (Jibom) dan anjing pelacak (K9) dikerahkan sebagai langkah antisipasi.

Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi, Kabid Humas Polda Metro Jaya, menjelaskan bahwa kegiatan sterilisasi oleh Jibom dan K-9 akan dilakukan di bawah kendali Paspampres sesuai dengan Protap Pamwaskita.

Infografis Jurus Pemerintahan Prabowo - Gibran Capai Pertumbuhan Ekonomi 8 Persen. (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis Jurus Pemerintahan Prabowo - Gibran Capai Pertumbuhan Ekonomi 8 Persen. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jurus Pemerintahan Prabowo - Gibran Capai Pertumbuhan Ekonomi 8 Persen. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya