Board Game Ini Dibuat Untuk Atasi Kecanduan Gunakan Facebook

Konsep dasar permainan board game Facebook tidak jauh berbeda dengan permainan monopoli.

oleh Ervina Anggraini diperbarui 23 Jul 2013, 17:11 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2013, 17:11 WIB
facebook-candu-130723b.jpg

Kehadiran situs sosial media secara tidak langsung berpengaruh pada kehidupan sosial pengguna di dunia nyata. Bahkan waktu yang dihabiskan mengakses situs media sosial relatif lebih besar dibandingkan waktu untuk berinteraksi secara langsung dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk mengatasi permasalahan ini seorang desainer asal Inggris yang terinspirasi dari sosial media Facebook membuat sebuah board game. Konsep dasar permainan board game Facebook tidak jauh berbeda dengan permainan monopoli.

Dilansir laman Huffington Post, Selasa (23/7/2013) Pat C. Klein menyebut jika permainan buatannya bertujuan untuk mengembalikan interaksi orang dalam kehidupan nyata dan berupa mempengaruhi ketergantungan terhadap internet selamanya.

Sejumlah ikon khas laman Facebook tersedia dalam board game ini. Sebagai ilustrasi jika seorang pemain dalam status 'berhubungan' dan berhenti di kotak 'corresponding', maka Anda harus memutuskan hubungan untuk melanjutkan permainan.

Dalam situs pribadinya Klein juga menyebut jika hasil penelitian yang Universitas Stanford menyebut jika intensitas menggunakan Facebook menyebabkan seseorang dihantui perasaan tidak aman, terasingkan, dan depresi. Dalam waktu dekat Klein berencana akan mengumpulkan sejumlah dana dan memulai penjualan board game Facebook. (vin/gal)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya