2015, Makin Banyak Orang Pakai Tablet Dibanding PC

Pengapalan tablet diperkirakan akan mencapai 84,1 juta unit pada kuartal empat 2013, sedangkan pengapalan PC mencapai 83,1 juta.

oleh Dewi Widya Ningrum diperbarui 13 Sep 2013, 16:29 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2013, 16:29 WIB
tablet-130913b.jpg
Seiring makin banyaknya orang beralih ke perangkat mobile, lembaga riset pasar International Data Corporation (IDC) memprediksi pengiriman tablet tak lama lagi akan melampaui komputer pribadi (PC).

Menurut laporan yang diterbitkan IDC, untuk pertama kalinya pengiriman tablet akan lebih banyak volumenya dibandingkan PC pada kuartal empat 2013. Bahkan, pada tahun 2015 jumlah pengapalannya akan melampaui PC. Ini karena dalam beberapa tahun terakhir para vendor fokus memproduksi tablet sehingga menjadikan penjualan PC lesu.

Pengapalan tablet diperkirakan akan mencapai 84,1 juta unit pada kuartal empat 2013, sedangkan pengapalan PC mencapai 83,1 juta. Secara umum, pengiriman PC diprediksi turun 10 persen di sepanjang tahun 2013 ini.

IDC juga mengatakan bahwa meskipun saat ini konsumen masih gemar membeli tablet kelas atas, kehadiran model perangkat yang lebih murah nantinya akan mengalahkan pasar tersebut dalam waktu dekat.

"Pada suatu saat, ketika pasar smartphone dan tablet menunjukkan tanda-tanda awal kejenuhan, munculnya perangkat berharga murah akan menjadi game-changer," kata analis penelitian IDC, Megha Saini yang dikutip dari Cnet, Jumat (13/9/2013).

Apalagi jika perangkat smartphone dan tablet berharga terjangkau itu dipasarkan dengan inisiatif khusus seperti program trade-in dari Apple dan BestBuy, menurut Megha strategi itu akan mempercepat siklus upgrade dan memperluas pasar.

Tablet yang ada di pasaran saat ini telah dilengkapi dengan prosesor yang kencang, layar HD tajam, dan berbagai macam aplikasi. Persaingan di pasar tablet nantinya akan memasuki titik jenuh.

IDC mengklaim smartphone akan terus memimpin pasar dalam beberapa tahun ke depan. Pada tahun 2015, IDC memprediksi akan ada sekitar 1,4 milyar smartphone yang dikapalkan, dengan porsi 69 persen dari semua pengiriman perangkat cerdas di seluruh dunia.

(dew)


Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya