Banyak Dikritik, Bos Cantik Yahoo Banggakan Logo Barunya

Salah satu alasan utama mengapa Mayer sangat menyukai logo baru ini adalah proses pembuatannya.

oleh Adhi Maulana diperbarui 16 Sep 2013, 16:06 WIB
Diterbitkan 16 Sep 2013, 16:06 WIB
marissa-mayer-130916b.jpg

Di awal September 2013 kemarin, Yahoo secara resmi memperkenalkan logo terbaru perusahaan. Namun sayangnya, alih-alih diapresiasi secara positif, logo terbaru perusahaan asal Sunnyvale, California itu justru menuai banyak kritikan dari para penggemarnya.

Menanggapi hal tersebut, pada acara diskusi bertajuk "TechCrunch Disrupt", CEO Marissa Mayer membela dan membanggakan logo baru perusahaan yang dipimpinnya tersebut. Wanita yang baru saja genap setahun memimpin Yahoo ini mengungkapkan bahwa dirinya justru sangat menyukai desain dan cara pemilihan logo baru yang saat ini digunakan.

Ia menjelaskan, salah satu alasan utama mengapa Mayer sangat menyukai logo baru ini adalah proses pembuatannya. Ia bangga karena Yahoo lebih memilih untuk mengadakan kompetisi pembuatan logo bagi para pengguna dibandingkan menyewa desainer dengan bayaran selangit.

"Kami tidak menyewa seseorang untuk pekerjaan ini. Kami tidak perlu rekanan baru beserta konsultan desain, atau bahkan membelanjakan jutaan dollar untuk sebuah logo. Tapi kami mengajak pengguna untuk bersama-sama memikirkannya," jelas Mayer yang dikutip Liputan6.com dari laman Techcrunch, Senin (16/9/2013).

Seperti yang diketahui, proses penggantian logo yang untuk pertama kalinya dilakukan oleh Yahoo selama 18 tahun berkarya ini ditempuh melalui program "Yahoo 30 Days of Change". Dalam program ini, selama 30 hari berturut-turut Yahoo akan memajang secara bergantian 30 logo terbaik nominasi juara "Yahoo 30 Days of Change".  Dan pada akhirnya terpilihlah satu pemenang.

Logo Yahoo sendiri kini terlihat lebih ramping ketimbang yang lama, terutama di bagian huruf Y. Ada dua jenis logo yang diperkenalkan, tulisan ungu dengan latar belakang putih, serta tulisan putih dengan latar belakang ungu. (dhi/gal)

***

Update: Ralat (Rabu, 25/9/2013, 08:45 WIB):

Sebelumnya ada kesalahan informasi yang disampaikan oleh redaksi kami, yang menuliskan "99designs.com sebagai perusahaan yang bekerja sama dengan Yahoo! untuk mencari logo baru dalam kampanye "Yahoo! 30 Days of Change". Yang benar adalah 99designs.com mengadakan sebuah kompetisi mandiri pemilihan logo baru Yahoo tanpa keterlibatan Yahoo!

"Beberapa logo terbaik diikutsertakan di program "Yahoo 30 Days of Change". Yang benar adalah 99designs.com tidak pernah ikut di kampanye Yahoo! 30 Days of Change.


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya