Uji Coba Teknologi 4G LTE Telkomsel Sukses Digelar

Pengujian yang dilakukan antara lain Internet browsing, SMS dan voice, dan Video Conference.

oleh Dewi Widya Ningrum diperbarui 09 Okt 2013, 10:58 WIB
Diterbitkan 09 Okt 2013, 10:58 WIB
tekno-4lte-130923c.jpg
Telkomsel sukses melakukan uji coba teknologi 4G LTE (Long Term Evolution) Roaming untuk Inbound Roamers di perhelatan akbar KTT APEC 2013 di Bali. Layanan Roaming LTE diklaim dapat dinikmati oleh para delegasi APEC luar negeri.

Uji coba dilakukan di cakupan BTS-BTS 4G LTE Trial di kawasan area penyelenggaraan KTT APEC 2013. Pengujian yang dilakukan antara lain Internet browsing, SMS dan voice, dan Video Conference.

Pada uji coba tersebut, kecepatan browsing rata-rata berkisar antara 10 Mbps hingga 20 Mbps. Telkomsel menggandeng empat operator besar dari Asia dalam uji coba itu, yaitu SingTel (Singapura), CSL (Hong Kong), Globe (Filipina), dan Mobily (Saudi Arabia).

"Suksesnya uji layanan ini merupakan bukti kesiapan jaringan Telkomsel dalam melayani 4G LTE Roaming secara komersial dengan para mitra operator luar negeri. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa Telkomsel memiliki kompetensi di teknologi 4G LTE yang sesuai dengan standar internasional," ujar Direktur Utama Telkomsel Alex J. Sinaga melalui keterangan tertulis.

Beberapa model ponsel yang telah berhasil Lock-Up ke jaringan 4G LTE Trial Telkomsel diantaranya adalah iPhone 5, Android (Support LTE), Blackberry (OS.10), dan Nokia Lumia (Support LTE).

Dalam uji coba 4G LTE di pita 1800 MHz selebar 5MHz pada KTT APEC 2013 ini, Telkomsel menggelar sebanyak 39 eNodeB (BTS 4G LTE) dengan cakupan seluruh lokasi strategis terkait KTT APEC yang meliputi antara lain Bandara Ngurah Rai, BNDCC (Bali Nusa Dua Convention Center), BICC (Bali International Convention Center), Hotel Sofitel, sepanjang jalan utama menuju Nusa Dua, dan sekitarnya. (dew)


Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya