Istilah `Selfie` Akan Masuk Kamus Oxford

Kata Selfie merujuk pada seseorang yang memotret dirinya sendiri menggunakan ponsel atau webcam kemudian mengunggahnya ke social media.

oleh Ervina Anggraini diperbarui 19 Nov 2013, 12:21 WIB
Diterbitkan 19 Nov 2013, 12:21 WIB
sergio-aguero-131119b.jpg

Sejumlah istilah dalam bidang teknologi yang penggunaannya kian familiar satu persatu mulai dibukukan dalam kamus Oxford. Sebelumnya Oxford sudah membakukan istilah Tweet, Phablet dan Emoji ke dalam koleksi kata dalam kamusnya.

Tahun ini Oxford dikabarkan kembali mempertimbangkan istilah teknologi lainnya untuk masuk dalam kamus. Kata 'selfie' diumumkan akan menjadi kata yang tengah dipertimbangkan untuk masuk dalam kamus besar Oxford.

Kata Selfie merujuk pada seseorang yang memotret dirinya sendiri yang umumnya menggunakan ponsel atau webcam kemudian mengunggahnya ke situs sosial media.

Menurut hasil riset Oxford seperti diwartakan The Huffington Post, Selasa (19/11/2013), penggunaan kata selfie telah meningkat hingga mencapai 17.000% dalam kurun waktu setahun terakhir.

Dalam siaran pers, Judy Pearsall, Director for Oxford Dictionaries menjelaskan program riset Oxford Dictionaries telah mengumpulkan sekitar 159 juta kata dari penggunaan bahasa Inggris setiap bulannya. "Kami melihat sebuah tren fenomenal dalam penggunaan kata 'selfie' di tahun 2013, dan ini memperkuat keputusan tim untuk mengajukan kata tersebut menjadi koleksi dalam kamus Oxford," ujar Judy.

Tim peneliti bahasa Oxford saat ini tengah mempertimbangkan untuk memasukkan kata 'Selfie'. Selain kata selfie, tim peneliti Oxford juga kabarnya telah mengajukan istilah lain seperti bitcoin, twerk, binge-watch, bedromm tax, olinguito, shmeat, dan showrooming. (vin/dew)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya