7 Tanda Seseorang Tidak Mencintai Dirinya Sendiri, Minim Apresiasi Diri

Seseorang yang tidak mencintai dirinya sendiri sering kali menunjukkan perilaku yang berbeda dibandingkan dengan orang yang mampu mencintai dirinya sendiri.

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 26 Sep 2024, 11:12 WIB
Diterbitkan 26 Sep 2024, 11:12 WIB
ekspresi sedih galau patah hati serius membawa bunga
ilustrasi perempuan sedih/Photo by Rizky Sabriansyah

Liputan6.com, Jakarta Seiring berjalannya waktu, setiap individu akan membentuk karakter mereka dengan cara yang unik. Pengalaman hidup dengan segala dinamikanya selalu mampu membentuk pola pikir tersendiri dalam diri seseorang, termasuk ketidakmampuan untuk mencintai diri sendiri.

Seseorang yang tidak mencintai dirinya sendiri sering kali menunjukkan perilaku yang berbeda dibandingkan dengan orang yang mampu mencintai dirinya sendiri. Ada banyak alasan mengapa seseorang bisa berkembang menjadi pribadi yang kurang mampu mencintai dirinya sendiri.

Sering kali, tanpa disadari, seseorang juga membiarkan orang lain tidak mencintainya dengan sepenuh hati. Akibatnya, ia menerima lebih banyak hal negatif karena tidak mampu melihat kebaikan dalam dirinya.

Berikut adalah beberapa tanda sikap negatif yang sering muncul pada mereka yang tidak mencintai diri sendiri sebagaimana dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (26/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Minim Rasa Percaya Diri

ekspresi sedih galau patah hati
gambar wanita berbaju putih/Foto oleh Huy Nguyá»…n/Pexels

Individu yang kurang mencintai dirinya sendiri sering kali menunjukkan sikap minder karena kepercayaan diri yang rendah. Mereka cenderung meragukan kemampuan pribadi dan merasa tidak layak menerima hal-hal baik dalam hidup.

Bahkan saat menerima pujian, mereka sering merasa canggung. Kekurangan percaya diri ini bisa mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, mulai dari karier hingga hubungan sosial.


2. Membiarkan Orang Lain Memperlakukannya Buruk

karakter zodiak
Gambar perempuan dengan zodiak/Foto oleh @thiszun dari Pexels

Salah satu indikasi bahwa seseorang tidak mencintai dirinya sendiri adalah ketika dia membiarkan orang lain memperlakukannya dengan buruk.

Meskipun dia merasa marah dan tidak nyaman dengan perlakuan tersebut, dia tidak mampu membela diri, memberikan peringatan, atau bersikap tegas terhadap orang yang menyakitinya. Dia terus mencoba menoleransi dan berkompromi dengan rasa sakit hatinya, karena dia berpikir bahwa orang lain mungkin tidak sengaja melakukannya.


3. Terus Membandingkan Diri dengan Orang Lain

kepribadian
gambar kepribadian wanita/Foto oleh Mochammad Syaiful dari Pexels

Membandingkan diri dengan orang lain sering kali menjadi tanda jelas dari kurangnya cinta pada diri sendiri. Orang-orang yang mengalami hal ini cenderung merasa kurang beruntung, menganggap hidup mereka tidak memadai, dan mudah merasa iri atau cemburu terhadap kesuksesan orang lain.

Mereka mungkin beranggapan bahwa kehidupan mereka tidak seindah kehidupan orang lain, yang pada akhirnya membuat mereka merasa sedih, kecewa, dan semakin memperparah rasa rendah diri mereka.


4. Menghindari Tantangan dan Kesempatan Baru

karakter zodiak
gambar zodiak wanita/Foto oleh Mẫnn Quang dari Pexels

Orang yang kurang mencintai diri sendiri cenderung menjauhi tantangan dan peluang baru karena takut akan kegagalan. Mereka merasa lebih nyaman bertahan di zona aman, merasa tidak cukup baik atau tidak layak untuk mencoba hal-hal baru.

Tanpa disadari, mereka menyembunyikan potensi diri yang sebenarnya. Kurangnya keberanian untuk mengambil kesempatan ini bisa membatasi pertumbuhan mereka sebagai individu yang mandiri dan menghambat perkembangan profesional mereka.


5. Menerima Kurang dari yang Seharusnya

sedih ragu bingung galau tidak bahagia
gambar wanita kebingungan/Foto oleh Thể Phạm/Pexels

Sering kali kamu melihat seseorang yang sangat cantik dan berbakat, namun memiliki pasangan yang kurang menarik dan tidak bekerja. Dia berusaha keras untuk memenuhi kebutuhan dirinya dan keluarganya sendiri.

Situasi ini kadang mencerminkan kurangnya rasa cinta pada diri sendiri, karena dia merasa pantas menerima sesuatu yang kurang padahal sebenarnya dia layak mendapatkan yang lebih baik.

Keraguan terhadap diri sendiri, apakah dia layak mendapatkan yang terbaik, membuatnya terbiasa dengan keadaan yang kurang. Perasaan tidak pernah cukup baik ini yang membuatnya mudah terjebak dalam situasi yang tidak menguntungkan.


6. Terjebak dalam Hubungan yang Tidak Sehat

perempuan kalem bahagia manis tersenyum
gambar wajah cantik/Foto oleh Minh VÅ©/Pexels

Seseorang yang tidak memiliki rasa cinta terhadap dirinya sendiri mungkin terjebak dalam hubungan yang tidak sehat atau bahkan merugikan fisik dan mentalnya. Namun, ia enggan melepaskan hubungan toxic tersebut karena adanya ketakutan-ketakutan tertentu.

Ia mungkin merasa tidak pantas mendapatkan hubungan yang lebih baik atau khawatir dengan risiko di masa depan. Hal ini dapat menciptakan siklus negatif yang sulit diputus, sehingga diperlukan kesadaran diri untuk lebih menghargai diri sendiri.


7. Mengabaikan Keinginannya Sendiri

patah hati merenung galau berpikir
gambar wanita murung/Foto oleh Toàn Văn/Pexels

Sering kali, individu yang tidak mencintai dirinya sendiri cenderung mengabaikan kebutuhan dan keinginan pribadinya. Mereka merasa perlu memprioritaskan keinginan dan kebutuhan orang-orang terdekatnya terlebih dahulu.

Mereka mungkin berkompromi dan mengesampingkan kebutuhannya sendiri, dengan berpikir bahwa ada waktu nanti yang bisa digunakan untuk diri sendiri. Sikap ini bisa membuat individu tersebut dimanfaatkan atau dimanipulasi oleh orang lain, dan pada akhirnya merasa tidak puas dengan hidupnya yang tidak sesuai harapan.

Terkadang, mencintai diri sendiri merupakan fondasi penting untuk kesejahteraan emosional dan mental setiap orang. Dengan mengenali tanda-tanda kurangnya self-love, kamu bisa mulai belajar untuk lebih mencintai diri sendiri.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya