Polri: Teroris Penyerang Mapolda Riau Kelompok NII Terafiliasi ISIS

Pelaku penyerangan Mapolda Riau sempat berangkat ke Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

oleh Nafiysul Qodar diperbarui 16 Mei 2018, 16:37 WIB
Diterbitkan 16 Mei 2018, 16:37 WIB
Kadiv Humas Mabes Polri Beberkan Hasil Kunjungan Megawati Soekarnoputri
Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto memberi keterangan terkait kunjungan Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (21/3). Kedatangan Megawati adalah bagian dari silaturahmi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Kadiv Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto, mengungkapkan pelaku penyerangan Mapolda Riau terkait jaringan teroris.

"Kelompok ini adalah NII (Negara Islam Indonesia) yang terafiliasi dengan ISIS Dumai," kata Setyo, di Mabes Polri, Rabu (16/5/2018).

Polisi juga mengendus jaringan ini saat terjadi kericuhan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. Mereka sempat berangkat menuju Depok untuk menyerang Mako Brimob.

Namun, aksi kelompok ini dibatalkan. Sebagian dari mereka berhasil ditangkap saat kembali.

Dalam penangkapan itu, ada empat orang yang berhasil lolos dari sergapan polisi. "Karena Mako Brimob kondusif, dia pulang. Dua ditangkap, dan empat lolos," kata Setyo. 

Kelompok yang berhasil melarikan diri ini yang diduga melakukan penyerangan di Mapolda Riau. 

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Empat Penyerang Tewas Ditembak

Polisi menembak empat orang penyerang Mapolda Riau hingga tewas. Adapun indentitas mereka adalah:

1. Mursalim alias Ical alias Pak Ngah, Lk, 42 Th, tidak bekerja, alamat Jl. Raya Dumai-Sei Pakning Jl. Santri Assakinah Kel. Mundam Kec. Medang Kampai.

2. Suwardi, Lk, 28 Th (Dumai, 21 Agustus 1989), Islam, Suku Melayu Kampar (Kuala Kampar Kab Kampar ), alamat Jl. Raya Lubuk Gaung RT. 03 Kel. Lubuk Gaung Kec. Sei Sembilan Kota Dumai.

3. Adi Sufiyan Lk, 26 Th, wiraswasta (usaha toge), alamat Jl. Pendowo Gg. Mekar RT. 06 Kel. Bukit Batrem I Kec. Dumai Timur Kota Dumai.

4. Daud..

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya