Ganip Warsito Cek Kesiapan Wisma Atlet Hadapi Lonjakan Covid-19 Pasca-Lebaran

Ganip Warsito kini menjabat sebagai Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Covid-19 menggantikan Doni Monardo.

oleh Ika Defianti diperbarui 26 Mei 2021, 18:42 WIB
Diterbitkan 26 Mei 2021, 18:42 WIB
FOTO: Kesibukan Tim Medis Bawa Pasien COVID-19 ke Wisma Atlet
Petugas jaga mengecek data pasien COVID-19 yang dibawa petugas medis di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Kamis (10/9/2020). Pemerintah menyiapkan 2.700 tempat tidur di RSD Wisma Atlet untuk merawat pasien COVID-19 dengan kondisi sedang dan ringan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Ganip Warsito mengunjungi Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Rabu (26/5/2021).

Ganip Warsito menuturkan, kunjungannya ke RSD Wisma Atlet ini merupakan kali pertama dilakukan setelah dilantik Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai Kepala BNPB.

"Mohon maaf baru bisa hari ini berjumpa secara virtual, sore ini saya melaksanakan kunjungan yang pertama sejak kemarin saya dilantik sebagai KBNPB menggantikan Letjen TNI Doni Monardo," kata Ganip dalam YouTube BNPB, Rabu (26/5/2021).

Kata dia, kunjungannya tersebut guna memastikan sejumlah hal terkait kesiapan menghadapi potensi lonjakan kasus Covid-19 pascalibur Lebaran 2021. Kesiapan yang dicek meliputi personel kesehatan, obat-obatan, hingga fasilitas sarana dan prasarana.

"Kunjungan ke RSDC untuk memastikan kesiapan secara personel maupun pernargkatnya termasuk fasilitas," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Dilantik Jokowi

Banner Pelantikan Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito
Banner Pelantikan Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito (Foto BPMI Setpres)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Letnan Jenderal (Letjen) TNI, Ganip Warsito sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Ganip Warsito menggantikan posisi Letjen Doni Monardo.

Pelantikan berlangsung pukul 10.00 WIB di Istana Negara, Jakarta, Selasa (25/5/2021). Ganip dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 79 P Tahun 2021 tentang Pengangkatan Kepala BNPB. Ganip pun akan mendapatkan hak keuangan dan fasilitas setingkat menteri. Keputusan ini ditetapkan pada 24 Mei 2021 yang ditandatangani oleh Presiden Jokowi.

Presiden melakukan pengambilan sumpah jabatan kepada Ganip yang didampingi rohaniwan. Dalam pelantikan itu, Ganip bersumpah akan setia kepada UUD 1945 dan akan menjalankan segara aturan perundang-undangan selurus-lurusnya.

"Saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggungjawab," kata Ganip mengikuti ucapan Jokowi.


Infografis Ganip Warsito Kepala BNPB Baru

Infografis Ganip Warsito Kepala BNPB Baru
Infografis Ganip Warsito Kepala BNPB Baru (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya