DPR Sebut Duet Sigit dan Agus di Polri Cegah Adanya Matahari Kembar

Komjen Agus Andrianto akan dilantik sebagai Wakapolri. Pria yang menjabat sebagai Kabareskrim Polri itu bakal menggantikan Komjen Gatot Eddy Pramono yang telah memasuki masa pensiun pada 28 Juni 2023 kemarin.

oleh Liputan6.com diperbarui 03 Jul 2023, 02:25 WIB
Diterbitkan 03 Jul 2023, 02:25 WIB
HUT Bhayangkara
Presiden Jokowi berharap, insan Bhayangkara bisa terus mengabdi tanpa henti kepada masyarakat, bangsa dan negara. Semua demi kemajuan Indonesia Tanah Air tercinta. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Komjen Agus Andrianto akan dilantik sebagai Wakapolri. Pria yang menjabat sebagai Kabareskrim Polri itu bakal menggantikan Komjen Gatot Eddy Pramono yang telah memasuki masa pensiun pada 28 Juni 2023 kemarin.

Anggota Komisi III DPR Nasir Djamil menilai, duet Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan Agus di pucuk institusi sudah mewakili angkatan di kepolisian. Sehingga, diangkatnya Agus mencegah anggapan adanya matahari kembar.

"Duet Sigit dan Agus saya pikir sudah cukup mewakili angkatan di kepolisian. Kekhawatiran akan adanya dua matahari kembar bisa dihindari dengan hadirnya Agus sebagai Wakapolri," kata Nasir saat diskusi Indikator Politik 'evaluasi publik terhadap kinerja lembaga penegak hukum' secara daring, Minggu (2/7/2023).

Namun, politikus PKS ini mengingatkan, tak boleh ada patron di tubuh Polri saat Agus menjadi Wakapolri. Hal ini sesuai amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Yang penting amanat presiden saat menjadi inspektur di HUT Bhayangkara, 'jangan ada blok-blok an dan patron-patronan', wajib dijaga dan dilaksanakan oleh kapolri dan Wakapolri," ujarnya.

Sebelumnya, Komjen Agus Andrianto akan dilantik sebagai Wakapolri menggantikan Komjen Gatot Eddy Pramono pada Senin (3/7/2023) mendatang. 

"Insya Allah untuk pelaksanaan sertijab Pak Wakapolri direncanakan hari Senin tanggal 3 Juli ya," kata As SDM Kapolri, Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan di SUGBK, Jakarta, Sabtu (1/7/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dipimpin Langsung kapolri

Nantinya, serah terima jabatan itu akan dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Usai melaksanakan sertijab, kemudian akan dilanjutkan prosesi pisah sambut dari pejabat lama terhadap pejabat yang baru.

"Iya Pak Kapolri langsung yang memimpin pelaksanaan upacara sertijab. Sekaligus nanti ada kegiatan tradisi pisah sambutnya nanti akan dilaksanakan di PTIK," ujarnya.

"Iya langsung (pelaksanaan pisah sambut), kan kegiatan Polri tahun ini cukup padat," sambungnya.

Lalu, untuk Pejabat Utama (PJU) Mabes Polri dan sejumlah Kapolda yang terkena mutasi jabatan. Akan dilaksanakan serah terima jabatan pada dua minggu ke depan.

"Khusus hanya Pak Wakapolri, untuk PJU dan Kapolda insya Allah setelah di atas tanggal 10 direncanakan seperti itu," pungkasnya.

 

Reporter: Genantan Saputra/Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya