Kota Cilegon Borong 5 Penghargaan Nasional pada Peringatan Harkopnas ke-77

Pemerintah Kota Cilegon memborong 5 penghargaan nasional sekaligus pada Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke- 77

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 12 Jul 2024, 21:50 WIB
Diterbitkan 12 Jul 2024, 21:50 WIB
Pemkot Cilegon Borong 5 Penghargaan Nasional pada Peringatan Harkopnas ke-77,
Lima Tokoh Penggerak Koperasi dari Kota Cilegon yang menerima penghargaan pada Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-77 di Ballroom Harmoni One Hotel Batam, Kepulauan Riau

Liputan6.com, Batam Pemerintah Kota Cilegon memborong 5 penghargaan nasional sekaligus pada Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-77 di Ballroom Harmoni One Hotel Batam, Kepulauan Riau, Jumat 12 Juli 2024. Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Republik Indonesia (RI) Airlangga Hartarto didampingi Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Pusat Nurdin Halid 

Kelima penghargaan tersebut diantaranya 1 kategori Tokoh Penggerak Utama, 1 kategori tokoh Penggerak Koperasi Madya dan 3 tokoh Penggerak Koperasi Pertama.

Berdasarkan data, Tokoh Penggerak Koperasi Utama diberikan kepada Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, kategori tokoh Penggerak Koperasi Madya diberikan kepada Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop-UKM) Didin S Maulana dan kategori tokoh Penggerak Koperasi Pertama diberikan kepada Direktur PT Sankyu Dedi Mufdi Mawardi, Ketua Koperasi PT Chandra Asri Petrochemical Khaerullah serta Ketua Kosera PT Krakatau Sarana Property Suharno.

“Alhamdulillah, Kota Cilegon memborong 5 penghargaan sekaligus. Selain penghargaan yang diterima Pak Wali (Helldy Agustian-red) ada juga 4 penghargaan lain yang diterima Kepala Dinkop-UKM dan para ketua koperasi,” kata Kepala Dinkop-UKM Kota Cilegon Didin S Maulana sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Jumat 12 Juli 2024.

Menurut Didin, banyaknya penghargaan nasional yang diterima tidak terlepas dari komitmen dan bimbingan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian.

“Beliau (Helldy Agustian) sangat konsen memperhatikan koperasi dan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dan hari ini (Jumat) komitmen tersebut diapresiasi oleh Dekopin Pusat,” tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Prestasi Wali Kota Helldy

Dijelaskan Didin, penghargaan-penghargaan yang diterima telah menjalani proses yang cukup panjang dan kompetitif. Setelah Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Cilegon mengusulkan kepada Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Banten, maka selanjutnya diusulkan kepada Dekopin Pusat dan selanjutnya dilakukan seleksi untuk menetapkan tokoh penggerak koperasi.

“Prestasi pak wali kota (Helldy Agustian) diantaranya pembentukan koperasi syariah yang jumlahnya mencapai 22 koperasi pada tahun 2023. Memfasilitasi badan hokum atau akte notaris, Diklat (Pendidikan dan Pelatihan), sertifikasi dewan syariah, Diklat dan magang Pengurus Koperasi Syariah serta lainnya. Intinya program untuk menumbuh kembangkan Koperasi Syariah.

Selain itu, ada program pembiayaan amanah melalui BPRS (Bank Perkreditan Rakyat Syariah) dengan beban bagi hasil 0 persen atau tanpa bunga untuk pelaku UMKM. Sinergi dan kolaborasi juga terbangun dengan Dekopinda atau gerakan koperasi dalam menumbuh kembangkan koperasi di Kota Cilegon,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengaku senang bahwa Kota Cilegon mampu mendapatkan 5 penghargaan pada Peringatan Harkopnas ke-77 di Batam.

“Tentu bukan hal yang mudah mendapatkan penghargaan ini, karena melalui proses seleksi yang ketat. Alhamdulillah, yang lebih membanggakan lagi adalah Kota Cilegon memborong 5 penghargaan sekaligus,” katanya.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya