[VIDEO] Natal di Lereng Merapi dengan Kirab Air Hujan

Kirab air hujan sengaja dilakukan untuk menghargai air hujan yang selama ini menjadi sumber kehidupan warga di lereng Merapi.

oleh Liputan6 diperbarui 25 Des 2013, 17:49 WIB
Diterbitkan 25 Des 2013, 17:49 WIB
natal-merapi-131225c.jpg
Berbagai cara unik dilakukan umat Nasrani di Tanah Air untuk memeriahkan hari Natal. Seperti di lereng Gunung Merapi, Klaten, Jawa Tengah. Ratusan umat Katolik menggelar prosesi kirab air hujan sebelum melakukan upacara misa suci Natal.

Kirab air hujan sengaja dilakukan untuk menghargai air hujan yang selama ini menjadi sumber kehidupan warga di lereng Merapi. Kirab air hujan ini diikuti ratusan warga dari berbagai agama, sebagai simbol persatuan antarumat beragama.

Di Karanganyar, Jateng, perayaan Natal digelar ala kejawen, lengkap dengan gending dan gamelan. Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (25/12/2013), tidak hanya umat Kristiani, sejumlah pemuda lintas agama juga turut dalam perayaan ini.

Para jemaat pun terlihat khidmat merayakan kelahiran Sang Juru Selamat, Yesus Kristus. Usai kebaktian, sejumlah sesaji dikeluarkan dari konsistori. Ini adalah sesaji yang disiapkan untuk pelaksanaan kenduri perdamaian dan doa.

Di Kalimantan Barat, hujan yang mengguyur Kota Singkawang menyebabkan banjir. Warga yang merayakan Natal pun terganggu karena sejumlah gereja tergenang air hujan. Namun, di tengah musibah banjir, bagi warga semangat Natal mampu membangun kebersamaan dan menebar kasih dengan sesama.

Animo umat Kristiani merayakan hari Natal di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, juga sangat tinggi. Sejumlah gereja tampak sesak oleh para jemaat. Guna menampung luapan jumlah jemaat, pihak gereja memasang tenda tambahan.

Di Jakarta, di bawah terik sinar matahari, perayaan Natal dilakukan ratusan jemaat Gereja GKI Yasmin dan Filadelfia. Kegiatan ibadah Natal ini dilakukan di depan Istana Merdeka sekaligus sebagai protes atas penutupan tempat ibadah mereka di Bogor dan Bekasi, Jawa Barat. (Ado/Ism)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca juga:
Telur Paskah Jemaat GKI dan HKBP Diterima Staf Setneg
Ratusan Jemaat GKI Yasmin Ibadah Natal di Depan Istana
Jemaat Filadelfia Undang SBY Rayakan Natal di Seberang Istana

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya