Sosok SUV Terkencang di Inggris Raya

Mesin bawaan Range Rover Sport ini dilucuti dan diganti dengan mesin V8 berkapasitas 5,0 liter milik Jaguar XJR.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 17 Jun 2014, 15:11 WIB
Diterbitkan 17 Jun 2014, 15:11 WIB
Beginilah Sosok SUV Terkencang Se-Britania Raya
Mesin bawaan Range Rover Sport ini dilucuti dan diganti dengan mesin V8 berkapasitas 5,0 liter milik Jaguar XJR.

Liputan6.com, London - Pabrikan kendaraan sport utility vehicle (SUV) kenamaan asal Inggris, Land Rover, pada akhir pekan ini akan memperkenalkan SUV terkencang yang pernah mereka ciptakan di ajang Goodwood Festival of Speed.

Mengambil basis dari Range Rover Sport, Land Rover bekerja sama dengan Special Vehicle Operation Division (SVOD) meracik ulang mesin dan beberapa komponen dari SUV tersebut agar dapat menghasilkan kecepatan yang luar biasa, seperti dilansir dari Autoexpress, Selasa (17/6/2014).

Special Vehicle Operation Division merombak sisi eksterior milik Range Rover Sport ini dengan melabur warna hitam satin pada grill dan mengubah aksen pada rumah reflektor headlamp menjadi warna hitam agar selaras dengan grill. Sementara itu SVOD juga mendesain ulang bentuk kap agar lebih aerodinamis, serta bentuk fender yang diperbesar untuk menyesuaikan dengan velg berukuran 22 inci berwarna hitam satin.

Beralih ke bagian dapur pacu, mesin bawaan Range Rover Sport ini dilucuti dan diganti dengan mesin V8 berkapasitas 5,0 liter milik Jaguar XJR yang sanggup menyemburkan tenaga sebesar 542 horse power (HP). Mesin sportcar tersebut dapat melesatkan Range Rover Sport ini dari kondisi diam hingga kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu 4,8 detik dan memiliki kecepatan maksimal mencapai 265 km/jam.

Agar tampak makin agresif, Range Rover Sport ini menggunakan desain empat muffler berukuran besar yang masing masing berjumlah dua buah pada sisi kiri dan kanan SUV ini. Muffler ini tentunya juga memberikan efek suara yang gahar saat SUV ini dipacu dalam kecepatan tinggi.

Menurut kabar yang berhembus, SUV modifikasi garapan SVOD yang diberi nama Range Rover Sport Stealth Pack ini akan dibanderol dengan harga sekitar 100 ribu Poundsterling atau sekitar Rp 2 miliar (kurs Rp 20.059 per Poundsterling) dan para penggemar yang ingin memiliki SUV ini dapat memesannya saat diperkenalkan pada ajang Goodwood Festival of Speed. (Ysp/Igw)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya