FOTO: 7 Sosok Wanita Inspiratif Dunia yang Dobrak Stigma Negatif

oleh Rizky Mandasari, diperbarui 28 Mar 2019, 18:20 WIB
Diterbitkan 28 Mar 2019 18:20 WIB
Kate Grant.
Keterbatasan fisik, usia, dan diskriminasi tidak menjadi penghalang bagi 7 wanita super ini.
Foto 1 dari 7
Kate Grant.
Kate Grant (19) menjadi penyandang Down Syndrome pertama yang memenangkan kontes kecantikan dunia, mengalahkan 40 kontestan lainnya dalam ajang Teen Ultimate Beauty of The World di Portadown. Kini, dirinya didapuk menjadi duta kosmetik ternama dunia, Benefit Cosmetics. (Instagram/@kategrantmodel)
Foto 2 dari 7
Dani Burt.
Dani Burt merupakan seorang penyandang disabilitas. Karena kecelakaan yang dialaminya, Dani harus menerima kakinya diamputasi. Bahkan, dirinya sempat koma selama 45 hari. Meski harus menggunakan kaki buatan, Dani Burt berhasil menjuarai kejuaraan selancar dunia.(Instagram/@dani.burt)
Foto 3 dari 7
Ramla Ali
Ramla Ali (27), wanita asal Somalia menjadi atlet tinju Muslim pertama yang menangkan gelar petinju Inggris setelah Perang Sipil menyerang tanah kelahirannya. Awalnya, Ia dibully karena terlalu gemuk, yang mengantarkan Ali menemukan jati dirinya menjadi seorang petinju. (Instagram/@somaliboxer)
Foto 4 dari 7
Kheris Rogers
Di usianya yang sangat muda, Kheris Rogers (12) berhasil menciptakan merek fashionnya sendiri, Flexin' in My Complexion. Ia dulu sempat mengalami diskriminasi karena warna kulitnya. Namun kini ia justru menginspirasi banyak orang karena kesuksesannya. (Instagram/@kherispoppin)
Foto 5 dari 7
Greta Thunberg
Greta Thunberg (16), gadis muda yang tergugah untuk menjaga kelestarian alam. Greta bahkan menuntut Parlemen Swedia untuk mengatasi perubahan iklim yang semakin parah. Kini, lebih dari 20 ribu siswa tersebar di seluruh dunia mengikuti jejak dirinya. (Instagram/@gretathunberg)
Foto 6 dari 7
Johanna Toruño
Johanna Toruño, seniman jalanan asal New York yang mengutarakan kritiknya terhadap masyarakat yang diskriminatif melalui graffiti. Melalui akun Instagramnya, Johanna menyuarakan pendapatnya untuk menyemangati mereka yang lahir berbeda karena warna kulitnya.(Instagram/@theunapologeticallybrownseries
Foto 7 dari 7
Kimiko Nishimoto
Kimiko Nishimoto (90) baru mengenal fotografi di usianya yang ke 72. Namun, meski sudah tidak muda lagi, semangatnya untuk mengeksplor bakat hampir setara dengan mereka yang berjiwa muda. Hobi memotret Kimiko Nishimoto tak jarang menghasilkan jepretan yang unik. (Instagram/@kimiko_nishimoto)