FOTO: Melihat Pembuatan Kuas Tinta di China

oleh Johan Fatzry, diperbarui 19 Jun 2020, 12:00 WIB
Diterbitkan 19 Jun 2020 12:00 WIB
Melihat Pembuatan Kuas Tinta di China
Kuas tinta digunakan dalam lukisan dan kaligrafi tradisional China. Bersama dengan batu tinta, tongkat tinta, dan kertas Xuan, keempat alat tulis ini merupakan "Empat Harta Karun Pendidikan".
Foto 1 dari 5
Melihat Pembuatan Kuas Tinta di China
Seorang pekerja merapikan bulu kuas Xuan di sebuah produsen kuas lokal di Wilayah Jingxian, Provinsi Anhui, China timur (4/6/2020). Kuas tinta digunakan dalam lukisan dan kaligrafi tradisional China. (Xinhua/Zhang Duan)
Foto 2 dari 5
Melihat Pembuatan Kuas Tinta di China
Seorang turis mengunjungi ruang pamer milik sebuah produsen kuas Xuan lokal di Wilayah Jingxian, Provinsi Anhui, China timur (4/6/2020). Bersama dengan batu tinta, tongkat tinta, dan kertas Xuan, keempat alat tulis ini merupakan "Empat Harta Karun Pendidikan". (Xinhua/Zhang Duan)
Foto 3 dari 5
Melihat Pembuatan Kuas Tinta di China
Seorang wanita mengerjakan bulu kuas Xuan di sebuah produsen kuas lokal di Wilayah Jingxian, Provinsi Anhui, China timur (4/6/2020). Kuas Xuan, jenis kuas tinta yang sangat terkenal, diyakini berasal dari Dinasti Qin (sekitar 200 SM) di daerah Xuanzhou, China kuno. (Xinhua/Zhang Duan)
Foto 4 dari 5
Melihat Pembuatan Kuas Tinta di China
She Zhengjun, pewaris teknik tradisional pembuatan kuas Xuan, menunjukkan kuas Xuan buatannya di Jingxian, China (4/6/2020). Bulu kuas Xuan biasanya terbuat dari bulu kelinci, musang, atau kambing, tergantung kebutuhan penggunanya, sedangkan gagangnya biasanya terbuat dari bambu. (Xinhua/Zhang Duan)
Foto 5 dari 5
Melihat Pembuatan Kuas Tinta di China
Seorang pekerja mengatur bulu kuas Xuan di sebuah produsen kuas lokal di Wilayah Jingxian, Provinsi Anhui, China timur (4/6/2020). Teknik tradisional pembuatan kuas Xuan, yang melalui serangkaian tahap, telah terdaftar sebagai warisan budaya takbenda nasional sejak 2008. (Xinhua/Han Xiaoyu)