Jokowi Pidato Kenegaraan 16 Agustus Pakai Baju Adat Paksian Motif Pucuk Rebung, Simbol Kerukunan

oleh Wayan Diananto, diperbarui 16 Agu 2022, 16:40 WIB
Diterbitkan 16 Agu 2022 16:40 WIB
Presiden Jokowi Berbaju Paksian Motif Pucuk Rebung.
Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengenakan baju Paksian warna hijau motif pucuk rebung dalam pidato kenegaraan, 16 Agustus 2022. Ia kebanjiran pujian.
Foto 1 dari 5
Presiden Jokowi Berbaju Paksian Motif Pucuk Rebung.
Sudah menjadi tradisi, Presiden RI menyampaikan pidato kenegaraan saban 16 Agustus. Presiden Joko Widodo alias Jokowi melakukannya di Gedung MPR, Selasa (16/8/2022). Penampilan ayah Kaesang Pangarep saat pidato mencuri perhatian masyarakat Indonesia lantaran pakai baju adat Paksian lengkap, warna hijau dengan motif pucuk rebung. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)
Foto 2 dari 5
Presiden Jokowi Berbaju Paksian Motif Pucuk Rebung.
Paksian dipilih bukan tanpa alasan. Jokowi menjelaskan lewat sebuah video yang diunggah di akun Instagram terverifikasinya soal mengapa Paksian dipilih saat berpidato tahunan. “Baju adat yang saya kenakan ini adalah baju Paksian dari provinsi Bangka Belitung dengan motif pucuk rebung yang melambangkan kerukukan,” ujar Presiden Jokowi di pengujung video. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)
Foto 3 dari 5
Presiden Jokowi Berbaju Paksian Motif Pucuk Rebung.
Ada banyak warna yang bisa dipilih namun RI-1 jatuh hati pada hijau. “Dan warna hijau dipilih karena mengandung filosofi kesejukan, harapan, dan pertumbuhan,” ia beralasan. Penampilan Jokowi diapresiasi warganet. “The best banget Pak, OOTD-nya,” cuit akun @nie**** di kolom komentar. “Suka bgt sama semua motif tradisional di Indonesia. Banyak nilai nilai luhur yg bisa dipelajari. Pesan-pesan dari pendahulu untuk anak cucunya,” @alo**** menambahkan. Setuju! (Foto: Dok. Instagram @jokowi)
Foto 4 dari 5
Presiden Jokowi Berbaju Paksian Motif Pucuk Rebung.
Ini bukan kali pertama Jokowi mengenakan baju adat saat pidato kenegaraan. Pada 2019, ia mengenakan baju ada Sasak, Nusa Tenggara Barat. Setahun kemudian, Jokowi pakai baju adat Sabu, NTT. Tahun lalu, Sang Presiden memakai baju Badui, Banten, serbahitam. Kala itu, pernampilan Jokowi kebanjiran pujian. Ini salah satu upaya menumbuhkan cinta pada budaya Indonesia. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)
Foto 5 dari 5
Presiden Jokowi Berbaju Paksian Motif Pucuk Rebung.
Menyertai foto berbaju Paksian dengan latar deret bendera Merah Putih, Jokowi mengingatkan krisis demi krisis masih menghantui dunia. Geopolitik dunia mengancam keamanan kawasan. “Karena itulah kita harus selalu: Eling lan Waspodo. Selalu ingat dan waspada, cermat dalam bertindak, hati-hati dalam melangkah,” tulis Jokowi. “Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa mempermudah upaya kita,” imbuhnya. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)