Memandangi Cold Moon, Fenomena Bulan Purnama Terakhir di Tahun 2022

oleh Arny Christika Putri, diperbarui 08 Des 2022, 07:00 WIB
Diterbitkan 08 Des 2022 07:00 WIB
Bulan Purnama Cold Moon
Bulan purnama Desember sendiri dikenal sebagai Cold Moon atau Bulan Dingin
Foto 1 dari 7
Bulan Purnama Cold Moon
Bulan purnama terakhir tahun ini yang dikenal sebagai Cold Moon muncul di belakang menara Galata di Istanbul, Turki, Rabu (7/12/2022). Bulan purnama Desember sendiri dikenal sebagai Cold Moon atau Bulan Dingin. (AP Photo/Emrah Gurel)
Foto 2 dari 7
Bulan Purnama Cold Moon
Bulan purnama terakhir tahun ini yang dikenal sebagai Cold Moon muncul di belakang menara Galata di Istanbul, Turki, Rabu (7/12/2022). Dijuluki Cold Moon karena Bulan purnama ini terbit pada salah satu malam “terpanjang” dalam setahun karena kedekatannya dengan titik balik Matahari musim dingin di Desember. (AP Photo/Emrah Gurel)
Foto 3 dari 7
Bulan Purnama Cold Moon
Bulan purnama terakhir tahun ini yang dikenal sebagai Cold Moon terbit di sebelah kapsul bianglala London Eye di London, Rabu (7/12/2022). Bulan purnama Desember juga akan berada di atas cakrawala lebih lama dari kebanyakan Bulan purnama, karena lintasannya yang lebih tinggi di langit. (AP Photo/Alastair Grant)
Foto 4 dari 7
Bulan Purnama Cold Moon
Bulan purnama terakhir tahun ini yang dikenal sebagai Cold Moon terbit di sebelah kapsul bianglala London Eye di London, Rabu (7/12/2022). Beberapa nama lain untuk Bulan purnama Desember adalah Snow Moon, Long Night Moon, dan Winter Maker Moon. (AP Photo/Alastair Grant)
Foto 5 dari 7
Bulan Purnama Cold Moon
Bulan purnama terakhir tahun ini yang dikenal sebagai Cold Moon muncul di atas kuil kuno Parthenon saat hari mendung, di Athena, Yunani, Rabu (7/12/2022). Bulan purnama Desember sendiri dikenal sebagai Cold Moon atau Bulan Dingin. (AP Photo/Petros Giannakouris)
Foto 6 dari 7
Bulan Purnama Cold Moon
Bulan purnama terakhir tahun ini yang dikenal sebagai Cold Moon terbit melalui langit cerah melewati serangkaian lampu putih di corniche Doha, di Doha, Qatar, Rabu (7/12/2022). Bulan purnama Desember disebut Full Cold Moon karena kemunculannya bertepatan dengan musim dingin yang benar-benar menggigilkan di belahan Bumi utara. (AP Photo/Hassan Ammar)
Foto 7 dari 7
Bulan Purnama Cold Moon
Bulan purnama terakhir tahun ini yang dikenal sebagai Cold Moon terbit melalui langit cerah melewati serangkaian lampu putih di corniche Doha, di Doha, Qatar, Rabu (7/12/2022). Bulan purnama Desember juga akan berada di atas cakrawala lebih lama dari kebanyakan Bulan purnama, karena lintasannya yang lebih tinggi di langit. (AP Photo/Hassan Ammar)