Memantau Perkembangan Pembangunan Ibu Kota Nusantara

oleh Helmi Fithriansyah, diperbarui 09 Mar 2023, 17:05 WIB
Diterbitkan 09 Mar 2023 17:05 WIB
Pembangunan Ibu Kota Nusantara
Indonesia memulai pembangunan ibu kota baru pada pertengahan 2022.Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Silvia Halim mengatakan, kegiatan pembangunan di IKN sudah mencapai 23 persen. Menurutnya, saat ini pembangunan di IKN fokus pada kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP). Silvia mengatakan, semua progres pembangunan yang tengah dilakukan masih on the track, sehingga pihak Otorita IKN optimistis pembangunan dapat selesai sesuai dengan rencana.
Foto 1 dari 8
Pembangunan Ibu Kota Nusantara
Foto udara yang diambil dengan menggunakan drone menunjukkan lokasi pembangunan ibu kota baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Indonesia, Rabu 8 Maret 2023. Indonesia memulai pembangunan ibu kota baru pada pertengahan 2022, setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa Jakarta—ibu kota saat ini—sudah semakin padat, berpolusi, rawan gempa bumi, dan dengan cepat tenggelam ke dalam Laut Jawa. (AP Photo/Achmad Ibrahim)
Foto 2 dari 8
Pembangunan Ibu Kota Nusantara
Lokasi pembangunan ibu kota baru terlihat dari sebuah bukit di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Indonesia, Rabu, 8 Maret 2023. Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Silvia Halim mengatakan, kegiatan pembangunan di IKN sudah mencapai 23 persen. Menurutnya, saat ini pembangunan di IKN fokus pada kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP). (AP Photo/Achmad Ibrahim)
Foto 3 dari 8
Pembangunan Ibu Kota Nusantara
Seorang pekerja menggunakan peralatannya di lokasi pembangunan ibu kota baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Indonesia, Rabu, 8 Maret 2023. Silvia mengatakan, semua progres pembangunan yang tengah dilakukan masih on the track, sehingga pihak Otorita IKN optimistis pembangunan dapat selesai sesuai dengan rencana. (AP Photo/Achmad Ibrahim)
Foto 4 dari 8
Pembangunan Ibu Kota Nusantara
Sebuah rendering digital yang menunjukkan tata letak kompleks istana kepresidenan di ibu kota baru ditampilkan di lokasi pembangunannya di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Indonesia, Rabu, 8 Maret 2023. Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Silvia mengungkapkan nantinya di dalam Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) bisa ditemukan Sumbu Nusantara, Istana Presiden, Kantor Presiden, Kantor Kementerian/Lembaga, dan juga hunian untuk ASN. (AP Photo/Achmad Ibrahim)
Foto 5 dari 8
Pembangunan Ibu Kota Nusantara
Tentara Indonesia mengambil foto di titik nol lokasi pembangunan ibu kota baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Indonesia, Rabu, 8 Maret 2023. Indonesia memulai pembangunan ibu kota baru pada pertengahan 2022. (AP Photo/Achmad Ibrahim)
Foto 6 dari 8
Pembangunan Ibu Kota Nusantara
Seorang pekerja terlihat dalam siluet saat berjalan di lorong sebuah bangunan di lokasi pembangunan ibu kota baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Indonesia, Rabu, 8 Maret 2023. Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Silvia Halim mengatakan, kegiatan pembangunan di IKN sudah mencapai 23 persen. Menurutnya, saat ini pembangunan di IKN fokus pada kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP). (AP Photo/Achmad Ibrahim)
Foto 7 dari 8
Pembangunan Ibu Kota Nusantara
Para pekerja berjalan di dekat alat berat di lokasi pembangunan ibu kota baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Indonesia, Rabu, 8 Maret 2023. Pemerintah menjanjikan "kota hutan lestari" yang menempatkan lingkungan sebagai jantung pembangunan dan bertujuan untuk menjadi netral karbon pada tahun 2045. (AP Photo/Achmad Ibrahim)
Foto 8 dari 8
Pembangunan Ibu Kota Nusantara
Sebuah mobil melaju di jalan tanah di lokasi pembangunan ibu kota baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Indonesia, Rabu, 8 Maret 2023. (AP Photo/Achmad Ibrahim)