Siap-Siap! Masuk Pantheon, Bangunan Peninggalan Romawi di Roma Tak Lagi Gratis

oleh Arny Christika Putri, diperbarui 17 Mar 2023, 14:00 WIB
Diterbitkan 17 Mar 2023 14:00 WIB
Pantheon Roma akan mengenakan biaya masuk
Wisatawan di Roma yang mengunjungi Pantheon, situs budaya yang paling banyak dikunjungi di Italia, akan segera dikenai biaya masuk sebesar 5 euro ($ 5,28 atau sekitar Rp 81 ribu) di bawah kesepakatan yang ditandatangani pada hari Kamis oleh para pejabat budaya dan gereja Italia. Bangunan berkubah yang monumental ini, yang awalnya merupakan kuil Romawi kuno, menarik jutaan pengunjung setiap tahunnya.
Foto 1 dari 4
Pantheon Roma akan mengenakan biaya masuk
Turis mengantre untuk mengunjungi Pantheon Roma di Roma, Kamis (16/3/2023). Wisatawan di Roma yang mengunjungi Pantheon, situs budaya yang paling banyak dikunjungi di Italia, akan segera dikenai biaya masuk sebesar 5 euro ($ 5,28 atau sekitar Rp 81 ribu) di bawah kesepakatan yang ditandatangani pada hari Kamis oleh para pejabat budaya dan gereja Italia. (AP Photo/Alessandra Tarantino)
Foto 2 dari 4
Pantheon Roma akan mengenakan biaya masuk
Pemberlakuan biaya masuk dilakukan lima tahun setelah pemerintah sebelumnya membatalkan rencana untuk mulai mengenakan biaya masuk sebesar 2 euro kepada para pengunjung. (AP Photo/Alessandra Tarantino)
Foto 3 dari 4
Pantheon Roma akan mengenakan biaya masuk
Bangunan berkubah yang monumental ini, yang awalnya merupakan kuil Romawi kuno, menarik jutaan pengunjung setiap tahunnya. Bangunan ini diubah menjadi gereja pada tahun 609, yang disebut Basilika Santa Maria dan Para Martir, dan Misa dirayakan secara teratur di tempat ini. (AP Photo/Alessandra Tarantino)
Foto 4 dari 4
Pantheon Roma akan mengenakan biaya masuk
Tidak ada tanggal yang diberikan untuk pemberlakuan biaya tersebut, karena para pejabat sedang menyusun rincian teknisnya. Saat ini, pintu masuk gratis dan reservasi diperlukan pada akhir pekan dan hari libur nasional. (AP Photo/Alessandra Tarantino)