Militer Rusia Tangkis Serangan Skala Besar Pasukan Ukraina di Donetsk

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 06 Jun 2023, 09:16 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2023 08:45 WIB
Perang Rusia Ukraina di Donetsk
Militer Rusia mengklaim berhasil menggagalkan dan memukul mundur 'serangan skala besar' oleh pasukan Ukraina di wilayah Donetsk yang dianeksasi oleh Moskow sejak tahun lalu. Kiev selama berbulan-bulan menyatakan sedang mempersiapkan serangan balasan secara besar-besaran, dengan tujuan merebut kembali wilayah-wilayah yang diduduki pasukan Rusia sejak invasi dilancarkan pada Februari 2022.
Foto 1 dari 6
Perang Rusia Ukraina di Donetsk
Foto yang diambil dari video yang dirilis oleh Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia pada Senin (5/6/2023), menunjukkan sebuah kendaraan militer Ukraina dihantam selama pertempuran di Ukraina. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan militer Rusia menangkis upaya Ukraina untuk melancarkan serangan di bagian selatan wilayah Donetsk pada hari Minggu. (Russian Defense Ministry Press Service via AP)
Foto 2 dari 6
Perang Rusia Ukraina di Donetsk
Militer Rusia mengklaim berhasil menggagalkan dan memukul mundur 'serangan skala besar' oleh pasukan Ukraina di wilayah Donetsk yang dianeksasi oleh Moskow sejak tahun lalu. (Russian Defense Ministry Press Service via AP)
Foto 3 dari 6
Perang Rusia Ukraina di Donetsk
Seperti dilansir AFP, Senin (5/6/2023), Kiev selama berbulan-bulan menyatakan sedang mempersiapkan serangan balasan secara besar-besaran, dengan tujuan merebut kembali wilayah-wilayah yang diduduki pasukan Rusia sejak invasi dilancarkan pada Februari 2022. (Russian Defense Ministry Press Service via AP)
Foto 4 dari 6
Perang Rusia Ukraina di Donetsk
Donetsk merupakan salah satu dari empat wilayah Ukraina yang dianeksasi secara sepihak oleh Kremlin pada September tahun lalu. Ketiga wilayah lainnya merupakan Luhansk, Zaporizhzhia dan Kherson. (Russian Defense Ministry Press Service via AP)
Foto 5 dari 6
Perang Rusia Ukraina di Donetsk
Dalam laporan terbaru pada Minggu (4/6) waktu setempat, Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan bahwa 'musuh melancarkan serangan besar-besaran di lima sektor garis depan pertempuran' di wilayah selatan Donetsk. (Russian Defense Ministry Press Service via AP)
Foto 6 dari 6
Perang Rusia Ukraina di Donetsk
Kementerian Pertahanan Rusia juga memposting video pertempuran yang menunjukkan kendaraan lapis baja Ukraina dihujani serangan hebat. (Russian Defense Ministry Press Service via AP)