Prosesi Pemakaman Fajri, Pria Obesitas Berbobot 300 Kilogram di TPU Menteng Pulo

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 22 Jun 2023, 16:22 WIB
Diterbitkan 22 Jun 2023 16:15 WIB
Pemakaman Pria Obesitas
Petugas Basarnas dan Damkar memakamkan Moch Fajri Rifana (26), penderita obesitas berbobot 300 kilogram yang meninggal di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo di TPU Menteng Pulo, Jakarta, Kamis (22/6/2023). Pemakaman mempergunakan car lift dan alat tripod pengungkit jenazah.
Foto 1 dari 10
Pemakaman Pria Obesitas
Petugas Basarnas dan Damkar memakamkan Moch Fajri Rifana (26), penderita obesitas berbobot 300 kilogram yang meninggal di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo di TPU Menteng Pulo, Jakarta, Kamis (22/6/2023). Pemakaman mempergunakan car lift dan alat tripod pengungkit jenazah. (merdeka.com/Arie Basuki)
Foto 2 dari 10
Pemakaman Pria Obesitas
Fajri meninggal hari ini setelah lebih dari dua pekan menjalani perawatan di ruang isolasi di RSCM setelah dirujuk dari RSUD Tangerang pada 9 Juni 2023. (merdeka.com/Arie Basuki)
Foto 3 dari 10
Pemakaman Pria Obesitas
Menurut dokter ICU RSCM Sidharta Kusuma Manggala, dalam sebulan ini Fajri tidak bisa tidur terlentang. (merdeka.com/Arie Basuki)
Foto 4 dari 10
Pemakaman Pria Obesitas
Sebelum mendapatkan perawatan medis, Fajri juga sempat disarankan untuk dibawa ke rumah sakit karena kaki kanannya mengalami infeksi. Saat itu, dia tidak mau sehingga kondisi kesehatannya terus menurun. (merdeka.com/Arie Basuki)
Foto 5 dari 10
Pemakaman Pria Obesitas
"Saat datang (ke RSCM) kondisinya memang tidak baik. Setelah di sini (RSCM), sesak semakin berat sehingga dipasang ventilator dan diberi obat-obatan," jelas Sidharta Kusuma Manggala. (merdeka.com/Arie Basuki)
Foto 6 dari 10
Pemakaman Pria Obesitas
Tim dokter RSCM sudah mengupayakan perawatan terbaik tapi kondisi Fajri mengalami perburukan. (merdeka.com/Arie Basuki)
Foto 7 dari 10
Pemakaman Pria Obesitas
"Kesadarannya tidak full karena dalam pengaruh obat. Infeksi di kaki semakin berat, ada infeksi di paru yang menimbulkan kejadian syok sepsis," ucap Sidharta Kusuma Manggala. (merdeka.com/Arie Basuki)
Foto 8 dari 10
Pemakaman Pria Obesitas
Akibatnya, terjadi respons tubuh berat atau multiorgan dysfunction syndrome seperti kegagalan organ, tekanan darah turun, dan ginjal bermasalah. (merdeka.com/Arie Basuki)
Foto 9 dari 10
Pemakaman Pria Obesitas
Maka dari itu, dilakukan terapi pengganti ginjal dan koordinasi dengan dokter pencernaan. (merdeka.com/Arie Basuki)
Foto 10 dari 10
Pemakaman Pria Obesitas
Terkait infeksi kaki yang terjadi, dijelaskan bahwa kondisi imun Fajri sudah menurun. Maka dari itu, kuman-kuman di sekitar yang biasanya tidak memberi dampak buruk pada orang pada umumnya akan berdampak serius pada Fajri. (merdeka.com/Arie Basuki)