Polda Aceh Gagalkan Penyelundupan 57 Kg Sabu Jaringan Thailand - Malaysia

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 12 Jul 2023, 17:05 WIB
Diterbitkan 12 Jul 2023 17:05 WIB
Penyelundupan Narkoba Aceh
Tim Direktorat Reserse Narkoba Polda Aceh menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu dengan berat 57 kilogram di perairan Kabupaten Aceh Besar yang berasal dari sindikat internasional, Thailand dan Malaysia. Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar mengatakan selain menyita puluhan kilogram sabu, tim juga menangkap lima terduga pelaku.
Foto 1 dari 7
Penyelundupan Narkoba Aceh
Polisi menggotong salah seorang tersangka yang mengalami luka tembak saat rilis kasus pengungkapan narkotika jenis sabu di Markas Polda Aceh, Banda Aceh, Rabu (12/7/2023). Tim Direktorat Reserse Narkoba Polda Aceh menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu dengan berat 57 kilogram di perairan Kabupaten Aceh Besar yang berasal dari sindikat internasional. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)
Foto 2 dari 7
Penyelundupan Narkoba Aceh
Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar mengatakan selain menyita puluhan kilogram sabu, tim juga menangkap lima terduga pelaku. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)
Foto 3 dari 7
Penyelundupan Narkoba Aceh
"Lima terduga pelaku terdiri dua pengendali di laut, dua pengendali di darat, dan seorang pemilik barang. Kelima terduga pelaku yang ditangkap pada 4 dan 5 Juli 2023 tersebut kini ditahan di Mapolda Aceh," kata Haydar, Rabu, 12 Juli 2023. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)
Foto 4 dari 7
Penyelundupan Narkoba Aceh
Adapun kelima pelaku yakni berinisial AH alias MJ (43) warga Kota Sabang selaku pemilik narkoba dan pengendali baik di darat maupun laut dan II alias P (32) warga Kota Sabang selaku penjemput narkoba di darat. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)
Foto 5 dari 7
Penyelundupan Narkoba Aceh
Berikutnya RI alias A (31) warga Kabupaten Aceh Utara selaku penjemput narkoba di darat, Y alias W (39) warga Kota Sabang selaku penjemput narkoba dan juga tekong perahu motor, serta N alias PD (39) warga Kota Banda Aceh selaku penjemput narkoba dan juga tekong. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)
Foto 6 dari 7
Penyelundupan Narkoba Aceh
"Para pelaku diduga jaringan narkotika internasional Thailand, Malaysia, dan Aceh atau Indonesia. Sabu-sabu tersebut dari luar negeri dengan tujuan untuk diedarkan di Indonesia. Pengungkapan ini merupakan sinergi kepolisian dengan bea cukai," ucap Haydar. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)
Foto 7 dari 7
Penyelundupan Narkoba Aceh
Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar mengatakan pengungkapan penyelundupan narkoba tersebut berawal dari informasi masyarakat. Informasi tersebut menyebutkan ada pengiriman sabu di perairan Aceh Besar dari Laut Malaysia. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)