Italia Keluarkan Peringatan Risiko Kesehatan Ekstrem di 16 Kota, Termasuk Roma dan Florence

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 17 Jul 2023, 09:05 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2023 09:05 WIB
Gelombang Panas Italia
Italia mengeluarkan peringatan risiko kesehatan ekstrem di 16 kota, termasuk Roma dan Florence, akhir pekan ini menyusul gelombang panas yang membakar Eropa. Ilmuwan iklim di Badan Antariksa Eropa (ESA) mengatakan, panas ekstrem bisa mencapai 48 derajat Celsius di Sisilia dan Sardinia, berpotensi menjadi suhu terpanas yang pernah tercatat di Eropa. Roma diperkirakan dapat mencapai suhu 44 derajat Celsius.
Foto 1 dari 8
Gelombang Panas Italia
Orang-orang mencari kesegaran saat hari panas dengan suhu lebih dari 40 derajat Celcius di Pantai Mondello, Palermo, Sisilia, Italia, 16 Juli 2023. Suhu diperkirakan akan mencapai rekor tertinggi baru pada minggu ini. (Alberto Lo Bianco/LaPresse via AP)
Foto 2 dari 8
Gelombang Panas Italia
Italia mengeluarkan peringatan risiko kesehatan ekstrem di 16 kota, termasuk Roma dan Florence, akhir pekan ini menyusul gelombang panas yang membakar Eropa. (Alberto Lo Bianco/LaPresse via AP)
Foto 3 dari 8
Gelombang Panas Italia
Ilmuwan iklim di Badan Antariksa Eropa (ESA) mengatakan, panas ekstrem bisa mencapai 48 derajat Celsius di Sisilia dan Sardinia, berpotensi menjadi suhu terpanas yang pernah tercatat di Eropa. (Alberto Lo Bianco/LaPresse via AP)
Foto 4 dari 8
Gelombang Panas Italia
Roma diperkirakan dapat mencapai suhu 44 derajat Celsius. (Alberto Lo Bianco/LaPresse via AP)
Foto 5 dari 8
Gelombang Panas Italia
Otoritas Italia juga telah mengeluarkan peringatan level lebih rendah ke sembilan kota lainnya. (Alberto Lo Bianco/LaPresse via AP)
Foto 6 dari 8
Gelombang Panas Italia
Kementerian Kesehatan Italia menyarankan masyarakat agar tetap terhidrasi, makan makanan yang lebih ringan, dan menghindari sinar Matahari langsung antara pukul 11.00-18.00 waktu setempat. (AP Photo/Gregorio Borgia)
Foto 7 dari 8
Gelombang Panas Italia
ESA memperingatkan bahwa gelombang panas yang menerjang Eropa baru saja dimulai. (AP Photo/Gregorio Borgia)
Foto 8 dari 8
Gelombang Panas Italia
Selain Italia, Spanyol, Prancis, Jerman, Yunani, dan Polandia diperkirakan turut menderita cuaca ekstrem. (AP Photo/Gregorio Borgia)