Banjir Korea Selatan: 9 Jenazah Ditemukan Terjebak Dalam Mobil di Terowongan Cheongju

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 17 Jul 2023, 12:25 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2023 10:35 WIB
Banjir Korea Selatan
Hujan deras berhari-hari di Korea Selatan memicu banjir bandang dan tanah longsor serta menghancurkan rumah, menyebabkan puluhan orang tewas dan memaksa ribuan orang untuk mengungsi.
Foto 1 dari 10
Banjir Korea Selatan
Tim penyelamat melakukan operasi pencarian di sepanjang jalan yang terendam banjir menuju terowongan bawah tanah di Cheongju, Korea Selatan, 16 Juli 2023. Hujan deras berhari-hari memicu banjir bandang dan tanah longsor serta menghancurkan rumah, menyebabkan puluhan orang tewas dan memaksa ribuan orang untuk mengungsi. (Kim Ju-hyung/Yonhap via AP)
Foto 2 dari 10
Banjir Korea Selatan
Tim SAR berupaya menyelamatkan korban yang terjebak dalam mobil saat banjir di terowongan Kota Cheongiu. Sebanyak Sembilan jenazah ditemukan. (Cheon Kyung-hwan/Yonhap via AP)
Foto 3 dari 10
Banjir Korea Selatan
Banjir yang disebabkan hujan lebat berhari-hari mengalir begitu cepat ke jalan bawah tanah sehingga penumpang dan pengemudi terjebak dalam mobil mereka. Para korban tidak dapat melarikan diri. (Kim Ju-hyung/Yonhap via AP)
Foto 4 dari 10
Banjir Korea Selatan
Sebanyak 35 orang tewas setelah banjir, tanah longsor, dan pemadaman listrik di sebagian besar negara. Kemudian lebih dari 10 orang dilaporkan hilang. South Korea National Fire Agency via AP)
Foto 5 dari 10
Banjir Korea Selatan
Tidak jelas berapa banyak orang yang masih terjebak di terowongan. Namun diperkirakan 15 kendaraan terendam. (Kim Ju-hyung/Yonhap via AP)
Foto 6 dari 10
Banjir Korea Selatan
Beberapa jenazah ditemukan dari dalam bus. Sementara sembilan orang berhasil diselamatkan. (Chung Byung-hyuck/Newsis via AP)
Foto 7 dari 10
Banjir Korea Selatan
Sebelumnya, Tim SAR berusaha melakukan penyelamatan untuk menjangkau orang-orang yang terperangkap di terowongan saat banjir. (Kim Ju-hyung/Yonhap via AP)
Foto 8 dari 10
Banjir Korea Selatan
Korea Selatan sedang berada dalam musim panas dan telah terjadi hujan lebat selama empat hari terakhir, menyebabkan bendungan besar meluap. (Kim Ju-hyung/Yonhap via AP)
Foto 9 dari 10
Banjir Korea Selatan
Kementerian Dalam Negeri melaporkan sebanyak 33 orang tewas dan 10 lainnya hilang dalam hujan deras, sebagian besar terkubur oleh tanah longsor atau setelah jatuh ke dalam waduk yang banjir. (South Korea National Fire Agency via AP)
Foto 10 dari 10
Banjir Korea Selatan
Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri juga mengatakan petugas penyelamat masih berupaya menjangkau lebih dari 10 mobil yang terperangkap di terowongan bawah tanah sepanjang 430 meter (1.410 kaki) di Cheongju. (South Korea National Fire Agency via AP)