Sri Mulyani Buka Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 25 Agu 2023, 17:28 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2023 17:15 WIB
Sri Mulyani Buka Pertemuan ASEAN
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati menekankan pentingnya sinergi yang harmonis dari negara-negara ASEAN untuk memperkuat kawasan dari tekanan global. Oleh karena itu, lanjut Sri Mulyani, negara-negara ASEAN perlu berdiri bersama serta saling memperkuat jalinan ikatan dan kolaborasi.
Foto 1 dari 8
Sri Mulyani Buka Pertemuan ASEAN
Barisan depan dari kiri ke kanan, Menteri Keuangan Brunei Amin Lieu Abdullah, Menteri Keuangan Kamboja Phiyorin Tep, Wakil Sekretaris Jenderal ASEAN Satvinder Singh, Menteri Keuangan Laos Santiphab Phomvihane, Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati, Gubernur Bank Sentral Indonesia Perry Warjiyo, Gubernur Bank Sentral Laos Bounleua Sinxayvoravong, Gubernur Bank Sentral Malaysia Shaik Abdul Rasheed Abdul Ghaffour, Gubernur Bank Sentral Brunei Rokiah Badar, Gubernur Bank Sentral Timor Timur Abraao de Vasconcelos dan delegasi penting lainnya bergandengan tangan saat foto bersama pada sesi pembukaan Asosiasi Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) di Jakarta, Indonesia, Jumat (25/8/2023). (AP Photo/Tatan Syuflana)
Foto 2 dari 8
Sri Mulyani Buka Pertemuan ASEAN
Dalam pertemuan tersebut, Sri Mulyani menekankan pentingnya sinergi yang harmonis dari negara-negara ASEAN untuk memperkuat kawasan dari tekanan global. (AP Photo/Tatan Syuflana)
Foto 3 dari 8
Sri Mulyani Buka Pertemuan ASEAN
“Tekanan geopolitik masih berlanjut, bahkan diperkirakan memburuk, dan itu terkait dengan kawasan kita. Sebagai negara tetangga yang dekat, kita tidak bisa memilih tetangganya, tapi kita bisa memilih hubungan seperti apa yang baik dan saling menguntungkan,” kata Sri Mulyani dalam sambutannya. (AP Photo/Tatan Syuflana)
Foto 4 dari 8
Sri Mulyani Buka Pertemuan ASEAN
Oleh karena itu, lanjut Sri Mulyani, negara-negara ASEAN perlu berdiri bersama serta saling memperkuat jalinan ikatan dan kolaborasi. (AP Photo/Tatan Syuflana)
Foto 5 dari 8
Sri Mulyani Buka Pertemuan ASEAN
Langkah tersebut bertujuan untuk memastikan stabilitas pertumbuhan yang berkelanjutan. (AP Photo/Tatan Syuflana)
Foto 6 dari 8
Sri Mulyani Buka Pertemuan ASEAN
Penguatan sinergi ASEAN dapat diwujudkan melalui berbagai jalur, seperti infrastruktur dan transisi energi hijau. Negara-negara ASEAN bisa memperkuat posisi strategis dan sentralitas masing-masing dalam kerja sama kawasan, sehingga bisa mengukuhkan perdagangan, investasi, dan perjanjian ekonomi di kawasan. (AP Photo/Tatan Syuflana)
Foto 7 dari 8
Sri Mulyani Buka Pertemuan ASEAN
Bendahara Negara menyebut ASEAN telah menunjukkan progres yang baik dalam target-target tahun ini dan akan terus berlanjut hingga tahun depan. (AP Photo/Tatan Syuflana)
Foto 8 dari 8
Sri Mulyani Buka Pertemuan ASEAN
Namun, ASEAN tetap perlu mempersiapkan diri dan lebih waspada dalam lingkungan global yang dinamis. (AP Photo/Tatan Syuflana)