Korban Tewas Akibat Banjir Libya Melonjak Jadi 10 Ribu, Diperkirakan Bisa Tembus 20 Ribu Jiwa

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 16 Sep 2023, 10:35 WIB
Diterbitkan 16 Sep 2023 10:35 WIB
Korban Banjir Libya
Jumlah korban tewas di kota pesisir Derna telah melonjak hingga lebih dari 10 ribu orang ketika upaya pencarian terus dilakukan menyusul banjir besar yang diakibatkan oleh jebolnya dua bendungan saat hujan lebat, kata Bulan Sabit Merah Libya.
Foto 1 dari 9
Korban Banjir Libya
Seorang pria berjalan melewati makam korban banjir bandang di Derna, Libya, Jumat (15/9/2023). Jumlah korban tewas di kota pesisir Derna telah melonjak hingga lebih dari 10 ribu orang ketika upaya pencarian terus dilakukan menyusul banjir besar yang diakibatkan oleh jebolnya dua bendungan saat hujan lebat, kata Bulan Sabit Merah Libya pada Kamis. (AP Photo/Yousef Murad)
Foto 2 dari 9
Korban Banjir Libya
Wali Kota Derna memperkirakan 18 ribu hingga 20 ribu orang tewas ketika dua bendungan jebol dan menimbulkan banjir seperti tsunami saat orang-orang tertidur. (AP Photo/Yousef Murad)
Foto 3 dari 9
Korban Banjir Libya
Wali Kota Abdulmenam Al-Ghaithi mengatakan kepada TV al-Arabiya bahwa perkiraannya didasarkan pada jumlah distrik yang hancur total akibat banjir dan mengatakan dia membutuhkan tim khusus untuk menemukan jenazah. (AP Photo/Yousef Murad)
Foto 4 dari 9
Korban Banjir Libya
Penyakit adalah ancaman berikutnya yang muncul pasca-banjir. PBB telah memperingatkan bahaya penyakit dari air yang terkontaminasi. (AP Photo/Yousef Murad)
Foto 5 dari 9
Korban Banjir Libya
Seorang pejabat dari pemerintah Libya timur yang berbasis di Tobruk mengatakan, jenazah terus ditemukan di laut. (AP Photo/Yousef Murad)
Foto 6 dari 9
Korban Banjir Libya
Sejauh ini, lebih dari 10 ribu orang diketahui tewas dan ribuan lainnya dilaporkan hilang. (AP Photo/Yousef Murad)
Foto 7 dari 9
Korban Banjir Libya
Upaya bantuan dan penyelamatan internasional ditingkatkan dengan tim penyelamat dari negara-negara termasuk Mesir, Tunisia, Italia, Spanyol, dan Turki. (AP Photo/Yousef Murad)
Foto 8 dari 9
Korban Banjir Libya
Para pemimpin pemerintahan Libya yang berbasis di Tripoli menyerukan penyelidikan atas runtuhnya bendungan tersebut. (AP Photo/Yousef Murad)
Foto 9 dari 9
Korban Banjir Libya
Di antara korban tewas, ada setidaknya 400 orang asing, mayoritas berasal dari Sudan dan Mesir. (AP Photo/Yousef Murad)