Penampakan Menakjubkan Gerhana Matahari Cincin Api 2023

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 15 Okt 2023, 16:07 WIB
Diterbitkan 15 Okt 2023 16:05 WIB
Gerhana Matahari Cincin Api
Gerhana Matahari Cincin Api muncul pada 14 Oktober 2023 malam selama 5 menit 17 detik. Sejumlah daerah tempat menyaksikan langsung Gerhana Matahari Cincin Api yakni Amerika Utara, Amerika Tengah, dan sebagian besar Amerika Selatan.
Foto 1 dari 8
Gerhana Matahari Cincin Api
Gerhana Matahari Cincin Api saat Albuquerque International Balloon Fiesta di Albuquerque, N.M., Amerika Serikat, Sabtu (14/10/2023). Gerhana Matahari Cincin Api muncul pada 14 Oktober 2023 malam selama 5 menit 17 detik. (Chancey Bush/Albuquerque Journal via AP)
Foto 2 dari 8
Gerhana Matahari Cincin Api
Fenomena langit ini tidak dapat disaksikan dengan mata langsung di Indonesia, tetapi Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menayangkan siaran langsung fenomena alam ini di situs, akun X, Facebook, YouTube, dan app resmi NASA. (Carlos Avila Gonzalez/San Francisco Chronicle via AP)
Foto 3 dari 8
Gerhana Matahari Cincin Api
Sejumlah daerah tempat menyaksikan langsung Gerhana Matahari Cincin Api yakni Amerika Utara, Amerika Tengah, dan sebagian besar Amerika Selatan. (AP Photo/Ivan Valencia)
Foto 4 dari 8
Gerhana Matahari Cincin Api
Cincin api Gerhana Matahari ini tampak di jalur selebar 190-220 Km. (AP Photo/Ivan Valencia)
Foto 5 dari 8
Gerhana Matahari Cincin Api
Jalur Gerhana Matahari Cincin Api melewati Amerika Serikat bagian barat, Meksiko, Amerika Tengah, dan sebagian Amerika Selatan. (Chancey Bush/Albuquerque Journal via AP)
Foto 6 dari 8
Gerhana Matahari Cincin Api
Gerhana ini tidak membuat langit sepenuhnya gelap, tetapi temaram di delapan negara bagian AS, yaitu Oregon, California, Nevada, Utah, Colorado, Arizona, New Mexico, dan Texas. (AP Photo/Ivan Valencia)
Foto 7 dari 8
Gerhana Matahari Cincin Api
Gerhana Matahari terjadi ketika bulan baru berada tepat di antara Bumi dan Matahari serta menjatuhkan bayangannya ke Bumi. Karena orbit Bulan pada Bumi agak elips, Bulan berada pada titik paling jauh (apogee) dan paling dekat (perigee) dengan Bumi pada dua titik di setiap bulannya. (AP Photo/Ivan Valencia)
Foto 8 dari 8
Gerhana Matahari Cincin Api
Akibatnya Bulan tampak sedikit lebih kecil dan sedikit lebih besar. Nah, Gerhana Matahari Cincin Api terjadi ketika Bulan tampak relatif kecil di langit. Karena itu, gerhana ini sehingga tidak sepenuhnya menutupi piringan Matahari. Dari situlah tampak 'cincin' luar tipis yang disebut cincin api (ring of fire). (AP Photo/Ivan Valencia)