Perkembangan Terkini Pasca Gempa Magnitudo 7,4 Guncang Filipina

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 03 Des 2023, 19:35 WIB
Diterbitkan 03 Des 2023 19:35 WIB
Gempa Filipina
Gempa bumi lepas pantai berkekuatan magnitudo 7,4 -- sebelumnya diberitakan sejumlah media bermagnitudo 7,5 dan 7,6 -- yang melanda Filipina selatan pada 2 Desember 2023 malam telah menewaskan satu orang dan melukai dua lainnya.
Foto 1 dari 8
Gempa Filipina
Sebuah sepeda motor melewati toko kelontong yang rusak sebagian akibat gempa di Kota Bayugan, Agusan del Sur, Filipina, Minggu (3/12/2023). Gempa bumi lepas pantai berkekuatan magnitudo 7,4 -- sebelumnya diberitakan sejumlah media bermagnitudo 7,5 dan 7,6 -- yang melanda Filipina selatan pada 2 Desember 2023 malam telah menewaskan satu orang dan melukai dua lainnya, lapor Xinhua pada Minggu (3/12/2023) mengutip otoritas setempat. (AP Photo/Ivy Marie Mangadlao)
Foto 2 dari 8
Gempa Filipina
Kantor pengurangan bencana setempat melaporkan bahwa seorang wanita dari Kota Tagum di Provinsi Davao del Norte tewas ketika tembok rumahnya runtuh. Suami dan anaknya terluka. (AP Photo/Ivy Marie Mangadlao)
Foto 3 dari 8
Gempa Filipina
Associated Press mengutip kepala mitigasi bencana kota itu, Shieldon Isidoro, menyebut korban tewas adalah seorang wanita hamil meninggal setelah dia, suami, dan putrinya tertimpa tembok beton setinggi 15 kaki (4,5 meter) yang runtuh di lingkungan mereka saat tanah berguncang dan mendorong mereka untuk melarikan diri dari rumah mereka. (LGU Hinatuan via AP)
Foto 4 dari 8
Gempa Filipina
National Disaster Risk Reduction and Management Council atau Dewan Nasional Pengurangan Risiko dan Manajemen Bencana masih mengkaji dampak gempa dan belum mengkonfirmasi adanya korban jiwa atau cedera akibat gempa. (AP Photo/Ivy Marie Mangadlao)
Foto 5 dari 8
Gempa Filipina
Dalam laporan terbaru pada hari Minggu, mengutip TheSunDaily.my, Philippine Institute of Volcanology and Seismology atau Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina disebut meningkatkan kekuatan gempa Filipina terkini dari 6,9 menjadi 7,4. (AP Photo/Ivy Marie Mangadlao)
Foto 6 dari 8
Gempa Filipina
Lembaga tersebut mengatakan gempa yang terjadi pada pukul 22.37 waktu setempat (GMT 14.37) terjadi pada kedalaman 25 km, sekitar 30 km timur laut Kota Hinatuan. (AP Photo/Ivy Marie Mangadlao)
Foto 7 dari 8
Gempa Filipina
Lembaga tersebut mengatakan gempa tektonik yang dirasakan di sebagian Pulau Mindanao dan Filipina tengah akan menimbulkan kerusakan. Lembaga ini telah mencatat lebih dari 500 gempa susulan hingga Minggu pagi, beberapa di antaranya berkekuatan lebih dari magnitudo 5 dan 6. (AP Photo/Ivy Marie Mangadlao)
Foto 8 dari 8
Gempa Filipina
Pemerintah juga mengeluarkan peringatan tsunami pada Sabtu malam, yang mendorong warga yang tinggal di daerah pesisir dekat pusat gempa untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi atau pindah lebih jauh ke daratan. Warga kembali ke rumah setelah lembaga mencabut peringatan tsunami dipicu gempa bumi Filipina terkini tersebut. (AP Photo/Ivy Marie Mangadlao)