Anggota Parlemen Turki Meninggal Usai Pidato Kritik Israel

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 15 Des 2023, 12:05 WIB
Diterbitkan 15 Des 2023 12:05 WIB
Anggota Parlemen Turki Meninggal
Hasan Bitmez (53), seorang anggota parlemen Turki dari Saadet Partisi atau Partai Felicity, meninggal dunia beberapa hari setelah dia menderita serangan jantung, dan pingsan di parlemen setelah menyampaikan pidato yang kritis terhadap Israel dan hubungan partai yang berkuasa dengan negara tersebut.
Foto 1 dari 4
Anggota Parlemen Turki Meninggal
Hasan Bitmez (53), seorang anggota parlemen Turki dari Saadet Partisi atau Partai Felicity, pingsan setelah berbicara di ruang utama parlemen Turki di Ankara, Kamis (14/12/2023). Bitmez meninggal di rumah sakit pada hari Kamis, beberapa hari setelah dia menderita serangan jantung, dan pingsan di parlemen setelah menyampaikan pidato yang kritis terhadap Israel dan hubungan partai yang berkuasa dengan negara tersebut. (Selahattin Sonmez/Dia Images via AP)
Foto 2 dari 4
Anggota Parlemen Turki Meninggal
Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca menjelaskan, politikus Partai Felicity itu meninggal di Rumah Sakit Ankara. Bitmez merupakan lulusan Universitas Al Azhar Kairo yang pernah mengetuai Pusat Persatuan Riset Penelitian Islam. Dia juga pernah bekerja untuk LSM Islam. (Selahattin Sonmez/Dia Images via AP)
Foto 3 dari 4
Anggota Parlemen Turki Meninggal
Hasil angiografi menunjukkan, dua pembuluh darah utama di jantungnya tersumbat total. Sejak itu Bitmez bertahan hidup menggunakan alat medis. (Selahattin Sonmez/Dia Images via AP)
Foto 4 dari 4
Anggota Parlemen Turki Meninggal
Stasiun televisi parlemen Turki melaporkan, Bitmez ambruk setelah menyampaikan pidato di podium sidang majelis umum pada Selasa (12/12/2023). Dalam pidatonya Bitmez mengkritik partai penguasa yang dipimpin Erdogan, AKP. Dia menyesalkan kebijakan pemerintah yang tetap menjalin kerja sama perdagangan dengan Israel meski negara Yahudi itu membantai warga Gaza. (Selahattin Sonmez/Dia Images via AP)