Jumlah Tentara Israel yang Terluka dan Trauma Akibat Perang Terus Meningkat

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 29 Des 2023, 07:05 WIB
Diterbitkan 29 Des 2023 07:05 WIB
Tentara Israel yang Terluka dalam Perang
Kementerian Pertahanan Israel mengatakan sekitar 3.000 anggota pasukan keamanan negara itu terluka sejak militan Hamas menyerbu Israel selatan pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera 240 orang. Hampir 900 di antara mereka adalah tentara yang terluka sejak Israel memulai serangan daratnya pada akhir Oktober, di mana tentara terlibat dalam pertempuran jarak dekat dengan militan Hamas.
Foto 1 dari 7
Tentara Israel yang Terluka dalam Perang
Tentara cadangan Israel Igor Tudoran (27), yang terluka dalam perang dengan Hamas, duduk di kamarnya di divisi rehabilitasi Rumah Sakit Sheba di Ramat Gan, Israel, 18 Desember 2023. Tudoran terluka ketika sebuah rudal yang ditembakkan oleh militan Gaza menabrak tanknya di Jalur Gaza. (AP Photo/Oded Balilty)
Foto 2 dari 7
Tentara Israel yang Terluka dalam Perang
Tentara Israel Jonathan Ben Hamou (22), yang terluka dalam perang dengan Hamas, duduk di kamarnya di divisi rehabilitasi Rumah Sakit Sheba di Ramat Gan, Israel, 18 Desember 2023. Ben Hamou kehilangan kaki kirinya ketika sebuah granat berpeluncur roket menghantam buldoser yang dia gunakan untuk membantu membuka jalan bagi pasukan lain dan menggali parit di Jalur Gaza. (AP Photo/Oded Balilty)
Foto 3 dari 7
Tentara Israel yang Terluka dalam Perang
Tudoran dan Hamou adalah bagian dari meningkatnya jumlah tentara Israel yang terluka dan mengalami trauma akibat perang. Mengingat banyaknya korban luka, para aktivis khawatir Israel tidak siap memenuhi kebutuhan mereka. (AP Photo/Oded Balilty)
Foto 4 dari 7
Tentara Israel yang Terluka dalam Perang
“Saya belum pernah melihat cakupan dan intensitas seperti ini,” kata Edan Kleiman yang mengepalai Organisasi Veteran Penyandang Disabilitas nirlaba. Edan Kleiman mengadvokasi lebih dari 50.000 tentara yang terluka dalam konflik ini dan konflik sebelumnya. “Kita harus merehabilitasi orang-orang ini,” katanya. (AP Photo/Oded Balilty)
Foto 5 dari 7
Tentara Israel yang Terluka dalam Perang
Kementerian Pertahanan Israel mengatakan sekitar 3.000 anggota pasukan keamanan negara itu terluka sejak militan Hamas menyerbu Israel selatan pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera 240 orang. (AP Photo/Oded Balilty)
Foto 6 dari 7
Tentara Israel yang Terluka dalam Perang
Hampir 900 di antara mereka adalah tentara yang terluka sejak Israel memulai serangan daratnya pada akhir Oktober, di mana tentara terlibat dalam pertempuran jarak dekat dengan militan Hamas. Lebih dari 160 tentara tewas sejak operasi darat dimulai. (AP Photo/Oded Balilty)
Foto 7 dari 7
Tentara Israel yang Terluka dalam Perang
Perang ini juga membawa penderitaan yang belum pernah terjadi sebelumnya kepada warga Palestina di Gaza, di mana lebih dari 21.000 orang tewas, hampir 55.000 orang terluka dan amputasi menjadi hal biasa. Sebagian besar penduduk daerah kantong kecil ini telah mengungsi. (AP Photo/Oded Balilty)