Gempa Magnitudo 7,4 Guncang Jepang, Picu Peringatan Tsunami

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 01 Jan 2024, 16:42 WIB
Diterbitkan 01 Jan 2024 16:35 WIB
Gempa Ishikawa Jepang
Gempa berkekuatan magnitudo 7,4 dilaporkan melanda Prefektur Ishikawa, Jepang, di sepanjang pantai Laut Jepang. Peringatan tsunami besar telah dikeluarkan untuk prefektur tersebut, menurut laporan outlet berita Jepang NHK, Senin (1/1/2024).
Foto 1 dari 6
Gempa Ishikawa Jepang
Retakan terlihat pada tanah usai gempa bumi di Wajima, Prefektur Ishikawa, Jepang, Senin (1/1/2024). Jepang mengeluarkan peringatan tsunami setelah serangkaian gempa kuat di Laut Jepang. (Kyodo News via AP)
Foto 2 dari 6
Gempa Ishikawa Jepang
Gempa berkekuatan magnitudo 7,4 dilaporkan melanda Prefektur Ishikawa, Jepang, di sepanjang pantai Laut Jepang. Peringatan tsunami besar telah dikeluarkan untuk prefektur tersebut, menurut laporan outlet berita Jepang NHK, Senin (1/1/2024). (Kyodo News via AP)
Foto 3 dari 6
Gempa Ishikawa Jepang
Peringatan tsunami juga dikeluarkan untuk Prefektur Niigata, Toyama, Yamagata, Fukui, dan Hyogo, juga di sepanjang Pantai Laut Jepang. (Kyodo News via AP)
Foto 4 dari 6
Gempa Ishikawa Jepang
Mengutip laporan Al Jazeera, Badan Meterologi Jepang melaporkan gempa Jepang pada hari Senin melanda Ishikawa dan prefektur sekitarnya, salah satunya berkekuatan awal 7,6. Pemerintah mengeluarkan peringatan tsunami besar untuk Ishikawa dan peringatan atau peringatan tsunami tingkat rendah untuk wilayah pesisir barat laut Pulau Honshu. (AP Photo/Eugene Hoshiko)
Foto 5 dari 6
Gempa Ishikawa Jepang
Gelombang setinggi lebih dari satu meter (3,3 kaki) menghantam pantai Kota Wajima di Ishikawa, NHK melaporkan. Dikatakan peringatan gempa lainnya telah dikeluarkan untuk Ishikawa. (Mladen ANTONOV/AFP)
Foto 6 dari 6
Gempa Ishikawa Jepang
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida berbicara kepada media tentang situasi setelah gempa bumi besar dan peringatan tsunami di pantai barat Jepang di Kantor Perdana Menteri di Tokyo, Jepang, Senin (1/1/2024). (STR / JIJI Pers/AFP)