Frederik Resmi Naik Takhta Jadi Raja Denmark Gantikan Ratu Margrethe II

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 15 Jan 2024, 11:05 WIB
Diterbitkan 15 Jan 2024 11:05 WIB
Raja Denmark Frederik X
Putra Mahkota Denmark Pangeran Frederik resmi naik takhta sebagai Raja Denmark. Dia pun mendapat gelar baru, yakni Frederik X. Acara penobatan Raja Frederik X berlangsung sederhana, hanya ditandai dengan penandatanganan dokumen penyerahan takhta antara Ratu Margrethe II dan Raja Frederik X.
Foto 1 dari 9
Raja Denmark Frederik X
Raja Denmark Frederik X dan Ratu Mary Denmark melambai dari balkon Istana Christiansborg di Kopenhagen, Denmark, Minggu (14/1/2024). (AP Photo/Martin Meissner)
Foto 2 dari 9
Raja Denmark Frederik X
Putra Mahkota Denmark Pangeran Frederik resmi naik takhta sebagai Raja Denmark. Dia pun mendapat gelar baru, yakni Frederik X. (Ida Marie Odgaard/Ritzau Scanpix via AP)
Foto 3 dari 9
Raja Denmark Frederik X
Penobatan Frederik X sebagai Raja Denmark diumumkan langsung oleh Perdana Menteri Denmark Mette Frederikson di balkon Istana Christiansborg. (Mads Claus Rasmussen/Ritzau Scanpix via AP)
Foto 4 dari 9
Raja Denmark Frederik X
Raja Frederik X lebih dulu menyapa warganya, diikuti istrinya Ratu Mary yang berdarah Australia. Selanjutnya, keempat anaknya ikut tampil di balkon melambaikan tangan kepada warga yang menanti mereka. Keempat anak itu adalah Putra Mahkota Pangeran Christian, Putri Isabella, dan si kembar Pangeran Vincent dan Putri Josephine. (AP Photo/Martin Meissner)
Foto 5 dari 9
Raja Denmark Frederik X
Acara penobatan Raja Frederik X berlangsung sederhana, hanya ditandai dengan penandatanganan dokumen penyerahan takhta antara Ratu Margrethe II dan Raja Frederik X. (Mads Claus Rasmussen/Ritzau Scanpix via AP)
Foto 6 dari 9
Raja Denmark Frederik X
Tak ada prosesi panjang seperti Inggris pada saat penobatan Raja Charles III pada 6 Mei 2023. Praktik itu sudah berlangsung sejak Denmark menjadi negara konstitusional pada 1849. (Mads Claus Rasmussen/Ritzau Scanpix via AP)
Foto 7 dari 9
Raja Denmark Frederik X
Keluarga Kerajaan Denmark dikenal jauh lebih informal dibandingkan Inggris. Mereka dipuji warganya karena hidup membumi dan sering terlihat keluar untuk berbelanja, makan malam, ataupun mengendarai sepeda di tempat umum, seperti warga biasa. (Mads Claus Rasmussen/Ritzau Scanpix via AP)
Foto 8 dari 9
Raja Denmark Frederik X
Tak heran, anak-anak Frederik X juga mengikuti contoh dari orangtuanya. Dalam satu unggahan, Pangeran Vincent bahkan terlihat terampil membuat kue di dapur ditemani seorang koki kerajaan. Berikut adalah profil singkat keempat anak Raja Frederik X dan Ratu Mary, dilansir dari berbagai sumber. (Nikolai Linares./Ritzau Scanpix via AP)
Foto 9 dari 9
Raja Denmark Frederik X
Raja Denmark Frederik X tampak emosional saat ia melambai kepada ribuan orang yang berkumpul di Ibu Kota Kopenhagen untuk menyaksikan dimulainya era baru. Sebelumnya, rapat kabinet digelar di Istana Christiansborg yang beragendakan penandatanganan dokumen pengunduran diri Ratu Margrethe II dan menyerahkan mahkota kepada Frederik. (AP Photo/Martin Meissner)