Hasil Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Dikalahkan Irak 1-3

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 16 Jan 2024, 09:12 WIB
Diterbitkan 16 Jan 2024 08:05 WIB
Indonesia Vs Irak
Timnas Indonesia memulai petualangan di Piala Asia 2023 dengan mengecewakan. Tim asuhan Shin Tae-yong kalah 1-3 ketika menghadapi Irak di Stadion Ahmad bin Ali.
Foto 1 dari 8
Indonesia Vs Irak
Pemain Timnas Indonesia Pratama Arhan berebut bola dengan pemain Irak Merchas Ghazi Salih pada pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia di Stadion Ahmad Bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024). Timnas Indonesia memulai petualangan di Piala Asia 2023 dengan mengecewakan setelah kalah 1-3 ketika menghadapi Irak. (AP Photo/Hussein Sayed)
Foto 2 dari 8
Indonesia Vs Irak
Hasil ini membuat Timnas Indonesia berada di dasar klasemen Grup D dengan poin 0. Irak berada di urutan dua dengan tiga poin karena kalah selisih gol dari Jepang. Vietnam menempati urutan tiga setelah kalah 2-4 dari Jepang. (AP Photo/Hussein Sayed)
Foto 3 dari 8
Indonesia Vs Irak
Irak langsung menekan Indonesia begitu pertandingan dimulai. Irak nyaris unggul cepat pada menit ketiga melalui sundulan Osamah Jabbar Rashid. Beruntung sundulannya masih meleset dari sasaran. (AP Photo/Hussein Sayed)
Foto 4 dari 8
Indonesia Vs Irak
Irak akhirnya membuka keungglan di menit 17. Kecepatan Ali membuatnya mampu mengungguli Bagggott. Dengan dingin Ali menaklukkan Ernando dengan sepakan keras setelah berhadapan langsung. Irak 1, Indonesia 0. (AP Photo/Hussein Sayed)
Foto 5 dari 8
Indonesia Vs Irak
Indonesia bisa menyamakan skor di menit 37. Aksi individu menawan Yakob Sayuri yang diakhiri dengan umpan silang ke mulut gawang Irak sukses disambar oleh Marselino yang berdiri bebas di depan gawang. (AP Photo/Hussein Sayed)
Foto 6 dari 8
Indonesia Vs Irak
Malapetaka menimpa Indonesia di detik akhir babak pertama. Osamah mengembalikan keunggulan Irak setelah menyambar bola muntah tepisan Ernando Ari. VAR sempat mengecek gol ini karena dugaan off-side, tapi akhirnya tetap disahkan. Skor 1-2 bertahan sampai jeda. (AP Photo/Hussein Sayed)
Foto 7 dari 8
Indonesia Vs Irak
Irak mengejutkan Indonesia empat menit setelah turun minum. Gawang Ernando Ari kembali kebobolan oleh sepakan Amir Fouad lewat serangan balik cepat. Namun gol ini akhirnya dianulir wasit dan VAR karena sudah lebih dulu off-side dalam prosesnya. (AP Photo/Hussein Sayed)
Foto 8 dari 8
Indonesia Vs Irak
Di menit 75, Irak menjauh setelah pemain pengganti Aymen Hussein ikut mencetak gol. Hussein memenangi duel udara dengan Rizky Ridho. Tanpa ampun, Hussein menyambar bola liar di kotak penalti dengan sepakan keras menghujam gawang Ernando. Skor 1-3 untuk Irak bertahan sampai peluit panjang ditiup wasit. (AP Photo/Hussein Sayed)