Deretan Kandidat Pengganti Gareth Southgate di Timnas Inggris

oleh Arny Christika Putri, diperbarui 17 Jul 2024, 11:05 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2024 11:05 WIB
Gareth Southgate
Gareth Southgate resmi mengundurkan diri sebagai pelatih Timnas Inggris menyusul kegagalan mengantarkan The Three Lions menjadi juara Euro 2024. Sejumlah nama disebut-sebut menjadi kandidat pelatih baru Timnas Inggris. Lantas, siapa saja mereka?
Foto 1 dari 8
Gareth Southgate
Timnas Inggris dipastikan tidak memiliki pelatih kepala untuk saat ini. Pasalnya Gareth Southgate memutuskan mundur dari jabatannya pasca Inggris kalah di Final Euro 2024. (AP Photo/Matthias Schrader, File)
Foto 2 dari 8
Jurgen Klopp
Pelatih pertama yang jadi target FA untuk menjadi manajer Timnas Inggris yang baru adalah Jurgen Klopp. Klopp punya pengalaman melatih di Inggris selama hampir sembilan tahun. Kebetulan Klopp juga saat ini sedang menganggur pasca mundur dari pelatih Liverpool. (AP Photo/Jon Super, File)
Foto 3 dari 8
Thomas Tuchel
Kandidat pelatih baru Timnas Inggris berikutnya adalah sosok Thomas Tuchel. Pelatih asal Jerman itu juga punya rekam jejak yang bagus. Ia juga saat ini lagi tidak memiliki klub, sehingga FA dilaporkan berminat untuk mempekerjakannya di musim panas ini. (Michaela STACHE / AFP)
Foto 4 dari 8
Mauricio Pochettino
Mauricio Pochettino juga dilaporkan masuk dalam radar FA sebagai calon pelatih baru Timnas Inggris. Pelatih asal Argentina itu punya pengalaman yang kaya di Inggris. Pochettino saat ini sedang menganggur usai cabut dari Chelsea sehingga ia dikabarkan cukup tertarik untuk mengambil pekerjaan ini. (HENRY NICHOLLS / AFP)
Foto 5 dari 8
Eddie Howe
Calon pelatih Timnas Inggris berikutnya adalah Eddie Howe. Howe sendiri bisa dikatakan salah satu pelatih muda yang naik daun di Inggris. Namun sang pelatih dilaporkan masih berkomitmen untuk menangani The Magpies, sehingga kemungkinan tidak mau mengambil pekerjaan ini. (Adrian DENNIS / AFP)
Foto 6 dari 8
Pep Guardiola
Salah satu target idaman FA untuk menggantikan Gareth Southgate tidak lain adalah Pep Guardiola. Pep sudah dipastikan tidak akan memperpanjang kontraknya di City yang habis di tahun 2025 mendatang. Itulah mengapa FA akan mencoba merayu Pep untuk mau menangani Timnas Inggris. (Oli SCARFF / AFP)
Foto 7 dari 8
Lee Carsley
Salah satu kandidat terkuat untuk menjadi pelatih baru Timnas Inggris adalah Lee Carsley. Di tahun 2023 kemarin, ia berhasil membawa Timnas Inggris U-21 menjuarai kejuaraan Euro U-21. Dengan prestasinya, mantan pemain timnas Irlandia itu dikabarkan jadi salah satu kandidat terkuat untuk pekerjaan ini. (FOTO: instagram.com/1crsy/)
Foto 8 dari 8
Graham Potter
Nama Graham Potter saat ini menjadi kandidat terkuat untuk posisi manajer baru Timnas Inggris. FA dikabarkan terkesan dengan kemampuan sang pelatih. Potter sendiri juga saat ini sedang menganggur, dan ia dikabarkan sangat antusias jika ditawari kesempatan untuk menangani Timnas Inggris. (JUSTIN TALLIS / AFP)