Deretan Pemain Top yang Putuskan Gantung Sepatu Tahun 2024

oleh Arny Christika Putri, diperbarui 14 Agu 2024, 10:05 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2024 10:05 WIB
Pepe
Semua pemain sepak bola pada akhirnya pasti akan mengakhiri karier bermainnya. Pada tahun 2024, tercatat ada banyak pemain ternama yang memutuskan pensiun. Berikut tujuh pemain sepak bola ternama yang umumkan pensiun pada tahun 2024.
Foto 1 dari 7
Pepe
Pepe memiliki karier yang sangat luar biasa. Ia berhasil memenangi tiga gelar Liga Champions bersama Real Madrid, Piala Eropa bersama Portugal, dan sejumlah trofi lainnya selama berkarier lebih dari 20 tahun. Pepe akhirnya gantung sepatu usai membela Portugal di Euro 2024. Mantan pemain Porto tersebut memutuskan pensiun pada usia 41 tahun. (AP Photo/Martin Meissner, File)
Foto 2 dari 7
Thiago Alcantara
Thiago Alcantara belum lama ini mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola. Gelandang berusia 33 tahun itu banyak mengalami masalah cedera selama bermain di Liverpool. Ia sekarang menjadi asisten pelatih Hansi Flick di Barcelona. (Paul ELLIS / AFP)
Foto 3 dari 7
Toni Kroos
Toni Kroos pensiun setelah Jerman menelan kekalahan di perempat final Piala Eropa melawan Spanyol. Kroos memenangkan La Liga dan Liga Champions pada musim terakhirnya di Real Madrid. Akan tetapi, kesuksesan itu tidak menular saat Kroos membela Jerman di Euro 2024. (Kirill KUDRYAVTSEV / AFP)
Foto 4 dari 7
Leonardo Bonucci
Leonardo Bonucci telah memenangkan gelar Serie A selama bermain di Juventus. Mantan kapten timnas Italia itu punya koleksi sembilan scudetto. Pada Mei 2024, Bonucci mengumumkan pensiun dari lapangan hijau. (Odd ANDERSEN / AFP)
Foto 5 dari 7
Ryan Bertrand
Ryan Bertrand memutuskan untuk gantung sepatu pada 2024. Bertrand pensiun di usia 34 tahun setelah setengah tahun menganggur dan tak memiliki klub. Bertrand menjalani 17 tahun kariernya sebagai pemain. Leicester City menjadi klub terakhir yang dibela bek kiri asal Inggris tersebut. (Oli SCARFF / AFP)
Foto 6 dari 7
Joe Hart
Joe Hart adalah legenda Manchester City. Dia mengabdi selama 12 tahun di Etihad Stadium dan membantu The Citizens meraih dua gelar Premier League. Kiper asal Inggris itu baru saja mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola. Hart pensiun setelah tiga tahun bermain di Celtic. (Filippo MONTEFORTE / AFP)
Foto 7 dari 7
Marouane Fellaini
Marouane Fellaini mengumumkan untuk gantung sepatu pada Februari 2024 lalu. Dalam kariernya, Fellaini pernah memperkuat Everton dan Manchester United. Namun, Fellaini menghabiskan sisa kariernya di China bersama Shandong Taishan. (STR / AFP)