PM Jepang Fumio Kishida Umumkan Mundur pada September 2024

oleh Arny Christika Putri, diperbarui 14 Agu 2024, 11:35 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2024 11:35 WIB
PM Jepang Fumio Kishida
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengumumkan bahwa ia tidak akan mencalonkan diri kembali sebagai ketua partainya bulan depan, yang berarti akhir dari jabatan perdana menterinya.
Foto 1 dari 6
PM Jepang Fumio Kishida
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida berbicara selama konferensi pers di kantornya di Tokyo, Rabu (14/8/2024). (Japan Pool/Kyodo News via AP)
Foto 2 dari 6
PM Jepang Fumio Kishida
Fumio Kishida mengumumkan tidak akan mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua sebagai pemimpin Partai Demokrat Liberal (LDP) yang mendominasi parlemen. (Philip Fong/Pool Photo via AP)
Foto 3 dari 6
PM Jepang Fumio Kishida
Dengan keputusannya tersebut, Jepang dipastikan akan segera memiliki perdana menteri baru. (Philip Fong/Pool Photo via AP)
Foto 4 dari 6
PM Jepang Fumio Kishida
Pengumuman ini juga datang seminggu sebelum komite pemilihan internal LDP yang dijadwalkan mengumumkan tanggal pemilihan kepemimpinan partai. (Philip FONG / POOL / AFP)
Foto 5 dari 6
PM Jepang Fumio Kishida
Kishida sendiri mengaku pengunduran dirinya merupakan bentuk pertanggungjawabannya atas dukungan publik yang terus menurun. (Philip FONG / POOL / AFP)
Foto 6 dari 6
PM Jepang Fumio Kishida
Kishida memerintah Jepang selama tiga tahun. Dia menjadi PM Jepang kedelapan terlama yang berkuasa di Negeri Sakura pada era pascaperang. (Philip FONG / POOL / AFP)