Media Sosial X Punya Elon Musk Diblokir di Brasil

oleh Arny Christika Putri, diperbarui 03 Sep 2024, 08:05 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2024 08:05 WIB
Brasil Memblokir Platform X
Sebuah panel Mahkamah Agung Brasil pada hari Senin dengan suara bulat mendukung keputusan salah satu hakim untuk memblokir platform media sosial milik miliarder Elon Musk, X, di seluruh negeri, menurut situs web pengadilan.
Foto 1 dari 7
Brasil Memblokir Platform X
Ana Claudia, seorang penjual di toko casing ponsel yang terletak di dalam terminal bus, menunjukkan postingan X terakhir yang dia terima sebelum platform media sosial tersebut diblokir secara nasional di Brasilia, Brasil, Senin (2/9/2024). (AP Photo/Eraldo Peres)
Foto 2 dari 7
Brasil Memblokir Platform X
Brasil secara resmi memulai proses pemblokiran terhadap platform media sosial X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter. (AP Photo/Silvia Izquierdo)
Foto 3 dari 7
Brasil Memblokir Platform X
Sebelumnya, hakim Mahkamah Agung Brasil memerintahkan untuk menangguhkan layanan platform X di Brasil. (AP Photo/Eraldo Peres)
Foto 4 dari 7
Brasil Memblokir Platform X
Hal ini karena ada tuduhan platform milik miliarder Elon Musk itu berulang kali mengabaikan perintah dan peraturan di Brasil. (AP Photo/Eraldo Peres)
Foto 5 dari 7
Brasil Memblokir Platform X
Pengadilan menekankan, platform tersebut telah menjadi saluran bagi ujaran kebencian dan rasis serta telah mengganggu proses demokrasi negara tersebut. (MAURO PIMENTEL / AFP)
Foto 6 dari 7
Brasil Memblokir Platform X
Platform media sosial populer tersebut gagal memenuhi tenggat waktu yang ditetapkan pengadilan untuk menunjuk perwakilan hukum di Brasil sebagaimana diwajibkan oleh hukum setempat. (MAURO PIMENTEL / AFP)
Foto 7 dari 7
Brasil Memblokir Platform X
Pemerintah Brasil sebelumnya telah memanggil Elon Musk karena menolak menghapus unggahan dan profil yang menyebarkan disinformasi dan konten kebencian di platform X. (MAURO PIMENTEL / AFP)