Pasca Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Pemerintah Akhirnya Pindahkan Terminal BBM Ini

Akibat insiden Kebakaran Depo Pertamina Plumpang atau TBBM Plumpang pada 4 Maret 2023 tersebut menimbulkan banyak korban jiwa dan luka.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 06 Mar 2023, 18:04 WIB
Diterbitkan 06 Mar 2023, 18:01 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir langsung mengecek kondisi di Depo Pertamina Plumpang si Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023).
Menteri BUMN Erick Thohir langsung mengecek kondisi di Depo Pertamina Plumpang yang terbakar di Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023).
Liputan6.com, Jakarta
 
Pemerintah akhirnya memutuskan akan memindahkan atau merelokasi TBBM Plumpang ke lokasi lain. Pemindahan pasca Kebakaran Depo Pertamina Plumpang yang terjadi di akhir pekan lalu.
 
Ini diungkapkan Menteri BUMN Erick Thohir  saat memimpin rapat khusus tindak lanjut penanganan pasca insiden kebakaran di TBBM Plumpang yang dilaksanakan di Jakarta, Senin (6/3/2023).
 
Erick menekankan perlunya rencana untuk mencegah insiden serupa terjadi kembali di masa mendatang.
 
Beberapa opsi tindakan yang perlu segera disiapkan antara lain adalah rencana pemindahan kawasan TBBM Plumpang sekaligus menetapkan Buffer Zone atau zona aman di sekitar TBBM.
 
Erick pun menekankan bahwa tindakan yang akan dilakukan terhadap TBBM Plumpang diharapkan akan menjadi percontohan bagi fasilitas vital nasional, termasuk TBBM lain, dan kilang-kilang Pertamina di tempat lain. 
 
"Ini akan menjadi proyek percontohan pertama, sebelum kita terapkan di kilang-kilang lain, bahkan termasuk juga pabrik pupuk dan smelter," ujar Erick. 
 
Seperti diketahui bahwa akibat insiden yang terjadi di TBBM Plumpang pada 4 Maret 2023 tersebut telah menimbulkan banyak korban jiwa dan luka. Bahkan warga di dua rukun warga pun harus kehilangan rumahnya yang hangus terbakar. 
 
Dia pun memberikan apresiasi kepada PT Pertamina (Persero) dan juga PT Pertamina Patra Niaga yang bergerak cepat menangani dampak kebakaran yang melanda kawasan Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang.
 
Gerak cepat tersebut penting demi menekan dampak yang lebih parah lagi, termasuk dalam menangani korban dan para pengungsi Kebakaran Depo Plumpang.
 

Erick Thohir Mau Benahi Zona Penyangga Obvitnas

Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Erick Thohir Hingga Kapolri meninjau lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendatangi langsung lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023). Sambil didampingi jajarannya, Listyo, Agus dan Fadil tampak berjalan kaki menuju lokasi kejadian. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut ada potensi kejadian lebih besar dari kebakaran di Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara. Maka diperlukan satu upaya untuk menata ulang kawasan.

Erick mengantongi sejumlah BUMN yang memiliki wilayah bisnis di obyek vital nasional (Obvitnas) diantaranya, Pertamina, Pupuk Indonesia, Mind ID, hingga PLN.

Bahkan obvitnas milik Pupuk Indonesia disebut punya risiko dampak yang lebih besar ketimbang kejadian di Depo Pertamina Plumpang, maka penataan kawasan jadi hal penting.

"Saya rasa, sama, konsekuensinya kan kalau sampai terjadi hal-hal ang tidak diinginkan, ini kan membahayakan warga sekitarnya. Pupuk (Pupuk Indonesia) itu lebih bahaya lagi, Pupuk itu ada gas ada amonia, kalau terjadi suatu yang tidak diinginkan, itu ledakannya seperti bom. jadi zonanya itu lebih bahaya lagi," ujarnya di RS Pusat Pertamina, Jakarta, Sabtu (4/3/2023).

Sebelumnya, mengenai penataan ulang zona penyangga (buffer zone) di obvitnas, Erick Thohir meminta perlu adanya kerja sama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Pada konteks di Jakarta, pihaknya perlu menggandeng Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

"Kalau kita lihat kondisi obvitnas ini hari ini rata-rata buffer zone nya, atau jaraknya itu sangat amat tipis 75 persen kita laut 25 persen darat," kata dia.

"Kalau kita lihat buffer zone Pertamina di tahun 1971, sampai 1987, itu sangat aman tapi setelah reformasi 98 memang kalau kita lihat banyaknya kehilangan lahan, ya ini konteksnya bukan cuma Plumpang, ya di obyek vital nasional," tambah dia.

 

 

 


Arahan Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir langsung mengecek kondisi di Depo Pertamina Plumpang si Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023).
Menteri BUMN Erick Thohir langsung mengecek kondisi di Depo Pertamina Plumpang si Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023).

Mengenai penataan bufferzone ini, menurut Erick sudah jadi rencana dari 2 tahun lalu. Dia menginstruksikannya ke Pertamina, Mind ID, PLN, dan Pupuk Indonesia. Tujuannya, agar zona penyangga untuk keamanan lingkungan sekitar bisa kembali pada batas aman seperti dulu.

"Kalau tidak mungkin, ya kita relokasi seperti yang dorong waktu itu 2 tahun lalu untuk meminsahkan plumpang ke Plindo. Satu dan lain hal akan cek ulang. Tapi tak mungkin konteks zonasi kita kerja sendiri perlu dukungan pemda," ujarnya.

"Ini saya rasa pak Presiden ingin mastikan beberapa hari kedepan ini bisa terjadi kesepakatan atau rencana jangka menengah atau panjang," tegas Erick Thohir.

Penanganan Korban

Menteri BUMN Erick Thohir menjenguk sejumlah korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara di Rumah Sakit Pusat Pertamina. Erick menegaskan penanganan korban jadi hal prioritasnya.

Dia menyebut, sejak awal kejadian kebakaran, Pertamina sudah hadir untuk memberikan sejumlah bantuan. Salah satunya, menyediakan ruang perawatan dan ICU di RSPP.

"Saya langsung ke RSPP karena tadi mendapat info ada lagi korban meninggal, sekaligus ingin memastikan semua korban yang dirawat mendapat pelayanan maksimal. Karena dalam situasi seperti ini, korban harus mendapat perhatian utama, dan saya lihat Pertamina hadir untuk itu," ujar Erick Thohir di RSPP, Sabtu (4/3/2023).

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya