Kolombia Tumbang di Laga Terakhir Fase Grup Copa America 2016

Memulai laga kontra Kosta Rika, Kolombia kebobolan dua menit selepas kickoff

oleh Rejdo Prahananda diperbarui 12 Jun 2016, 10:55 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2016, 10:55 WIB
Kolombia Vs Kosta Rika
Kolombia Vs Kosta Rika (Troy Taormina-USA TODAY Sports)

Liputan6.com, Texas - Kolombia menembus perempat final Copa America Cantenario 2016. Kekalahan 2-3 dari Kosta Rika pada Minggu (12/6/2016) pada duel di NRG Stadium, Texas tidak menghalangi jalan Kolombia untuk menembus fase knock-out.

Kolombia sendiri tampak menyerahkan kemenangan kepada Kosta Rika. Pasalnya, Kolombia sudah memastikan diri melangkah ke babak perempat final sebelum duel berlangsung. Pertandingan ini sudah tidak menentukan untuk kedua kubu. Kolombia melangkah ke partai perempat final dengan status runner up grup A. Kolombia mendampingi tuan rumah Amerika Serikat.

 

Baca Juga

  • Hodgson: Inggris Remehkan Rusia
  • 6 Fans Irlandia Utara Luka-luka Setelah Terlibat Bentrok di Nice
  • Dimitri Payet, dari Pelayan Toko Menjadi Pujaan Prancis

 

Sebelum duel kontra Kosta Rika, Kolombia mengemas 6 poin, hasil dari dua kali kemenangan ketika menghadapi Paraguay dan Amerika Serikat. AS berhak menempati peringkat lebih baik karena unggul produktivitas gol. AS sendiri tampil sebagai juara grup setelah di pertandingan lainnya, mengalahkan Paraguay dengan skor tipis 1-0.

Memulai laga kontra Kosta Rika, James Rodriguez dkk. kebobolan dua menit selepas kickoff. Gol Kosta Rika dicetak Johan Vanegas. Memimpin satu gol membuat Kosta Rika tampil di atas angin. Namun, Kosta Rika berhasil membalas gol Vanegas pada menit ke-7. Skor 1-1 membuat pertandingan kembali berjalan seimbang.

Sayang, Frank Fabra melakukan kesalahan fatal mencetak gol bunuh diri di menit 34. Skor 2-1 untuk keunggulan Kosta Rika bertahan hingga turun minum. Memasuki babak kedua, Kosta Rika kembali di atas angin. Tim kejutan di Piala Dunia 2014 itu kembali menambah pundi-pundi gol melalui Carlos Borges di menit 58. Kosta Rika memimpin dengan skor 3-1.

Selanjutnya, Kolombia lebih berani tampil menyerang untuk memperkecil kedudukan. Hasilnya, Kolombia mampu mencetak gol tambahan untuk mengubah skor menjadi 2-3 melalui gol Marlos Moreno di menit 73. Itu menjadi gol terakhir dalam pertandingan ini.

Kolombia menjadi tim kedua yang lolos ke perempat final menyusul tuan rumah Amerika Serikat. Brasil menjadi calon lawan potensial Kolombia. Pasalnya, Brasil kini memuncaki klasemen grup B Copa America Cantenario.

Susunan Pemain

Kolombia: Robinson Zapata, Fernando Mina, Felipe Aguilar, (Juan Cuadrado), Frank Fabra, John Medina, Carlos Sanchez, Sebastian Perez (James Rodriguez), Guillermo Cellis, Roger Martínez, Marlos Moreno, Dayro Moreno, Edwin Cardona

Kosta Rika: Patrick Pemberton, Johnny Acosta, Francisco Calvo, Kendall Waston, Ronald Matarrita, Jose Salvatierra (Bryan Oviedo), Randall Azofeifa, Celso Borges (Yeltsin Tejeda), Bryan Ruiz (Joel Campbell), Christian Bolanas, Johan Venegas

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya