Bagian Bunga yang Merupakan Sel Kelamin Jantan adalah Serbuk Sari dari Benang Sari

Benang sari akan menghasilkan sel kelamin jantan berupa serbuk sari dan letaknya pada bunga, ada di sekitar putik.

oleh Laudia Tysara diperbarui 23 Des 2022, 11:40 WIB
Diterbitkan 23 Des 2022, 11:40 WIB
Bunga anggrek
Ilustrasi Tanaman Anggrek Credit: unsplash.com/Yeimy

Liputan6.com, Jakarta - Apa bagian bunga yang merupakan sel kelamin jantan? Bunga memiliki dua sel alat kelamin, yakni sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Bagian bunga yang merupakan sel kelamin jantan adalah benang sari dengan tiga struktur bagian.

Dalam buku berjudul IPA Terpadu SMP dan MTs Jilid 3A untuk Kelas IX Semester 1 (2007) oleh Mikrajuddin, dkk, bagian bunga yang merupakan sel kelamin jantan adalah terdiri dari tangkai sari (fillamentum) dan kepala sari (anthera) dengan dua atau lebih kotak sari.

Bagian bunga yang merupakan sel kelamin jantan adalah benang sari. Nantinya, benang sari akan menghasilkan sel kelamin jantan berupa serbuk sari dan letaknya pada bunga, ada di sekitar putik atau mengelilingi putik. Putik adalah alat kelamin betina pada bunga.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang bagian bunga yang merupakan sel kelamin jantan adalah serbuk sari dari benang sari, Jumat (23/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bagian Bunga yang Merupakan Sel Kelamin Jantan adalah Serbuk Sari dari Benang Sari

Masker Sekali Pakai Ramah Lingkungan, Berubah Jadi Bunga Saat Ditanam di Tanah
Ilustrasi bunga matahari. (dok. Jordan Cormack/Unsplash)

Nama latin dari sel kelamin jantan pada bunga adalah androecium. Istilah latin ini berasal dari bahasa Yunani andros oikia yang artinya rumah pria.

Dalam buku berjudul IPA Terpadu SMP dan MTs Jilid 3A untuk Kelas IX Semester 1 (2007) oleh Mikrajuddin, dkk, Bagian bunga yang merupakan sel kelamin jantan adalah terdiri dari tangkai sari (fillamentum) dan kepala sari (anthera) dengan dua atau lebih kotak sari.

Dijelaskan, di dalam kotak sari dari bagian bunga yang merupakan sel kelamin jantan adalah terdapat serbuk sari (pollen). Setiap serbuk sari berisi inti sperma (sel kelamin jantan).

Fungsi utama dari bagian bunga yang merupakan sel kelamin jantan adalah menyempurnakan proses reproduksi tumbuhan.

Dalam buku berjudul Mengenal Bagian-bagian Tumbuhan (2006) oleh Saktiyono, bagian bunga yang merupakan sel kelamin jantan adalah benang sari yang berfungsi sebagai organ perkembangbiakan (alat kelamin) jantan pada tumbuhan sehingga benang sari menghasilkan sel kelamin jantan.

Letak benang sari sebagai bagian bunga yang merupakan sel kelamin jantan adalah umumnya mengelilingi putik (sel kelamin betina). Ini penjelasan lengkap dari ketiga fungsi bagian bunga yang merupakan sel kelamin jantan adalah sebagai berikut:

1. Tangkai Sari

Fungsi tangkai sari sebagai bagian bunga yang merupakan sel kelamin jantan adalah membuat posisi kepala sari berada cukup tinggi dari mahkota bunga. Tangkai sari bentuknya mirip benang dengan penampang melintang dan berbentuk bulat.

2. Kepala Sari

Fungsi kepala sari (anter) sebagai bagian bunga yang merupakan sel kelamin jantan adalah tempat penyimpanan serbuk sari. Posisi dari kepala sari berada di atas tangkai sari. Bagian kepala sari di dalamnya mempunyai dua ruang sari. Lalu, di dalam ruang sari tersebut terdapat serbuk sari.

Universitas Krinadwipayana (UNKRIS) menjelaskan kepala sari umumnya memiliki empat kotak sari yang dinamakan mikrosporangia. Perkembangan dari mikrosporangia dan spola hamploid yang ada di dalam kepala sari (serbuk sari), mirip dengan mikrosporangia pada tumbuhan gimnosperma (pinus dan lumut).

Serbuk sari akan ditinggalkan di kepala sari, lalu jatuh atau terbawa oleh kaki eksternal (angin, cairan, hewan, dan manusia) menuju putik bunga yang sama atau bunga yang berbeda sehingga bisa terjadi penyerbukan.

3. Penghubung Ruang Sari

Fungsi ruang sari sebagai bagian bunga yang merupakan sel kelamin jantan adalah penghubung antara kedua bagian kepala sari yang berada di bagian kanan dan bagian kiri.


Bagian Bunga yang Merupakan Sel Kelamin Betina adalah Putik

Pertunjukan Bunga di Chelsea Flower Show
Tampilan tanaman dahlia digambarkan selama RHS Chelsea Flower Show 2021 di London pada Senin (20/9/2021). Pertunjukan bunga Chelsea sempat ditunda dari tanggal musim semi biasanya karena pembatasan penguncian di tengah penyebaran pandemi COVID-19. (JUSTIN TALLIS/AFP)

Apa bagian bunga yang merupakan sel kelamin betina? Bagian bunga yang merupakan sel kelamin betina adalah putik. Nama latin dari bagian bunga yang merupakan sel kelamin betina adalah pistilum.

Putik sebagai bagian bunga yang merupakan sel kelamin betina adalah berada di bagian paling dalam. Fungsi dari bagian bunga yang merupakan sel kelamin betina adalah menyempurnakan proses reproduksi tumbuhan.

Nantinya akan terjadi pertemuan antara serbuk sari dan putik yang disebut sebagai penyerbukan. Dalam buku berjudul Sains: Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan oleh Tim Biologi, penyerbukan adalah proses jatuhnya serbuk sari yang dihasilkan alat kelamin jantan pada bunga, ke kepala putik yang mengandung sel kelamin betina.

Proses penyerbukan, akan melibatkan benang sari dan kepala putik yang disebut sebagai perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif atau aseksual. Proses penyerbukan ini bisa dilakukan tanpa bantuan manusia (alamiah) dan dengan bantuan manusia (buatan).      

Dalam buku berjudul Buku Pendalaman Materi (BUPERI) Ilmu Pengetahuan Alam: SMP/MTS Kelas VIII (2020) oleh Dewi Nur Halimah, dijelaskan bagian bunga yang merupakan sel kelamin betina adalah putik yang tersusun dari beberapa daun dan telah mengalami metamorfosis.

Dijelaskan, keseluruhan daun-daun buah penyusun putik sebagai bagian bunga yang merupakan sel kelamin betina adalah dinamakan gynaecium. Pada salah satu bagian alat kelamin betina pada bunga ini mengandung sel telur.

Lokasi putik adalah berada di tengah bunga. Ada tiga bagian putik yang perlu diketahui. Bagian bunga yang merupakan sel kelamin betina adalah terdiri dari kepala, tangkai (ovulum), bakal buah (ovarium), dan sel telur (ovum).

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya