Penyebab Hamil di Luar Kandungan, Faktor Risiko dan Gejalanya

Hamil di luar kandungan perlu diwaspadai setiap wanita.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 29 Jun 2023, 06:50 WIB
Diterbitkan 29 Jun 2023, 06:50 WIB
Kehamilan
Ilustrasi Kehamilan Credit: pexels.com/Garon

Liputan6.com, Jakarta Penyebab hamil di luar kandungan perlu diwaspadai setiap wanita. Hamil di luar kandungan disebut juga sebagai kehamilan ektopik. Jika kehamilan normal, janin tumbuh di dalam rahim, pada kehamilan ektopik, janin akan tumbuh di luar rahim.

Penyebab hamil di luar kandungan harus segera ditangani agar tidak menimbulkan komplikasi yang lebih serius. Penyebab hamil di luar kandungan bisa berakibat fatal bagi ibu.

Penyebab hamil di luar kandungan bisa terjadi pada siapa saja. Penting untuk mewaspadai penyebab hamil di luar kandungan sedini mungkin. Penyebab hamil di luar kandungan juga bisa dipicu oleh beberapa faktor.

Berikut penyebab hamil di luar kandungan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(15/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal hamil di luar kandungan

Risiko Keguguran Lebih Tinggi
Ilustrasi Hamil Credit: unsplash.com/Ellyas

Hamil di luar kandungan disebut juga sebagai kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik terjadi ketika seorang wanita hamil, tetapi sel telur mengendap di luar lokasi normalnya di lapisan dalam rahim. Dalam kasus kehamilan ektopik, sel telur yang telah dibuahi tidak menempel pada rahim. Sebaliknya, mungkin menempel pada tuba falopi, rongga perut, atau leher rahim.

Kehamilan ektopik melibatkan pertumbuhan embrio di luar rahim selama kehamilan. Sebagian besar kehamilan ektopik terjadi di saluran tuba. Pilihan pengobatan penyebab hamil di luar kandungan termasuk operasi laparoskopi dan terapi obat methotrexane.


Penyebab hamil di luar kandungan

Fakta dan Mitos Perut Ibu Hamil
Ilustrasi Kehamilan Credit: pexels.com/Caterina

Penyebab kehamilan ektopik tidak selalu jelas. Pada kehamilan normal, pembuahan terjadi di saluran tuba, di mana sel telur, atau ovum, bertemu dengan sel sperma. Telur yang telah dibuahi kemudian bergerak ke dalam rahim dan ditanamkan di lapisan rahim. Embrio berkembang menjadi janin dan tetap berada di dalam rahim sampai lahir.

Pada kehamilan ektopik, pembuahan terjadi di luar rahim. Sebagian besar kehamilan ektopik terjadi di tuba falopi, tetapi bisa juga terjadi di leher rahim, di ovarium, atau di rongga perut. Embrio tidak dapat bertahan dari kehamilan ektopik.

Kehamilan ektopik bisa berakibat fatal tanpa pengobatan segera. Misalnya, tuba falopi dapat pecah, menyebabkan pendarahan perut bagian dalam, syok, dan kehilangan darah yang serius. Ketidakseimbangan hormon atau perkembangan abnormal sel telur yang dibuah juga bisa menjadi penyebab hamil di luar kandungan.

Kehamilan ektopik sering disebabkan oleh kerusakan pada saluran tuba. Telur yang dibuahi mungkin mengalami kesulitan melewati tabung yang rusak, menyebabkan telur tertanam dan tumbuh di dalam tuba.


Faktor risiko penyebab hamil di luar kandungan

Fakta dan Mitos Mengidam
Ilustrasi Kehamilan Credit: pexels.com/Tina

Semua wanita yang aktif secara seksual berisiko mengalami kehamilan ektopik. Namun, risiko bisa meningkat karena faktor berikut:

- usia ibu 35 tahun atau lebih

- riwayat operasi panggul, operasi perut, atau beberapa aborsi

- riwayat penyakit radang panggul

- riwayat endometriosis

- kehamilan saat menggunakan alat kontrasepsi (IUD)

- konsepsi dibantu oleh obat atau prosedur kesuburan

- merokok

- riwayat kehamilan ektopik

- riwayat penyakit menular seksual (PMS) , seperti gonore atau klamidia

- memiliki kelainan struktural pada saluran tuba yang membuat telur sulit untuk melakukan perjalanan

 


Gejala hamil di luar kandungan

Tidur Terlentang
Ilustrasi Kehamilan Credit: pexels.com/Sherly

Pada awalnya, kehamilan ektopik tampak mirip dengan kehamilan normal. Seorang wanita akan memiliki tes kehamilan positif. Wanita yang hamil ektopik juga akan merasakan gejala-gejala kehamilan biasa. Pada awal kehamilan, mungkin tidak ada gejala yang mencurigakan. Namun, setelah 4 hingga 10 minggu kehamilan ektopik, gejala akan mulai menunjukkan kehamilan abnormal.

Gejala mungkin termasuk:

Nyeri di satu sisi perut

Ini mungkin parah dan terus menerus.

Pendarahan vagina

Darah akan lebih terang atau lebih gelap daripada selama perdarahan menstruasi, dan biasanya kurang kental. Jika seorang wanita tidak tahu bahwa dia hamil, dia mungkin mengacaukan pendarahan vagina dengan darah menstruasi.

Nyeri ujung bahu

Ini adalah tanda umum dari pendarahan internal. Pendarahan dapat mengiritasi saraf frenikus, dan ini menyebabkan rasa sakit di bahu.

Nyeri saat buang air kecil atau besar

Ini juga dapat mengindikasikan kehamilan ektopik.

Pingsan atau kolaps

Jika tuba falopi pecah, ini dapat menyebabkan wanita pingsan dan kolaps. Ini akan dianggap sebagai keadaan darurat medis.

Jika sel telur yang telah dibuahi terus tumbuh di tuba falopi, ini dapat menyebabkan tuba pecah. Pendarahan hebat di dalam perut mungkin terjadi. Gejala dari peristiwa yang mengancam jiwa ini termasuk kepala sangat ringan, pingsan, dan syok.


Komplikasi akibat kehamilan di luar rahim

Ibu Hamil
Ilustrasi Ibu Hamil Credit: pexels.com/Flyn

Komplikasi kehamilan ektopik lebih mungkin terjadi jika diagnosis atau pengobatan tertunda. Berikut komplikasi yang bisa terjadi akibat kehamilan di luar kandungan:

Pendarahan internal

Wanita yang mengalami kehamilan ektopik dan tidak menerima diagnosis atau pengobatan yang tepat waktu lebih mungkin mengalami pendarahan internal yang parah. Hal ini dapat menyebabkan shock dan efek yang serius.

Kerusakan pada saluran tuba

erawatan yang tertunda juga dapat menyebabkan kerusakan pada saluran tuba, yang secara signifikan meningkatkan risiko kehamilan ektopik di masa depan.

Depresi

Ini bisa terjadi akibat berduka atas kehilangan kehamilan dan mengkhawatirkan kehamilan di masa depan. Kehilangan kehamilan, tidak peduli seberapa dini, bisa sangat menghancurkan.

 

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya