7 Doa Kristiani untuk Orang Sakit Beserta Kutipan Ayat Alkitab, Penuh Syukur

Doa Kristiani untuk orang sakit didasarkan pada pengajaran dan teladan Yesus Kristus dalam Perjanjian Baru.

oleh Silvia Estefina Subitmele diperbarui 04 Jul 2023, 17:35 WIB
Diterbitkan 04 Jul 2023, 17:35 WIB
Ilustrasi berdoa, kristiani
Ilustrasi berdoa, kristiani. (Image by jcomp on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Doa Kristiani untuk orang sakit adalah sebuah bentuk doa, yang dilakukan oleh orang Kristen untuk memohon kesembuhan, pemulihan, dan kekuatan bagi seseorang yang sedang menghadapi penyakit atau kesakitan. Doa ini didasarkan pada keyakinan bahwa Allah adalah Sang Penyembuh, yang memiliki kuasa untuk menyembuhkan tubuh, hati, dan menyembuhkan roh.

Dalam doa Kristiani untuk orang sakit, umat menghadapkan permohonan mereka kepada Tuhan, mengakui keterbatasan manusia, dan bergantung sepenuhnya pada kasih dan kuasa Allah. Doa ini juga dapat mencakup permohonan bagi para dokter, dan tenaga medis yang merawat orang yang sakit agar mereka diberikan kebijaksanaan, dan kekuatan dalam memberikan perawatan.

Tujuan utama dari doa Kristiani untuk orang sakit adalah untuk meminta pertolongan dan penyembuhan dari Allah, tetapi juga untuk menyerahkan segala kekhawatiran, ketakutan, dan keputusasaan kepada-Nya. Doa ini juga menjadi sarana bagi umat Kristen, untuk mengungkapkan rasa syukur, memperkuat iman, dan mencari penghiburan dalam iman mereka.

Berikut ini  dooa Kristiani untuk orang sakit dan ayat alkitab yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (4/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ayat untuk Orang Sakit dalam Alkitab

Ilustrasi kristiani, membaca Alkitab, berdoa
Ilustrasi kristiani, membaca Alkitab, berdoa. (Photo by Ben White on Unsplash)

Beragam pesan Tuhan akan membuat hati lebih tenang, penuh keyakinan untuk sembuh, serta mempertebal keimanan. Dan beberapa ayat Alkitab ini, bisa dijadikan pegangan serta pedoman bagi orang Kristen.

1. "Apakah ada di antara kamu yang sakit? Biarlah mereka memanggil para penatua gereja untuk mendoakan mereka dan mengurapi mereka dengan minyak dalam nama Tuhan." (Yakobus 5:14)

2. "Jadi jangan takut, karena Aku bersamamu; jangan cemas, karena Akulah Allahmu. Aku akan menguatkanmu dan membantumu; aku akan menopangmu dengan tangan kananku yang adil." (Yesaya 41:10)

3. "Tuhan memberikan penglihatan kepada orang buta, Tuhan menegakkan orang yang tertunduk, Tuhan mengasihi orang benar." (Mazmur 146:8)

4. "Hidup itu telah dinyatakan, dan kami telah melihatnya dan sekarang kami bersaksi dan memberitakan kepada kamu tentang hidup kekal, yang ada bersama-sama dengan Bapa dan yang telah dinyatakan kepada kami." (Yohanes 1:2)

5. "Dia akan menghapus setiap air mata dari mata mereka. Tidak akan ada lagi kematian atau duka atau tangisan atau rasa sakit, karena tatanan lama telah berlalu." (Wahyu 21:4)

6. "Sembuhkan aku, Tuhan, dan aku akan sembuh; selamatkan aku dan aku akan diselamatkan, karena Engkaulah yang kupuji." (Yeremia 17:14)

7. "Sebab Aku akan mendatangkan kesembuhan bagimu, Aku akan mengobati luka-lukamu, demikianlah firman TUHAN, sebab mereka telah menyebutkan engkau: orang buangan, yakni sisa yang tiada seorang pun menanyakannya." (Yeremia 30:17)


1. Doa Mohon Mukjizat Kesembuhan

Ilustrasi berdoa, bersyukur, kristiani
Ilustrasi berdoa, bersyukur, kristiani. (Image by jcomp on Freepik)

"Bapa, ada banyak hal yang telah kami lalui bersama (sebut nama), mulai dari suka, duka, hingga hal-hal yang mengejutkan. Semuanya atas berkat penyertaan-Mu mempertemukan kami dengannya.

Kami sangat menyayanginya, sudah menganggap seperti keluarga kami sendiri. Setiap saat, (sebut nama) selalu mengingatkan kami akan Engkau. Dia sungguh berhati baik dan ceria.

Namun kali ini, dia mendapat pencobaan, sakit yang begitu parah. Wajah pucatnya membuat kami khawatir. Kami mohon mukjizat dari-Mu, hilangkan penyakitnya dan bawalah pada kesembuhan. Kami yakin Engkau mampu. Haleluya, Amin".

2. Doa Minta Kesembuhan 

"Bapa yang agung, terimakasih banyak telah memberikan kedua orangtua yang sangat baik dan penyayang seperti mereka. Termakasih telah membuat mereka bahagia selama ini.

Kami, sebagai anaknya saat ini tengah merasa bersedih, kedua orangtua kami tengah terbaring sakit, tidak berdaya, tak memiliki daya dan kekuatan apapun untuk melakukan sesuatu.

Penderitaan mereka pasti sungguh besar. Tuhan, biarlah Engkau angkat seluruh derita yang mereka alami, buangkanlah gelap dan bawalah terang ke dalam kehidupan mereka. Kepada-Mu, Tuhan yang memiliki kuasa. Amin".

3. Doa Agar Cepat Sembuh

"Ya Bapa Sorgawi, terima kasih atas segala penyertaan yang Engkau berikan sehingga kami dapat berkumpul bersama di tempat dan waktu ini untuk berdoa kepada-Mu. Terima kasih pula telah memberikan berkat berupa kesehatan yang tak ternilai harganya.

Kami sadar bahwa kesehatan merupakan pemberian dari Engkau yang begitu nikmat. Maka dari itu saat ini kami merasa benar-benar sedih melihat saudara/teman kami yang bernama (sebut nama) sedang terbaring menahan rasa sakit yang luar biasa. Dia adalah orang yang baik, selalu mengingatkan kami akan Engkau, selalu mengajak untuk pergi beribadah di hari minggu, selalu menegur ketika kami melakukan kesalahan, selalu ada di saat kami membutuhkan. Untuk itu, kami selalu berharap yang terbaik untuk-Nya.

Termasuk dengan segala kerendahan hati, kami mohon supaya dia diberi kekuatan untuk melewati penyakit ini. Kami yakin Engkau selalu memberi hikmah dibalik pencobaan yang diberikan, maka dari itu kami berharap agar dia selalu mengambil sisi positif dari setiap kejadian yang dialami. Jadikan apa yang dialaminya sekarang agar dia mampu lebih paham akan makna kehidupan. Terakhir, dengan sikap merendah kepada-Mu, kami mohon agar saudara/teman kami dapat segera sembuh, diangkat penyakitnya, dan dapat kembali ceria seperti sedia kala.

Kami yakin Engkau mampu, kami yakin bahwa hari itu akan datang di mana saudara/teman kami kembali membuka mata, bangun dari tempat tidurnya serta kembali bercengkerama dengan kami. Kami yakin Engkau adalah Tuhan yang baik, yang mengabulkan setiap permintaan orang yang tulus. Amin."


4. Doa untuk Kesehatan Fisik

20160218- Hari Terakhir Warga Kristiani Ibadah di Gereja Bethel Kalijodo-Jakarta-GMS
Sejumlah warga berdoa di Gereja Bethel Indonesia Kalijodo, Jakarta, Minggu (28/2/2016). Pemprov DKI Jakarta memberi kesempatan kepada warga Kristiani untuk beribadah sebelum penggusuran yang jatuh pada 29 Februari. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

"Ya Tuhan, kami datang kepada-Mu dengan hati yang rendah dan penuh harapan, memohon kesembuhan bagi [nama orang sakit]. Kami tahu bahwa Engkau adalah Sang Penyembuh yang mahakuasa. Kiranya Engkau memulihkan tubuhnya, mengurangi rasa sakitnya, dan mengembalikan kesehatan yang sempurna. Serta berikanlah hikmat kepada para dokter dan tenaga medis yang merawatnya. Kami percaya bahwa Engkau adalah sumber hidup dan kesembuhan. Terima kasih atas kasih karunia-Mu. Dalam nama Yesus kami berdoa, Amin."

5. Doa untuk Kesehatan Mental dan Emosional

"Ya Allah, kami memohon kasih karunia-Mu bagi [nama orang sakit] yang menghadapi kesakitan mental dan emosional. Kami tahu bahwa Engkau adalah Allah yang menghibur yang selalu hadir di tengah-tengah penderitaan kita. Tolong kuatkanlah dia dalam saat-saat yang sulit ini. Berikanlah ketenangan, damai, dan kekuatan bagi jiwa dan pikirannya. Berikan juga penolong yang bijaksana dalam hidupnya. Dalam nama Kristus kami berdoa, Amin."

6. Doa untuk Kesehatan Rohani

"Tuhan yang penuh kasih, kami berdoa bagi [nama orang sakit] yang berjuang dalam imannya selama masa penyakit ini. Kami memohon kehadiran-Mu yang nyata dan penghiburan Roh Kudus-Mu yang menyegarkan. Bantu dia untuk memperkuat imannya, menguatkan hubungan dengan-Mu, dan menemukan pengharapan yang teguh dalam kasih-Mu. Ya Tuhan, semoga kesembuhan fisiknya juga menjadi pengalaman yang memperkuat imannya dalam Engkau. Dalam nama Yesus kami berdoa, Amin."

7. Doa Kristen untuk Orang Sakit Kritis

"Ya Bapa sorgawi yang Maha Pengasih, kami sangat prihatin karena anggota keluarga kami tengah sakit. Dalam keprihatikan ini kami ingat akan Yess, yang Kau beri kuasa untuk menyembuhkan orang-orang yang sakit. Karena percaya akan kuasa-Mu, maka kami serahkan segala kesembuhannya kepada kebijaksanaan-Mu.

Dengan penuh iman dan harapan, kami memohon kepada-Mu kuatkanlah dia dalam deritanya yang kritis dan parah, dampingi dia dalam kesendiriannya dan hiburlah dia dalam rasa sakitnya. Teguhkanlah dia dalam iman dan harapan untuk segera bisa lekas sembuh secepatnya.

Sudilah Engkau menyembuhkan dia dari penyakit yagn diderita. Semoga dalan menanggung sakit ini dia ingat akan Yesus yang menderita sangat berat dan amat hebat demi menyelamatkan semua orang, termasuk keselamatannya. Melalui perantara Tuhan Yesus kami panjatkan doa. Amin."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya