Mamalia Adalah Hewan yang Menyusui, Kenali Ciri-Ciri, Jenis, dan Contohnya

Mamalia adalah kategori untuk hewan yang menyusui.

oleh Husnul Abdi diperbarui 29 Jul 2023, 16:00 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2023, 16:00 WIB
ilustrasi kucing gemuk
Ilustrasi/Copyright unsplash/Michael Sum

Liputan6.com, Jakarta Mamalia adalah binatang vertebrata yang memiliki kelenjar susu. Secara umum, hewan dibagi menjadi dua jenis, yaitu vertebrata dan invertebrata. Vertebrata merupakan hewan dengan tulang belakang, sementara invertebrata merupakan hewan tanpa tulang belakang.

Hewan vertebrata kemudian diklasifikasikan lagi menjadi 5 jenis, ikan, amfibi, reptil, burung, dan mamalia. Hewan vertebrata ini ciri-ciri tiap klasifikasinya bisa berbeda dan memiliki keunikan masing-masing.

Mamalia adalah kategori untuk hewan yang menyusui. Mamalia adalah salah satu spesies yang paling berkembang dalam kelas vertebrata, dan dicirikan oleh adanya kelenjar susu di mana mereka memberi makan anak-anak mereka yang lebih muda.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (29/7/2023) tentang mamalia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal Hewan Mamalia

Beruang - Vania
Ilustrasi Beruang/https://unsplash.com/Zhedek Machecek

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mamalia adalah binatang vertebrata yang memiliki kelenjar susu, rambut, bernapas dengan paru-paru. Mamalia adalah binatang menyusui. Ciri khas malalia adalah adanya kelenjar susu pada betina sebagai sumber makanan anaknya, memiliki rambut, dan tubuh yang endoterm atau berdarah panas.

Menurut Australian Museum, mamalia adalah hewan vertebrata yang memiliki rambut dan kelenjar susu untuk menyusui anak mereka. Selain itu, mamalia juga memiliki diafragma, tiga tulang di telinga tengah, dan rahang bawah yang terdiri dari sepasang tulang yang terhubung dengan tengkorak.

Sementara itu, menurut National Geographic, mamalia adalah semua jenis hewan yang merupakan hewan bertulang belakang atau vertebrata. Selain itu, mereka juga memberi makan anak-anak mereka melalui kelenjar susu. Sebagian besar mamalia memiliki otak yang lebih berkembang daripada jenis hewan lainnya.

Umumnya, hewan mamalia ini berkembang biak dengan cara melahirkan dan tubuhnya banyak ditutupi oleh rambut. Spesies mamalia sangat beragam dan dapat ditemukan di laut dalam, hutan hujan tropis, hingga daerah gurun. Tak hanya itu, spesies hewan mamalia juga mempunyai beragam ukuran tubuh, seperti tikus berukuran satu ons hingga paus yang memiliki berat hingga 200 ton. 


Ciri-Ciri Mamalia

Ciri-Ciri Mamalia
Ciri-Ciri Mamalia (Photo created by wirestock on www.freepik.com)

Mamalia adalah hewan vertebrata yang dicirikan oleh adanya kelenjar susu di mana mereka memberi makan anak-anak mereka yang lebih muda. Ciri-ciri hewan mamalia adalah sebagai berikut:

  1. Mamalia adalah hewan berdarah panas yang melahirkan anak mereka.
  2. Mamalia adalah bentuk hewan paling dominan yang ditemukan di hampir semua jenis habitat.
  3. Mamalia memiliki kelenjar susu yang membantu mereka menghasilkan susu untuk memberi makan anak-anaknya.
  4. Kehadiran wilayah otak yang dikenal sebagai Neocortex.
  5. Kulit mereka memiliki kelenjar minyak (kelenjar sebaceous) dan kelenjar keringat (kelenjar sudorifera).
  6. Bulu rambut di seluruh tubuh yang membantu hewan beradaptasi dengan lingkungannya.
  7. Mamalia adalah heterodont, yaitu memiliki jenis gigi yang berbeda.
  8. Mamalia juga memiliki vertebra serviks.
  9. Tengkoraknya dikondilus.
  10. Batangnya terbagi menjadi dada dan perut.
  11. Mamalia bernafas melalui paru-paru.
  12. Indera pendengaran yang baik sebagai mamalia dibantu dengan 3 tulang telinga tengah.
  13. Mamalia memiliki jantung empat bilik. Sistem vena sinus dan portal ginjal tidak ada.
  14. Kehadiran rahang bawah bertulang tunggal.
  15. Otak berkembang dengan baik dibagi menjadi otak besar, otak kecil dan medula.
  16. Mamalia memiliki 12 pasang saraf kranial.
  17. Mamalia juga bisa bertelur. Mereka dikenal sebagai vivipar.

Jenis-Jenis Mamalia

Ilustrasi Lumba-lumba
Ilustrasi Lumba-lumba (Sumber: Pixabay)

Mamalia terbagi lagi ke dalam beberapa ordo yang dikelompokkan berdasarkan persamaan ciri-cirinya. Jenis-jenis mamalia adalah sebagai berikut:

1. Monotremata

Monotremata adalah satu-satunya mamalia yang berkembang biak dengan cara bertelur. Ordo monotremata di Indonesia hanya tersebar di Papua. Monotremata betina tidak memiliki puting susu, namun mereka mempunyai kelenjar susu. Susu akan disalurkan melalui rambut-rambut yang ada pada perut betina. Contoh monotremata yaitu nokdiak moncong pendek, nokdiak baliem dan nokdiak sentani.

2. Dasyuromorphia

Dasyuromorphia adalah marsupial yang memiliki gigi seri yang banyak. Marsupial memiliki tengkorak yang besar dan ekornya lebih pendek dari panjang tubuhnya. Mereka memiliki bantalan kulit yang empuk sampai ke tumit pada telapak kakinya. Bantalan tersebut berguna untuk menopang tubuh mereka ketika berdiri dan berjalan. Contoh Dasyuromorphia adalah sarcophilus laniarius atau setan tasmania yang telah punah.

3. Peramelemorphia

Peramelemorphia adalah satwa yang memiliki kantung. Mereka mempunyai hidung yang panjang dan runcing, leher yang pendek dan kantung seperti saluran panjang yang terhubung dengan uterus dan embrio. Beberapa spesies Peramelemorphia mempunyai telinga yang mirip seperti telinga kelinci dan merupakan mamalia yang pemakan segala atau omnivora. Mereka biasa memakan serangga, dedaunan atau umbi-umbian. Contoh dari Peramelemorphia adalah Bandikut tikus dan Kalubu esut.

4. Diprotodontia

Hampir 125 spesies di dunia ini termasuk dalam kelompok Diprotodontia. Kelompok ini bersifat arboreal, mereka berjalan dengan dua kaki dan memiliki perilaku yang khusus seperti bisa melompat jauh atau menggali lubang untuk tempat tinggalnya. Kebanyakkan dari mereka adalah herbivora, namun ada juga beberapa dari mereka yang omnivora. Contoh dari Diprotodontia yaitu Possum ekor kait arfak, bubutu talaud dan kangguru.

5. Eulipotyphla

Eulipotyphla adalah mamalia yang memakan serangga. Meski mereka pemakan serangga, tubuh mereka memiliki bobot tubuh kurang dari 20g. Eulipotyphla hidup di darat, memiliki tubuh seperti tikus dengan moncong panjang dan runcing. Contoh dari Eulipotyphla adalah curut ekor tebal, curut cibodas, dan munggis rumah.

6. Scandentia

Scandentia adalah mamalia yang memakan serangga, buah dan biji-bijian. Badannya mirip seperti bajing, tetapi mereka memiliki moncong yang runcing dan panjang. Scandentia cenderung memiliki tubuh yang kecil, badan pipih dan memanjang, juga ekor yang berambut tebal. Mereka hidup di pepohonan dan bergerak dari satu dahan ke dahan lain. Contoh hewan Scandentia adalah tupai akar dan tupai tanah.

 


7. Dermoptera

Ilustrasi ikan paus
Ilustrasi ikan paus. (Photo created by rawpixel.com on www.freepik.com)

Dermaptera adalah mamalia yang mempunyai selaput layang yang membentang di seluruh tubuh. Selaput layang berupa kulit tipis ini terdapat pada leher sampai ke ujung ekor. Hewan nokturnal ini mengkonsumsi buah-buahan, daun muda dan juga bunga. Contoh hewan dermoptera yaitu G. variegatus dan G. volans.

8. Chiroptera

Chiroptera adalah mamalia yang bisa terbang. Jari-jarinya bisa mengembang untuk menjadi sayap. Sayap Chiroptera mempunyai selimut seperti kulit tipis yang elastis. Hewan nokturnal ini dibedakan menjadi dua, yaitu kelelawar pemakan buah dan kelelawar pemakan serangga.

9. Primata

Primata adalah mamalia yang memiliki plasenta. Indonesia memiliki 62 spesies primata yang sebagian besar tinggal di hutan tropis. Ukuran dari primata sangat bervariasi. Ada yang sangat kecil dengan berat 30 g dan paling besar 175 kg yaitu gorilla. Contoh dari primata yaitu monyet beruk, lutung, kukang, dan lutung budeng.

10. Karnivora

Karnivora adalah kelompok mamalia yang memakan daging, namun sebagian kecil dari mereka ada juga yang pemakan segala dan tumbuhan. Contohnya panda, hewan pemakan bambu. Karnivora mempunyai gigi taring dan cakar, berjalan dengan keempat kakinya dan memiliki kumis. Contoh dari karnivora adalah harimau, anjing, beruang madu dan binturung muntu.

11. Cetacea

Cetacea adalah kelompok mamalia yang tinggal di laut. Ada paus, lumba-lumba dan juga pesut. 34 spesies dari Cetacea berada di perairan Indonesia. Cetacea mempunyai tubuh dengan bentuk mirip seperti torpedo. Mereka mempunyai sirip horizontal yang kuat sebagai penggerak, berbeda dengan sirip ikan yang vertikal. Mereka juga memiliki lubang hidung yang menjadi sebagai lubang peniup. Lubang ini memiliki fungsi untuk alat pernapasan saat mereka berada di air. Contoh hewan cetacea adalah paus bergigi, paus baleen, paus biru dan lumba-lumba moncong panjang.

12. Sirenia

Sirenia adalah kelompok mamalia yang hidup di air, mirip dengan cetacea. Sirenia adalah pemakan tumbuhan yang tersebar di perairan tropis. Hewan berhabitat air ini mempunyai puting susu di bagian dadanya, mereka menyusui anak-anaknya dengan membalikan badan, sehingga dada mereka berada di atas. Sirenia ada yang memiliki ujung ekor bulat dan ada juga yang berbentuk lurus atau melengkung ke dalam. Salah satu contoh dari Sirenia adalah duyung. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya