3 Doa Lancar Persalinan, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Arti

Rasulullah SAW pernah memanggil Ummu Salamah dan Zainab binti Jahsyin untuk membacakan doa lancar persalinan di dekat Sayidatina Fathimah RA.

oleh Laudia Tysara diperbarui 29 Agu 2023, 12:10 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2023, 12:10 WIB
Momen Chaca Thakya Melahirkan Anak Kedua, Persalinan Maju 4 Hari dari HPL
Momen persalinan yang diabadikan oleh Bukaan Momen Photography ini ramai ucapan selamat dari warganet dan rekan artis yang ikut bahagia atas kelahiran adik Baby Xavier itu. Ricky Perdana setia mendampingi, ini adalah detik-detik jelang Chaca Thakya melahirkan anak keduanya dan sudah berada di ruang operasi. Meski bukan pertama kali melahirkan, Chaca diselimuti haru. (Liputan6.com/IG/@chacathakya15)

Liputan6.com, Jakarta - Membaca doa lancar persalinan adalah praktik yang dianjurkan dalam Islam. Rasulullah SAW sendiri memberikan contoh ketika beliau memanggil Ummu Salamah dan Zainab binti Jahsyin untuk membacakan doa lancar persalinan di dekat Sayidatina Fathimah RA.

Dalam doa tersebut, ada permohonan kemudahan dan perlindungan Allah dalam proses persalinan, serta menenangkan hati para ibu hamil yang merasa khawatir menjelang persalinan.

Doa lancar persalinan tidak hanya doa khusus. Melainkan juga termasuk membaca Ayat Kursi, surah Al-A'raf ayat 54, surah Al-Falaq, surah An-Nas, hingga sholawat nabi. Dalam praktik membaca doa ini, mengirimkan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW adalah bagian dari ungkapan kasih sayang dan penghormatan kepada Nabi.

Praktik membaca doa ini memiliki tujuan ganda, yakni memohon kelancaran proses persalinan dan juga memberikan ketenangan serta kekuatan spiritual kepada ibu hamil yang menghadapinya. Namun, perlu diingat bahwa selain berdoa, perawatan medis dan dukungan dari tenaga medis juga sangat penting dalam menjalani proses persalinan dengan aman dan nyaman.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam bacaan doa lancar persalinan yang dimaksudkan, Selasa (29/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Laa ilaaha illallahul 'azhiimul haliim

Telah Lahirkan Anak Ketiga, Ini Potret Hangat Ryana Dea Momong Baby Gavin
Ini adalah potret Ryana Dea gendong anak ketiganya setelah melahirkan. Melahirkan secara normal membuat kondisi Ryana Dea pulih lebih cepat daripada persalinan secara caesar. Bagikan cerita persalinannya dengan singkat, tak sedikit yang salut dengan perjuangan Dea melahirkan secara normal. Resmi jadi ibu 3 anak tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri untuk bintang FTV ini. (Liputan6.com/IG/@ryana_dea)

Menurut Ust. K. Akbar Saman dalam bukunya yang berjudul Doa & Dzikir untuk Ibu Hamil, terdapat sejumlah doa yang diyakini dapat membantu dalam melancarkan proses persalinan. Salah satu doa yang diajarkan adalah bacaan doa kurb.

Doa Kurb adalah doa yang penuh makna, yang mengingatkan akan keagungan Allah dan kebijaksanaan-Nya. Doa lancar persalinan ini bisa menjadi sarana spiritual bagi ibu hamil yang akan melahirkan normal maupun caesar.

Doanya:

 

لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ

Laa ilaaha illallahul 'azhiimul haliim.

Artinya:

"Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Agung dan Bijaksana."

 

Setelahnya, doa lancar persalinan dan selamat, dilanjutkan dengan pengakuan akan kebesaran Allah sebagai Tuhan yang Maha Agung, Tuhan 'Arasy yang mulia, Tuhan langit dan bumi, serta Tuhan yang Maha Mulia.

Doa ini baiknya dibaca setelah membaca beberapa surat pendek lainnya seperti Ayat Kursi, Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas, dan Al-Fatihah. Anda dapat mengulang doa ini berkali-kali seperti berdzikir, dengan harapan agar persalinan berjalan lancar dan dengan selamat.


2. Laa ilaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu minazh zhalimiina

Momen Detik-Detik Kevin Lilliana Melahirkan Anak Kedua, Penuh Haru Bahagia
Dilihat dari momennya, Kevin Lilliana melahirkan anak keduanya secara normal. Model, artis sekaligus pembawa acara berusia 27 tahun ini menambah jajaran artis yang melahirkan secara normal. Melihat Kevin Lilliana yang penuh perjuangan yang melahirkan anak kedua, tak sedikit netizen yang ikut merasa haru. Dapat dukungan dari keluarga, perawat dan tentunya sang suami, persalinan Kevin Lilliana berjalan dengan lancar. (Liputan6.com/IG/kevinlln)

Selain itu, dalam buku berjudul Panduan Kehamilan dan Kelahiran Bagi Muslimah oleh Nur Hidayat, terdapat doa lain yang diajarkan oleh Nabi Yunus yang dapat membantu memperlancar persalinan.

Doanya:

 

لاَ إِلَهَ إِلَّا أَنتَ سُبْحَنَكَ إِنِّي كُنتُ مِنَ الظَّلِمِين

Laa ilaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu minazh zhalimiina.

Artinya:

"Sesungguhnya tiada Tuhan (yang dapat menolong) melainkan Engkau (ya Allah). Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah dari orang-orang yang menganiaya diri sendiri."

 

Doa lancar persalinan ini mengingatkan akan kebesaran Allah dan pengakuan atas kesalahan diri. Dalam momen persalinan yang mungkin sulit, doa ini dapat menjadi sarana untuk memohon pertolongan dan kelancaran dari Allah.


3. La ilaha illallahul 'adhimul ḫalim. La ilaha illallahu rabbul 'arsyil 'adhim. La ilaha illallahu rabbus samawati wal ardli wa rabbul 'arsyil 'adhim.

7 Artis Jalani Program Bayi Tabung Demi Dapat Momongan, Terbaru Asmirandah
Momen haru persalinan anak pertama Tiara Pangestika dan Arief Muhammad. (Sumber: Instagram/ariefmuhammad)

Rasulullah SAW memberikan anjuran untuk membaca doa lancar persalinan kepada Sayidatina Fathimah RA. Ketika itu, Rasulullah SAW memanggil Ummu Salamah dan Zainab binti Jahsyin untuk membacakan doa persalinan ini di dekat Sayidatina Fathimah RA.

Kisah ini selanjutnya diriwayatkan oleh Imam An-Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar.

Tujuan utama dari membaca doa lancar persalinan adalah untuk memohon kemudahan dalam proses persalinan. Namun, selain itu, doa ini juga memiliki fungsi penting untuk menenangkan hati para ibu hamil yang merasa khawatir menjelang persalinan yang akan datang.

Membaca Ayat Kursi

Pertama-tama, bacalah Ayat Kursi sebanyak satu kali. Ayat Kursi adalah ayat yang mengingatkan kita akan kebesaran Allah dan kedudukan-Nya yang tinggi dalam mengatur alam semesta.

 

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Artinya:

"Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya?

Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar." (QS. al-Baqarah ayat 255)

 

Membaca Surah Al-A'raf Ayat 54

Selanjutnya, bacalah surah Al-A'raf ayat 54 sebanyak satu kali. Ayat ini mengingatkan kita akan kebesaran Allah sebagai Pencipta langit dan bumi dalam enam hari, yang kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy-Nya.

 

اِنَّ رَبَّكُمُ اللّٰهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوٰى عَلَى الْعَرْشِۗ يُغْشِى الَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهٗ حَثِيْثًاۙ وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُوْمَ مُسَخَّرٰتٍۢ بِاَمْرِهٖٓ ۙاَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْاَمْرُۗ تَبٰرَكَ اللّٰهُ رَبُّ الْعٰلَمِيْنَ

Artinya:

"Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam." (QS. al-A'raf ayat 54)

 

 


Selanjutnya

Jadi Ibu di Usia 20 Tahun, Ini Momen Bahagia Syahra Larez Melahirkan Anak Pertama
Melahirkan di Brawijaya Hospital Antasari, ini momen detik-detik Syahra Larez jelang melahirkan. Tampil dengan wajah polos tanpa makeup, artis kelahiran 1 September 2002 ini dipuji makin cantik. Tengah menanti persalinan, aura keibuan artis blasteran Arab – Jawa – Australia ini semakin terlihat. Selama kehamilannya, Syahra Larez kerap bagikan momen masa kehamilannya di Instagram. (Liputan6.com/IG/@syahralarez_new)

Membaca Surah Al-Falaq dan Surah An-Nas

Setelah itu, bacalah surah Al-Falaq dan surah An-Nas, masing-masing sebanyak satu kali. Surah Al-Falaq dan surah An-Nas adalah surah-surah perlindungan yang membantu mengusir gangguan-gangguan jahat.

Membaca Doa Agar Dimudahkan Persalinan

Selanjutnya, bacalah doa khusus untuk memohon kemudahan dalam persalinan:

 

لَآ إِلٰهَ إِلَّا اللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ لَآإِلٰهَ إِلَّا اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ لَآإِلٰهَ إِلَّا اللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَرَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْم

La ilaha illallahul 'adhimul ḫalim. La ilaha illallahu rabbul 'arsyil 'adhim. La ilaha illallahu rabbus samawati wal ardli wa rabbul 'arsyil 'adhim.

Artinya:

"Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Agung lagi Maha Bijaksana. Tiada Tuhan selain Allah Pemilik 'Arsy yang Agung. Tiada Tuhan selain Allah pemilik langit dan bumi dan 'Arsy yang agung."

 

Membaca Sholawat kepada Rasulullah SAW

Terakhir, bacalah sholawat kepada Rasulullah SAW seperti sholawat Nariyah dan sholawat lainnya. Sholawat adalah cara umat muslim mengungkapkan kasih sayang dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya