Doa untuk Menghilangkan Mual saat Hamil dan Manfaat Membaca Al-Qur'an

Doa untuk menghilangkan mual saat hamil merujuk pada beberapa ayat Al-Quran.

oleh Husnul Abdi diperbarui 08 Jun 2023, 13:25 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2023, 13:25 WIB
Doa untuk Menghilangkan Mual saat Hamil dan Manfaat Membaca Al-Qur’an
Ilustrasi Membaca Doa Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Doa untuk menghilangkan mual saat hamil mungkin sangat dibutuhkan oleh setiap ibu hamil. Pasalnya, mual pada masa kehamilan tentunya membuat ibu hamil tidak nyaman. Hal ini juga bisa berdampak pada terganggunya aktivitas sehari-hari.

Mual saat hamil biasanya disebabkan oleh lonjakan hormon, terutama pada masa awal kehamilan. Seiring berjalannya usia kehamilan, biasanya keluhan mual akan semakin berkurang. Namun, tentunya ibu hamil harus menerapkan pola hidup sehat setiap harinya dan berdoa untuk kesehatannya dan bayi.

Doa untuk menghilangkan mual saat hamil merujuk pada beberapa ayat Al-Quran. Doa ini bukan khusus untuk kondisi mual pada ibu hamil, namun bisa dilafalkan dalam mengatasinya mual pada masa kehamilan. Kamu perlu menghafalkan doanya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/6/2023) tentang doa untuk menghilangkan mual saat hamil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Doa untuk Menghilangkan Mual saat Hamil

Doa untuk Menghilangkan Mual saat Hamil dan Manfaat Membaca Al-Qur’an
Doa untuk Menghilangkan Mual saat Hamil (dok.pexels.com)

Doa untuk menghilangkan mual saat hamil sebenarnya bukanlah doa yang spesifik bertujuan mengatasi kondisi tersebut. Bahkan, sejatinya tidak ada doa untuk menghilangkan mual saat hamil secara khusus. Namun, beberapa ayat di dalam Al-Quran bisa dijadikan doa untuk menghilangkan mual saat hamil.

Berikut beberapa doa untuk menghilangkan mual saat hamil:

Surat Al-Baqarah Ayat 185

Doa untuk menghilangkan mual saat hamil yang pertama adalah Al-Quran Surah Al-Baqarah ayat 185. Berikut bunyinya:

يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ

Yuriidullahu bikumul yusra wa laa yuriidu bikumul ‘usr.

Artinya:

"Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu."

 

Surat Fathir Ayat 11

Potongan surah Fathir ayat 11 juga bisa dijadikan sebagai doa untuk menghilangkan mual saat hamil:

 وَمَا تَحْمِلُ مِنْ اُنْثٰى وَلَا تَضَعُ اِلَّا بِعِلْمِهٖۗ

Wa maa tahmilu min untsaa wa laa tadlo'u illa bi'ilmihi

Artinya:

“Tidak ada seorang perempuan pun mengandung dan tidak (pula) melahirkan kecuali dengan sepengetahuan-Nya.”

 

Ayat Kursi

Ayat kursi juga bisa menjadi doa untuk menghilangkan mual saat hamil. Doa ini tentunya juga dapat menjaga keselamatan dan kesehatan ibu dengan buah hati.

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Artinya:

“Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha Tinggi, Mahabesar.” (QS Al-Baqarah ayat 255)


Manfaat Membaca Al-Quran saat Hamil

Doa untuk Menghilangkan Mual saat Hamil dan Manfaat Membaca Al-Qur’an
Ilustrasi Berdoa Credit: pexels.com/Alena

Manfaat membaca Al-Quran saat hamil sunggh besar dan sangat disarankan bagi umat Islam. Ulama menganjurkan untuk banyak berdoa saat ibu hamil, tentu tujuannya agar bayi yang terlahir kelak saleh atau salihah.

1. Al-Qur’an dapat Menenangkan Ibu dan Janin

Manfaat membaca Al-Quran untuk ibu hamil yang pertama yaitu dapat menenangkannya beserta janin. Saat seorang wanita sedang mengandung janin di perutnya, terjadi perubahan hormon yang dapat menyebabkan perubahan pada mood.

Membaca atau mendengarkan lantunan ayat Al-Quran dapat menenangkan ibu dan janin secara psikologis sehingga dapat meningkatkan mood pada ibu. Tak hanya untuk ibu, kebahagiaan itu juga dapat tersalurkan pada bayi melalui hormon. Kamu bisa membaca surat apa saja untuk saat hamil.

2. Membuat Janin Memiliki Kecerdasan Emosional yang Baik

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa musik klasik dapat membuat janin memiliki kecerdasan emosional yang baik. Namun, ternyata tak hanya musik klasik, Al-Quran juga dapat memberikannya. Lantunan ayat-ayat suci Al-Quran dapat bermanfaat untuk janin, termasuk surat Yusuf untuk ibu hamil. Jika membaca atau mendengarkan lantunannya, maka janin dapat berkembang dengan baik pada saat di kandungan.

3. Anak Mudah Diajarkan Al-Qur’an

Manfaat membaca Al-Quran saat hamil juga dapat mempermudah kamu mengajarkan Kitab Suci umat Islam ini kepada anak kelak. Ketika seorang anak sudah selalu diperdengarkan ayat-ayat suci Al-Quran saat di dalam kandungan, maka Ia akan memiliki daya ingat yang tinggi. Daya ingat yang tinggi ini dapat membuat anak menjadi lebih mudah menghafal, khususnya Al-Quran yang sejak menjadi janin sudah didengarkannya.

4. Anak Memiliki Karakter yang Baik

Tidak hanya mudah menghafal, anak juga akan memiliki karakter yang lebih baik karena kamu telah membiasakannya untuk mendengarkan Al-Quran sejak di dalam kandungan. Ketika anak sudah menjalankan hal yang diperintahkan Allah SWT, maka dapat membuatnya memiliki karakter serta moralitas yang sangat baik. Anak juga akan menjauhi segala larangan yang artinya dapat menghindarkannya dari kenakalan-kenakalan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya