6 Posisi Tidur Ini Pengaruhi Kesehatan Tubuh dan Ungkap Kepribadian, Anda Tipe Mana?

Selain memperhatikan waktu tidur yang cukup, penting bagi manusia untuk memperhatikan posisi tidur yang tepat dalam menjaga kesehatan tubuh.

oleh Miranti diperbarui 18 Jul 2024, 16:38 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2024, 16:38 WIB
Posisi Tidur Telentang
Posisi Tidur Telentang (Freepik.com)

Liputan6.com, Jakarta Semua makhluk di bumi pasti memerlukan waktu tidur untuk meningkatkan kualitas hidup sehari-hari terutama manusia. Kurang tidur dapat mengganggu kondisi tubuh dan mengurangi konsentrasi otak. Oleh karena itu, tidur malam yang nyenyak dengan durasi 7-8 jamsangat diidamkan oleh semua orang, tanpa harus memikirkan masalah.

Namun, selain itu, ternyata posisi tidur juga memainkan peran yang lebih penting. Menemukan posisi tidur yang tepat sangat penting untuk kesehatan tubuh, tergantung pada kebutuhan dan tingkat kenyamanan pribadi. Bahkan perubahan kecil pun dapat memengaruhi suasana hati saat bangun di hari berikutnya. Selain mempengaruhi kesehatan, posisi tidur juga dapat mengungkapkan aspek kepribadian Anda. Terdapat berbagai posisi tidur yang dapat mengungkapkan kepribadian Anda.

Jadi, selain memperhatikan waktu tidur yang cukup, penting juga untuk memperhatikan posisi tidur yang tepat dalam menjaga kesehatan tubuh.  Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa gaya tidur yang bisa mempengaruhi kesehatan hingga kepribadian, Kamis (18/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Posisi Tidur Miring

6 Posisi Tidur Ini Bisa Pengaruhi Kesehatan Tubuh, Ungkap Aspek Kepribadian
6 Posisi Tidur Ini Bisa Pengaruhi Kesehatan Tubuh, Ungkap Aspek Kepribadian

Tidur dengan posisi miring ke kanan maupun kiri adalah salah satu yang favorit. Bahkan ada yang menyebut jika para pakar merekomendasikan tidur dalam posisi miring agar dengkuran berkurang dan pencernaan lancar.

Sekadar diketahui, dengkuran biasanya terjadi ketika saluran napas bagian belakang menyempit atau terhalang. Namun, perlu diingat bahwa tidur miring ke kanan dapat memperburuk masalah naiknya asam lambung. Sebaliknya, tidur miring ke kiri dapat membantu menurunkan kadar asam lambung dan memperbaiki pencernaan.

Posisi tidur miring ke kiri juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Selain meningkatkan kesehatan ibu dan janin, tidur dalam posisi ini dapat mengurangi rasa mulas dan meningkatkan aliran darah. Selain itu, posisi tidur ini juga dapat mengurangi ketegangan pada rahim. 

Fakta unik lainnya, gemar tidur di posisi ini tanpa merentangkan lutut saat tidur miring, secara kepribadian Anda digambarkan sebagai orang yang tenang dan dapat diandalkan. Anda tidak mudah tersinggung dan menghadapi masa depan tanpa rasa takut. Anda selalu menjaga sikap positif, bahkan di saat-saat sulit, dan mudah beradaptasi dengan perubahan dalam hidup Anda.


2. Posisi Tidur Meringkuk

6 Posisi Tidur Ini Bisa Pengaruhi Kesehatan Tubuh, Ungkap Aspek Kepribadian
6 Posisi Tidur Ini Bisa Pengaruhi Kesehatan Tubuh, Ungkap Aspek Kepribadian

Posisi tidur meringkuk juga menjadi salah satu favorit lantaran dipercaya bisa mengurangi nyeri punggung dengan membantu menjaga kesejajaran tulang belakang. Tidur dalam posisi ini juga dipercaya dapat menekan sendi, terutama jika posisi terlalu kaku atau terlipat. Hanya saja terlalu lama dalam posisi ini juga bisa mengganggu sirkulasi darah dan menyebabkan kesemutan atau ketidaknyamanan. Jadi Anda perlu untuk memperhatikan posisi terbaik agar kesehatan tidak terganggu.

Sementara secara kepribadian, apabila Anda sering tidur dalam posisi meringkuk, besar kemungkinan Anda tengah mencari perlindungan, pengertian, dan simpati. Gaya tidur yang melingkup ini mungkin mengisyaratkan keinginan untuk melarikan diri dari hiruk-pikuk dunia yang penuh tantangan. Bakat dan potensi luar biasa yang Anda miliki dapat diekspresikan melalui kegiatan kreatif yang memikat seperti melukis, menari, atau menulis blog.

 


3. Posisi Tidur Terlentang

6 Posisi Tidur Ini Bisa Pengaruhi Kesehatan Tubuh, Ungkap Aspek Kepribadian
Menakjubkan! Ayo kita jelajahi ilustrasi tentang posisi tidur yang menarik ini. (sumber: Brightside)

Walaupun tidur terlentang sangat disarankan untuk bayi guna mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS), namun bagi orang dewasa, hal ini mungkin tidak selalu ideal dalam setiap situasi. Bagi mereka yang menderita apnea tidur obstruktif, tidur terlentang dapat membuat bernapas menjadi sulit karena saluran udara yang tersumbat.

Selain itu, posisi tidur ini juga dapat meningkatkan tekanan dalam mata dan menyebabkan masalah kulit seperti jerawat dan kerutan pada beberapa orang. Namun, jika Anda adalah orang yang nyaman tidur terlentang, Anda juga perlu memperhatikan kualitas istirahat agar kesehatan tidak terganggu.

Secara kepribadian, kemungkinan besar penyuka tidur telentang adalah individu yang hidup dengan penuh semangat dan berkembang di bawah sorotan. Anda adalah orang yang mudah bergaul dan senang berada di dekat orang lain. Anda menghadapi tugas-tugas dengan tekad dan ketekunan, selalu memilih kejujuran dalam segala usaha yang Anda lakukan. Orang-orang yang menyukai posisi tidur ini seringkali memiliki kepribadian yang kuat dan menonjol.


4. Posisi Tidur Terlentang dengan Tangan di Sisi Tubuh

6 Posisi Tidur Ini Bisa Pengaruhi Kesehatan Tubuh, Ungkap Aspek Kepribadian
6 Posisi Tidur Ini Bisa Pengaruhi Kesehatan Tubuh, Ungkap Aspek Kepribadian

Tidur terlentang dengan tangan di sisi tubuh memang menjadi salah satu gaya istirahat favorit. Pasalnya tidur terlentang dapat membantu menjaga kesejajaran alami tulang belakang. Posisi ini juga dapat mengurangi risiko nyeri punggung dan leher, karena tidak ada tekanan berlebihan pada bagian tubuh tertentu.  Selain itu terlentang juga diklaim dapat mengurangi tekanan pada sendi, karena tubuh tersebar rata di tempat tidur.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari posisi ini, pastikan kasur Anda cukup mendukung dan bantal Anda berada pada ketinggian yang sesuai untuk menjaga leher tetap sejajar dengan tulang belakang. Di sisi lain, jika Anda tidur seperti seorang tentara yang siaga, terbaring dengan tangan di sisi tubuh, kemungkinan besar Anda adalah individu yang memiliki kemampuan luar biasa dalam menyesuaikan diri dengan tujuan hidup yang jelas dan memiliki pola pikir yang tak tergoyahkan untuk mencapainya. Anda memiliki disiplin yang tinggi, ketelitian yang luar biasa, dan memiliki standar yang sangat tinggi, terutama ketika menyangkut diri Anda sendiri.


5. Posisi Tidur Tengkurap dengan Satu Kaki Terangkat

6 Posisi Tidur Ini Bisa Pengaruhi Kesehatan Tubuh, Ungkap Aspek Kepribadian
Gambarkan Posisi Tidur yang Menarik untuk Kenyamanan Anda. (sumber: Brightside)

Tidur tengkurap membantu mencegah lidah dan jaringan lunak di tenggorokan jatuh ke belakang dan menyumbat saluran napas, yang seringkali menjadi penyebab dengkuran. Dengan satu kaki terangkat, tubuh mungkin berada dalam posisi yang sedikit berbeda yang dapat membantu menjaga saluran napas lebih terbuka. Jika Anda mengalami masalah dengkuran, posisi tidur tengkurap dapat membantu, tetapi pastikan untuk memeriksa apakah penempatan kaki memberikan kenyamanan tambahan atau justru menyebabkan ketidaknyamanan.

Dari sisi kepribadian, penyuka tidur tengkurap dengan satu kaki terangkat kemungkinan besar kepribadian Anda penuh petualangan dan tak terduga. Suasana hati Anda bisa berubah-ubah dengan cepat, mungkin membuat orang-orang di sekitar Anda bingung. Anda seringkali kesulitan dalam membuat keputusan dan cenderung mencari stabilitas, kedamaian, dan ketelitian dalam pekerjaan dan kehidupan.

Meskipun dapat membantu mengatasi masalah tidur seperti apnea tidur obstruktif dan mendengkur kronis, tidur dalam posisi ini juga dapat menimbulkan ketegangan pada leher dan punggung bagian bawah. Apalagi jika kasur yang Anda gunakan empuk. Ketegangan ini dapat mempengaruhi keseimbangan tulang belakang Anda dan menyebabkan rasa sakit yang berkepanjangan sepanjang hari.


6. Posisi Tidur Tengkurap dengan Tangan dan Kaki Menjulur

6 Posisi Tidur Ini Bisa Pengaruhi Kesehatan Tubuh, Ungkap Aspek Kepribadian
Gambarkan Posisi Tidur dengan Cara yang Menarik (sumber: Brightside)

Posisi tidur tengkurap dengan tangan dan kaki menjulur adalah posisi tidur di mana tubuh terbaring dengan perut menghadap ke bawah dan anggota tubuh, termasuk tangan dan kaki, berada dalam posisi memanjang. Meskipun ini bukan posisi tidur yang paling umum, ada beberapa manfaat dan dampak potensial dari posisi tidur ini yang bisa mempengaruhi kesehatan dan kualitas tidur Anda. Salah satu manfaatnya adalah membantu mengurangi risiko dengkuran dan apnea tidur karena tidak ada penumpukan jaringan lunak di tenggorokan yang dapat menyumbat saluran napas. 

Di sisi kepribadian, jika Anda tidur dengan posisi tengkurap, tangan dan kaki menjulur, maka Anda memiliki sifat seorang pemimpin sejati. Anda adalah sosok yang impulsif, selalu mengambil inisiatif, dan tidak pernah mengabaikan pentingnya menjaga ketertiban dalam kehidupan pribadi dan profesional Anda. Dalam segala hal, Anda cenderung lebih suka merencanakan dengan matang sebelum bertindak, dan tidak begitu menyukai kejutan atau perubahan mendadak. Kemampuan Anda untuk bertahan dan tanggung jawab yang kuat adalah kunci kesuksesan besar yang Anda raih.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya