Bus Tabrakan di Kubu Raya, 2 Penumpang Tewas

2 Penumpang perempuan tewas di tempat kejadian. Sementara 8 orang mengalami luka berat.

oleh Aceng Mukaram diperbarui 10 Nov 2014, 23:39 WIB
Diterbitkan 10 Nov 2014, 23:39 WIB
Bus Tabrakan, 2 Orang Tewas
2 Penumpang perempuan tewas di tempat kejadian. Sementara 8 orang mengalami luka berat.

Liputan6.com, Kubu Raya - Sebanyak 2 orang meninggal dalam kecelakaan maut 2 bus, Valenti bernomor KB 7365 S dan Algera bernomor KB 7315 A di Jalan Trans Kalimantan di Desa Lingga, Kecamatan Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Selain korban tewas, belasan penumpang lainnya mengalami luka parah.

Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Komisaris Besar Polisi Supriyadi, kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 08.45 WIB ini diduga akibat sopir bus Alegra mengantuk saat berkendara.

"Yang pasti 2 tewas. Dua-duanya perempuan yang tewas di tempat. Masih dilakukan visum di Puskesmas Lingga. 1 Korban tewas diidentifikasi bernama Sri Anita (23) asal Jeruju Kota Pontianak. Dia penumpang bus Valenti dan 1 korban wanita yang belum diketahui identitasnya. 1 Kritis sopir bus Algera bernama Jaka," ujar Supriyadi, Kubu Raya, Kalbar, Senin (10/11/ 2014).

Supriyadi menjelaskan, bus Alegra dalam keadaan kosong penumpang. Sementara bus Valenti membawa 15 penumpang. Bus Alegra ini menghindari orang di jalan lalu bertabrakan dengan bus Valenti yang berlawanan arah di Jalan Trans Kalimantan.

"Mungkin ngantuk sopir bus Alegra ini. Bus Alegra dengan nomor KB 7315 A dari arah luar kota menghindari orang di depannya. Di saat bersamaan datang bus Valenti dari Arah Kota Pontianak menuju ke luar kota. Lalu terjadilah tabrakan itu," papar dia.

Sementara pengemudi bus Valenti bernama Riki Rendi (37) mengalami luka di tangan kanan, dagu dan dada. Ia dirawat di Puskesmas Lingga. Sedangkan pengemudi bus Alegra bernama Abang Jakaria (23) mengalami luka bagian kepala dan dilarikan ke RSUD dr Soedarso Pontianak.

Kronologi

Kepala Bagian Humas Polresta Pontianak Ipda Harsoyo menerangkan, tabrakan maut ini bermula saat bus Valenti dari arah Kota Pontianak tujuan Sekadau tiba di Jalan Trans Kalimantan di Desa Lingga. Dari arah berlawanan muncul bus Alegra.

Lalu pada saat berpapasan bus Alegra tiba-tiba berbelok ke kanan hingga menabrak bagian kanan bus Valenti, sehingga terguling ke kiri dan masuk parit.

"Pesan kami dari Polri agar para pengemudi lebih waspada dan berhati-hati dalam mengendarai kendaraan, mengutakan keselamatan. Periksa kalaikan kendaraan sebelum berangkat. Jangan kebut-kebutan. Ingat bahwa Anda sedang membawa penumpang," pesan Harsoyo.  

Harsoyo juga mengingatkan kepada operator bus, hendaknya setiap penumpang sudah dilindungi dengan asuransi dan mengecek secara berkala kesehatan para pengemudinya.

Berikut data korban luka berat tabrakan maut antara bus Alegra dan Valenty di Jalan Trans Kalimantan, Desa Lingga, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar:

1. Paulus Dabon dirawat di ICU RSUD dr Soedarso Pontianak
2. Jaka (21) kritis di RS Santo Antonius Pontianak
3. Ari
4. Ami
5. Eligius Simon
6. Elisabet
7. Asniyah
8. Maghdalena

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya