Cara Pemkot Aceh Bekali Anak SD Tanggap Tsunami

Pemerintah Kota Banda Aceh menggelar pameran tsunami dan pameran produk usaha masyarakat.

oleh Windy Phagta diperbarui 23 Des 2014, 06:17 WIB
Diterbitkan 23 Des 2014, 06:17 WIB
Gempa Terdahsyat Abad 21
Gempa dan tsunami Aceh 2004 (Mirror)

Liputan6.com, Banda Aceh - Memperingati 10 tahun tsunami Aceh, pemerintah Kota Banda Aceh menggelar berbagai kegiatan. Salah satunya lomba menggambar dengan tema kebencanaan.

Acara ini diikuti puluhan siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) di Banda Aceh yang diselenggarakan di gedung penyelalamatan tsunami (escape building), Lambung, kecamatan Meuraxa, Banda Aceh.

Menurut panitia lomba, Irma, tema lomba dibagi menurut urutan umur. "Kategori lomba gambar bagi kelas 1-3 mengambil tema evakuasi bencana. Dalam gambar yang peserta ceritakan, yakni jalur evakuasi bencana tsunami," kata Irma, Selasa 22 Desember 2014.

"Hal itu cara mereka memberi kesadaran kepada masyarakat, bagaimana menghadapi bencana saat tsunami datang," tambah Irma yang juga anggota komunitas budaya Jepang di Banda Aceh ini.

Sedangkan tema yang dilombakan untuk siswa kelas 4-6 itu menyangkut peta evakuasi bencana.

Ajang ini diharapkan sebagai bentuk pendidikan pada siswa mengenai kebencanaan khususnya tsunami. Selain lomba menggambar tingkat SD, dalam rangkaian acara peringatan 10 tahun tsunami yang digelar di escape building gampong Lambung itu, juga ada serangkaian acara lainnya.

Di antaranya, pameran foto tsunmi dan pameran produk usaha masyarakat Banda Aceh serta Higashi-Matsushima, Jepang. (Ali)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya